Peningkatan Kompetensi Evaluasi Program BK Terhadap Guru Bimbingan dan Konseling

Asni Asni, fauzi nur ilahi

Abstract


Program layanan konseling  sudah ada di jenjang sekolah yang awal perkembangan di Indonesia dikenal dengan Bimbingan Penyuluhan. Kompetensi evaluasi program bimbingan dan konseling adalah keterampilan yang perlu dikembangkan. sebab, kompetensi evaluasi dapat membantu guru BK dalam menunjang kualitas layanan yang dilaksanakan di instansi masing-masing. Pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan metode workshop dimana bertujuan untuk meningkatkan keterampilan evaluasi program bimbingan dan konseling terhadap guru BK di wilayah DKI Jakarta. Pengabdian masyarakat di ikuti 28 peserta guru BK di daerah DKI Jakarta. Berdasarkan hasil pelaksanaan pengabdian masyarakat, diperlukan adanya pendampingan bagi peserta ketika menerapkan keterampilan evaluasi program bimbingan dan konseling di instansi masing-masing.

Kata kunci: Evaluasi, Program BK


Full Text:

PDF

References


Badrujaman, Aip, Furqon, Syamsu Y., & Suherman. (2015). “Pengaruh Model Evaluasi Layanan Dasar Berorientasi Akuntabilitas Terhadap Peningkatan Akuntabilitas Guru Bk Smp.” PARAMETER: Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Jakarta 27(II):158. doi: 10.21009/parameter.272.08.

Endah, Yekti & Sugiyo. (2016). “Kinerja Guru Bimbingan Dan Konseling: Studi Kasus Di SMAN 1 Kota Semarang.” Jurnal Bimbingan Konseling 5(1):37–46.

Furqon, & Aip Badrujaman. (2014). Model Evaluasi Layanan Dasar Berorientasi Akuntabilitas. Cetakan Pe. Jakarta: Indeks.

Gysbers, Norman C., & Patricia Henderson. (2012. Developing & Managing Your School Guidance & Counseling Program, 5th Ed.

Musyofah, et all. (2021). “Evaluasi Program Bimbingan Dan Konseling Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Program BK.” Jurnal Ilmiah BK

Putri, Arum, E. (2019). “Evaluasi Program Bimbingan Dan Konseling: Sebuah Studi Pustaka.” JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia) 4(2):39. doi: 10.26737/jbki.v4i2.890.

Rahman, Fathur. (2009). “Reformasi Sekolah Dan BK Komprehensif Dalam Tinjauan Historis; Kontradiktoris Ataukah Komplementaris Ataukah Komplementaris?” 1–5.

Supriyanto, Agus, & Irvan Budhi, H. (2017). “Evaluasi Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah.” Unesa University Press 1(November):81–89




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jpm.v4i3.510

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    

 

Web Analytics

View My Stats