Pemberdayaan PKBM Bina Bangsa Tangerang dalam Mendukung Promosi Pencegahan Penyebaran COVID-19

Wulandari Wulandari, Yesi Puspita Dewi

Abstract


Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) merupakan lembaga pendidikan nonformal sebagai upaya pemecahan masalah yang terkait dengan masalah putus sekolah maupun masalah pengangguran (Fasli & Supriadi, 2001), PKBM Bina Bangsa Larangan Tangerang merupakan mitra dalam program pengabdian masyarakat yang diselenggarakan oleh Universitas Budi Luhur. Dimasa pandemi ini PKBM Bina Bangsa terkendala dalam melakukan promosi, saat ini promosi yang dilakukan oleh PKBM Bina Bangsa dilakukan melalui mulut kemulut. Sehingga PKBM Bina Bagsa kesulitan dalam menambah jumlah siswa baru. Guna mendukung kegiatan pemerintah dalam pencegahan Covid-19 maka tim dosen Universitas Budi Luhur ingin membantu PKBM Bina Bangsa Larangan dalam meningkat jumlah siswa baru dengan caranya yaitu membuat website sebagai sarana media promosi melalui media online. Tujuanya adalah dengan adanya website profile tersebut PKBM Bina Bangsa dapat dikenal oleh masyarakat luas. Pada pembuatan website profile tim dosen Universitas Budu Luhur menggunakan PHP untuk mendevelop, setelah program selesai dibuat dilakukan pengujian secara blackbox testing. Setelah itu dilakukan pelatihan terhadap 5 guru/admin, yang sebelumnya guru/admin belum pernah mengetahui fitur-fitur yang terdapat pada sebuah website. Setelah diadakan pelatihan tersebut kemampuan pemahaman guru/admin meningkat sehinggan diharapkan dengan adanya website profile ini membantu pihak PKBM dalam melakukan promosi dan membantu pemerintah mencegah penyebaran Covid-19 melalui pendaftaran yang dilakukan secara online tanpa harus tatap muka.

Kata kunci: PKBM, Website, PHP, PKBM Bina Bangsa


Full Text:

PDF

References


Arieef, M. (N.D.). Tri Dharma Perguruan Tinggi. Retrieved From Https://Www.Academia.Edu/4379037/TRI_DHARMA_PERGURUAN_TINGGI

Dewi, Y. P., & Wulandari. (2020). Peningkatan Kompetensi Pengolahan Data Sederhana dengan Microsoft Excel 2013 Pada PKBM BINA BANGSA. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia, Vol. 02, No. 1, 6 – 10.

Fasli, J., & Supriadi, D. (2001). Reformasi Pendidikan Dalam Konteks Otonomi Daerah. (F. J. Dan D. Supriadi, Ed.) (Ed.1, Cet.). Yogyakarta: Adi Cita Karya Nusa.

Jurnal.Id. (2020). Tips Agar Bisnis UKM Mampu Bertahan Di Masa Pandemi Corona. Retrieved From Https://Www.Jurnal.Id/Id/Blog/Tips-Agar-Bisnis-Ukm-Mampu-Bertahan-Di-Masa-Pandemi-Corona/

Sihombing, U. (2001). Pendidikan Luar Sekolah : Masalah, Tantangan, Dan Peluang (Cet. 1). Jakarta: Wirakarsa.




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jpm.v3i1.504

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


   

LP2M (Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat)

Universitas AL-AZHAR INDONESIA, Lt 2, ruang 207

Kompleks Masjid Agung Al-Azhar, Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru,

Jakarta Selatan 12110

Visitors