Pembuatan Games Edukatif Berbasis Power Point Untuk Mendukung Kemampuan Kognitif Anak Taman Kanak-kanak

Rohita Rohita, Nurfadilah Nurfadilah

Abstract


Pandemi Covid-19 seolah mendukung dan memaksa pendidik untuk berusaha lebih ekstra dalam meningkatkan berbagai kemampuannya, terutama dalam penguasaan IT. Program pembelajaran jarak jauh yang dilakukan secara dalam jaringan membutuhkan kemampuan guru untuk dapat menyajikan pembelajaran dengan memanfaatkan berbagai teknologi yang ada. Di sisi lain dunia anak yang dikenal dengan dunia bermain tidak bisa juga diabaikan. Perlu ada upaya untuk menciptakan suasana yang menyenangkan bagi anak untuk dapat belajar dalam sistem pembelajaran saat ini namun memperoleh pencapaian kemampuan sesuai dengan yang diharapkan. Khususnya pembelajaran untuk mendukung kemampuan kognitif anak.Solusi untuk mengatasi kondisi tersebut di antaranya dilakukan dengan meningkatkan kemampuan guru membuat games edukatif dengan menggunakan powerpoint. Kegiatan yang dilakukan pada bulan Juli-Agustus 2021 secara daring dengan jumlah peserta sebanyak 14 orang guru dengan mitra Paud Di Rumahku (PDR) 4 Jakarta Selatan. Kegiatan dilaksanakan dengan pemberian materi, penugasan dan pendampingan, presentasi dan evaluasi dengan pendekatan partisipatif. Hasil dari kegiatan ini adalah 100% peserta mampu membuat games edukatif dengan konten untuk mengembangkan kemampuan kognitif mencakup games pemecahan masalah, games berpikir logis, dan games berpikir simbolik dengan menggunakan fitur gambar, suara, dan hyperlink. Adanya games edukatif ini disambut antusias oleh anak-anak murid di masing-masing lembaga dan didukung oleh orangtua dalam penggunaannya.

Kata kunci: Games edukatif, Kemampuan kognitif, Guru TK


Full Text:

PDF

References


Afrianto (2018).Being a profesional teacher in the era of industrial revolution 4.0:opportunities, challenges and strategies for innovative classroom practices.EnglishLanguage Teaching and Research.

Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., Pahrul, Y.(2021). Kesiapan guru tk menghadapi pembelajaran daring masa pandemi Covid-19.Jurnal obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), pp. 414-421.

Batubara, H.H., & Batubara, D.S. (2020).Penggunaan video tutorial untuk mendukung pembelajaran daring di masa pandemi virus corona. Muallimuna: jurnal madrasah ibtidaiyah, 5(2).

Fadhillah, U., Novianti, R., Solfiah, Y., & Puspitasari, E.(2020). Analisis Kesiapan Belajar Anak di TK Islami Annur Bastari Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru selama pembelajaran daring. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), pp.57-69,

https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5872

Hewi, L.,& Asnawati, L. (2021). Strategi pendidik anak usia dini era covid-19 dalam menumbuhkan kemampuan berfikir logis. Jurnal obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), pp. 158-167.

Oktaria, I. (2012). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis microsoft power point untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas III SDN Cemorokandang 2 Malang.http://library.um.ac.id/ptk/index.php?mod=detail&id=55985

Rinawati. (2019). Upaya peningkatan kemampuan guru dalam penggunaan teknologiInformasi dan komunikasi (tik) melalui kegiatan workshop di TK Kecamatan SungaiLalak.Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)3(4).https://doi.org/10.33578/pjr.v3i4.7477.

Riyanto, A., & Yunani, E. (2020). The effectiveness of video as a tutorial learning media in muhadhoroh subject. Jurnal Akademika, 9(2). DOI:10.34005/akademika.v9i02.108

Rohita. (2020). The ability of ece teachers to use ICT in the industrial revolution 4.0. Jurnal Obsesi: Pendidikan Anak Usia Dini,4(2) DOI: 10.31004/obsesi.v4i1.339

Vitaningsih, A.V. (2016). Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Inform: Jurnal Ilmiah Bidang Teknologi dan Informasi, 1(1).

Wernely (2018). Upaya peningkatan kemampuan guru dalam penggunaan teknologiInformasi dan komunikasi (tik) di TK Aisyiyah Kota Dumai. Jurnal PAJAR(Pendidikan dan Pengajaran)2(3).https://doi.org/10.33578/pjr.v2i3.5539.

Wulandari, D. (2016). Pemanfaatan dan hambatan media powerpoint Pada guru SDN kelas Tinggi Segugus DewantaraKabupaten Banyumas. Skripsi. Universitas Negeri Semarang

Yuliana, C. (2020). Pengembangan dan pemanfaatan media pembelajaran game edukasi berbasis microsoft power point untuk pembelajaran aktif jenjang SD di kota Bandar Lampung. http://lpmplampung.kemdikbud.go.id/pocontent/uploads/artikel_Pemanfaatan_game_edukasi_berbasis_ppt_un uk_jenjang_SD.pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jpm.v4i3.916

Refbacks

  • There are currently no refbacks.