Pelatihan Infografis berbasis AI bagi Guru SDN 1 Cipining untuk Mendukung Media Pembelajaran

Wida Aristanti(1), Muhammad Ikhwan(2), Suherdi Suherdi(3), Rayi Dwipanilih(4), Windy Permata Suyono(5), Wahyu Lestari(6),


(1) Universitas Negeri Jakarta
(2) Universitas Negeri Jakarta
(3) Universitas Negeri Jakarta
(4) Universitas Negeri Jakarta
(5) Universitas Negeri Jakarta
(6) Universitas Negeri Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Perkembangan teknologi berbasis kecerdasan buatan (AI) membawa dampak  dalam dunia pendidikan, terutama dalam penyajian materi pembelajaran agar lebih menarik dan mudah dipahami oleh siswa. Salah satu bentuk pemanfaatan teknologi dapat melalui infografis berbasis AI yang dapat membantu guru menyampaikan materi secara visual dan sistematis. Infografis dapat membantu guru untuk membuat laporan atau karya dengan mudah dan kreatif. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru di SDN 1 Cipining dalam mengembangkan dan menggunakan infografis berbasis AI sebagai media pembelajaran di kelas. Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh 10 guru SDN 1 Cipining. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini terdiri  sosialisasi dan pelatihan dimana guru tidak hanya menerima materi, tetapi juga mempraktikkan keterampilan yang diperoleh. Hasil dari pengabdian masyarakat menunjukkan adanya peningkatan kemampuan guru di SDN 1 Cipining, dalam merancang infografis sesuai dengan kebutuhan pembelajaran. Berdasarkan hasil pre-test dan post test, didapat peningkatan motivasi guru sebesar 31%, penguasaan dan pemahaman teknologi infografis berbasis AI sebesar 58%, dan peningkatan kualitas media pembelajaran sebesar 36% . Program ini menunjukkan bahwa integrasi teknologi digital dapat memperkuat kualitas pembelajaran. Model pelatihan ini diharapkan dapat direplikasi di sekolah lain guna mendorong transformasi pendidikan berbasis teknologi.

 Kata kunci: Infografis, Kecerdasan Buatan (AI), Pelatihan Guru, Pembelajaran Digital.


Full Text:

PDF

References


Affandi, A., Ekohariadi, E., & Buditjahjanto, I. G. P. A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Media Infografis Menggunakan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa di SMKN 6 Surabaya. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 9(11), 6030–6042. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v9i11.16936

Fidesrinur, F., Fitria, N., & Amelia, Z. (2022). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Pemanfaatan dan Pembuatan Media Pembelajaran Kognitif pada Kegiatan Rutinitas Anak Usia Dini. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia, 4(2), 75. https://doi.org/10.36722/jpm.v4i2.943

Fitria, N., & Fidesrinur, F. (2021). Pelatihan Peningkatan Strategi Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia, 3(1), 41. https://doi.org/10.36722/jpm.v3i1.501

Hasanah Hasanah, Fyo Gebina, Ariva Chafshah, Afif Hammami, & Mochammad Isa Anshori. (2024). Analisis Pelatihan Dan Pengembangan Karyawan. Jurnal Inovasi Manajemen, Kewirausahaan, Bisnis Dan Digital, 1(2), 171–184. https://doi.org/10.61132/jimakebidi.v1i2.121

Hersita, A. F., Kusdiana, A., Respati, R., & Respati, R. (2020). Pengembangan Media Infografis sebagai Media Penunjang Pembelajaran IPS di SD. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(4), 192–198. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i4.30132

Ichsan, R. N., & Nasution, L. (2021). Sosialisasi Pelatihan Disiplin Kerja Karyawan Restoran Kenanga Garden Medan. PKM Maju UDA, 1(3), 127. https://doi.org/10.46930/pkmmajuuda.v1i3.885

Lestari, L., Khomaria, I., & Kartono. (2017). Penggunaan Media Infografis untuk Meningkatkan Minat Belajar IPS pada Siswa Sekolah Dasar. Didaktika Dwija Indria.

Mansur, H., & Rafiudin, R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Infografis untuk Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(1), 37. https://doi.org/10.32585/jkp.v4i1.443

Masluhah, M., Afifah, K. R., & Hafid, A. (2022). Efektivitas media pembelajaran berbasis infografis terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 7(1), 11. https://doi.org/10.17977/um022v7i12022p11

Restiyanita, R., Firdaus, R., & Herpratiwi, H. (2024). Tren Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Kecerdasan Buatan pada Siswa Sekolah Dasar (Kajian Literatur. Didaktika, 4(4), 337–347. https://doi.org/10.17509/didaktika.v4i4.76610

Sari, E. P., Anwar, C., & Irwandani. (2018). Pengembangan Media Berbentuk Infografis Sebagai Penunjang Pembelajaran Fisika Sma Kelas X. Indonesia Journal of Science and Mathematics Education, 01(1), 71–78.

Sukardjo, M., Khasanah, U., Solehatin, E., & Sudrajat, Y. (2020). Pelatihan Penyusunan RPP dan Bahan Ajar Bagi Guru Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Masa Pandemi. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia, 3(1), 15. https://doi.org/10.36722/jpm.v3i1.489

Wardyaningrum, D., Zarkasi, I. R., Ripmiatin, E., & Jamal, A. (2025). Pengetahuan Warga di Wilayah Rawan Bencana Cianjur tentang Pembentukan Desa Persaudaraan (Sister Village). Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia, 7(1), 71. https://doi.org/10.36722/jpm.v7i1.3762




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jpm.v8i1.4665

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    

 

Web Analytics

View My Stats