Start-Up Business Camp TDA Wilayah Jakarta

Bambang Eko Samiono, Hanny Nurlatifah

Abstract


Komunitas Bisnis Tangan Di Atas (TDA) adalah komunitas wirausaha terbesar di Indonesia, wadah bergabungnya para wirausahawan di Indonesia. Beberapa program banyak dilakukan untuk meningkatkan capacity building anggota TDA tersebut. Namun, sebagian besar program masih belum terstuktur dan tersegmen untuk level tertentu. Sehingga hal ini menyulitkan untuk pebisnis pemula untuk mendapatkan pelatihan dalam satu paket yang tepat. Selain itu, terlihat bahwa banyak sekali pebisnis pemula mengikuti berbagai macam pelatihan secara berulang karena masih belum paham bagaimana menerapkan materi pelatihan yang didapat. Tim pengabdian masyarakat yang telah lama bekerjasama dengan divisi edukasi Internal TDA Jakarta Selatan dan Jakarta Timur bekerjasama sebagai kontribusi untuk memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi mitra yaitu berupa 1) Memberikan Program Workshop series dalam bentuk Camp, 2) Penyediaan mentor yang sesuai dengan bidangnya yang mampu memberikan pembekalan secara praktis dan sistematis serta 3) Memberikan materi praktis berupa lembar kerja sebagai template untuk memulai bisnis sehingga bisa di gunakan secara praktis. Pelatihan Start Up Business Camp ini di jalankan dalam 4 sesi selama 2 kali pertemuan dengan 10 orang peserta bisnis pemula dari TDA Jaksel dan Jaktim. Di akhir pelatihan diperoleh evaluasi adanya tingkat kepuasan terhadap peaksanaan pelatihan ini sebesar 96%.

Kata kunci:  Bisnis, Wirausaha, Pendampingan, Start up, Pelatihan


Full Text:

PDF

References


Kementerian Koperasi dan UKM RI. Laporan Kinerja 2011, Kebangkitan Koperasi dan UMNKM: Menuju Kesejahteraan Rakyat

Lemhannas RI. (2013). PPRA L. Modul BS Ketahanan Nasional.

Lemhannas RI. (2013). PPRA L. Bahan-bahan Ceramah Tajar BS. Lingkungan Strategis Kontemporer, SBS. Isu Global Kontemporer.

Acs, Zoltan J., Laszlo, Szerb. (2010). “The Global Entrepreneurship and Development Index (GEDI)”, Paper to be presented at the Summer Conference 2010 on “Opening Up Innovation: Strategy, Organization, and Technology,” Imperial College London Business School, June 16-18.




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jpm.v3i2.549

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


   

LP2M (Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat)

Universitas AL-AZHAR INDONESIA, Lt 2, ruang 207

Kompleks Masjid Agung Al-Azhar, Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru,

Jakarta Selatan 12110

Visitors