Pemberdayaan Karang Taruna dalam Pembuatan E-Katalog Kampung Tematik Kota Semarang

Muhamad Hasan Basori, Choirul Ulil Albab, Naiza Rosalia, Fibriyani Nur Aliya

Abstract


Kampung Tematik Kota Semarang merupakan program pemerintah untuk memajukan perekonomian masyarakat, melalui penamaan kampung berdasar potensi yang dimiliki. Hal ini membuat kampung tematik dipandang sebagai sebuah produk, sehingga memaksa dilakukannya kegiatan promosi. Di sisi lain promosi untuk kampung tematik dinilai sangat kurang. Kemajuan teknologi digital menuntut transformasi alat promosi, salah satunya promosi melalui E-Katalog. Generasi muda dinilai sebagai generasi yang paling adaptif menghadapi digitalisasi. Karang Taruna sebagai generasi muda dianggap sebagai ujung tombak keberhasilan kota. Berdasar hal tersebut, pengabdian masyarakat ini berupaya menggerakkan Karang Taruna untuk berkontribusi secara nyata dalam mendukung program Kampung Tematik di Kota Semarang. Berangkat dari kebutuhan promosi digital untuk Kampung Tematik, pengabdian ini bertujuan memberikan pengetahuan dan kemampuan membuat E-Katalog. Metode pengabdian, dilakukan secara daring, kegiatan diisi dengan memberikan materi desain grafis dan copywriting baik teoritis maupun praktis dan implementatif untuk E-Katalog. Berdasarkan hasil pre test dan post test diketahui rata-rata peningkatan pengetahuan sebesar 23%, pemahaman sebesar 28,5%, dan kemampuan implementasi sebesar 41,5%. Berdasar hasil tersebut, dapat dilihat bahwa kegiatan pemberdayaan ini memiliki kebermanfaatan baik pada tataran kognisi maupun praktis untuk anggota Karang Taruna Kota Semarang.

Kata kunci: Desain Grafis, Copywriting, E-Katalog, Kampung Tematik


Full Text:

PDF

References


Betz, C. L. (2019). Generations X, Y, and Z. Journal of Pediatric Nursing, 44, A7–A8. https://doi.org/10.1016/J.PEDN.2018.12.013

Chaffey, D. (2016). Definitions of Digital marketing vs Internet marketing vs Online marketing. https://doi.org/21 Dec, 2016

Kotler, P. & A. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran (Edisi 12). Jakarta: Erlangga.

Marhaeni K, D. (2008). Jurnal Ilmiah Komunikasi REPRESENTASI ANAK-ANAK DALAM TAYANGAN IKLAN KOMERSIAL DI MEDIA, 1(1), 1–11. Retrieved from www.agbnielson.net

Philip, L. (2018). Exploring the Role of Culture on Graphic Designs. International Journal of Trend in Scientific Research and Development, Volume-2(Issue-3), 424–435. https://doi.org/10.31142/ijtsrd10857

Pujakesuma, A. (2018). Usai Kampung Tematik, Hendi Kembali Inisiasi Lomba Kampung Ekonomi Kreatif. Retrieved April 1, 2019, from https://semarang.merdeka.com/kabar-semarang/usai-kampung-tematik-hendi-kembali-inisiasi-lomba-kampung-ekonomi-kreatif-1807315.html

Riduwan, A. (2016). Pelaksanaan Kegiatan Pengabdian. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 3. https://doi.org/DOI: 10.24034/j25485024.y1999.v3.i2.1886




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jpm.v3i1.502

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


   

LP2M (Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat)

Universitas AL-AZHAR INDONESIA, Lt 2, ruang 207

Kompleks Masjid Agung Al-Azhar, Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru,

Jakarta Selatan 12110

Visitors