Peningkatan Produktivitas Ibu Rumah Tangga Di Bukit Mekar Wangi Melalui Sistem Hidroponik

Anelia Pratiwi, Ari Putra, Olen Okta Reza

Abstract


Program pengabdian ini dilaksanakan dalam rangka memberdayakan ibu rumah tangga (IRT) dengan memenfaatkan lahan sempit dengan bercocok tanam tanpa mengunakan media tanah, melaikan mengunakan media air atau Hidroponik. Dengan tujuan untuk meningkatkan produktifitas ibu- ibu rumah tangga dalam memanfaatkan lahan sempit dengan kegiatan Hidroponik. Pengabdian ini menggunakan pendekatan Community Development pendekatan yang berorientasi kepada upaya-upaya pengembangan pemberdayaan masyarakat dengan menjadikan masyarakat sebagai subyek dan sekaligus obyek pembangunan dan melibatkan mereka secara langsung dalam berbagai kegiatan pengabdian masyarakat , subjek penelitianya ibu-ibu rumah tangga di Bukit Mekar Wangi. Hasil dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan produktifitas ibu-ibu rumah tangga dalam memenfaatkan lahan sempit dengan mengunakan botol plastik dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan ibu-ibu di Bukit Mekar Wangi Tanah Sareal Kota Bogor untuk mengetahui cara budi daya tanaman sayur secara hidroponik, baik dari alat dan bahan yang di butuhkan, cara menyemai, hingga sampai proses pemindahan benih. Yang mana sebelumnya masyarakat sudah mengetahuinya dari lama kegiatan Hidroponik tanpa media tanah dan kegiatan pengabdian pengelola berhasil meningkatkan pengetahuan dan untuk meningkatkan perekonomian keluarga.

Kata Kunci: Pemberdayaan IRT,Pemanfaatan Lahan Sempit, Hidroponik


Full Text:

PDF

References


Edwardi. (2017, April 1). http://bangka.tribunnews.com/2017/040 1/inilah-manfaat-bercocok- tanamhidroponik .

Krismawati, A. (2012). Teknologi Hidroponik Dalam Pemanfaatan Lahan Pekarangan. Malang: BPTP.

Mandiri, T. K. (2010). Pedoman Budidaya Hidroponik. Bandung: (ID) : Nuansa Aulia.

Martopo, S. (1992). Pembangunan Berwawasan Lingkungan . Yogyakarta: PPLH UGM.

Pusat, B. P. (2017). Statistik Indonesia Tahun 2017. Jakarta Pusat: Badan pusat statistik.

Sugiyono. (2016). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Swastika S, Y. A. (2018). Buku Petunjuk Teknis Budidaya Sayuran Hidroponik (Bertanam Tanpa Media Tanah). Riau (ID): Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Balitbangtan Riau, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Kementeria. Riau.

Wulansari, A. (2012). Pengaruh macam larutan nutrisi pada hidroponik sistem rakit apung terhadap perumbuhan dan hasil baby kailan (Brassica Oleranceae Var. Alboglabra). Solo : Universitas Sebelas maret surakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jpm.v3i2.674

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


   

LP2M (Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat)

Universitas AL-AZHAR INDONESIA, Lt 2, ruang 207

Kompleks Masjid Agung Al-Azhar, Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru,

Jakarta Selatan 12110

Visitors