Peningkatan Literasi Digital Siswa SMK melalui Pelatihan Iklan Kreatif Berbasis Fotografi Produk untuk Mendukung Ekonomi Inovatif di SMKN 33 Pulogadung

Qoryna Noer Seyma El Farabi(1), Wina Puspita Sari(2), Indah Fajar Rosalina(3), Muria Putriana(4), Gagak Indra Putra(5), Rashidqi Alfian(6), Idzni Ramadhani Kamaludin(7), Navira Sharen Assyifa(8),


(1) Universitas Negeri Jakarta
(2) Universitas Negeri Jakarta
(3) Universitas Negeri Jakarta
(4) Universitas Negeri Jakarta
(5) Universitas Negeri Jakarta
(6) Universitas Negeri Jakarta
(7) Universitas Negeri Jakarta
(8) Universitas Negeri Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Mitra dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 33 Pulogadung yang menghadapi permasalahan rendahnya literasi digital, khususnya dalam pembuatan iklan kreatif berbasis fotografi produk untuk mendukung kegiatan ekonomi inovatif. Minimnya kemampuan mengemas konten visual yang menarik serta pemanfaatan media sosial secara optimal menjadi hambatan bagi siswa untuk mengembangkan promosi usaha. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan literasi digital siswa melalui pelatihan pembuatan iklan kreatif yang terintegrasi dengan keterampilan fotografi produk dan strategi pemasaran digital. Kegiatan diikuti oleh 50 siswa dari berbagai jurusan SMKN 33. Metode pelaksanaan meliputi sosialisasi, pelatihan, penerapan teknologi, pendampingan, evaluasi, dan keberlanjutan program. Tahapan tersebut dirancang untuk memberikan pemahaman konseptual, keterampilan teknis, serta pengalaman langsung dalam membuat materi promosi yang efektif. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan kemampuan siswa dalam membuat konten iklan kreatif yang sesuai dengan prinsip pemasaran digital. Peserta mampu menghasilkan foto produk yang layak publikasi, mengolahnya menjadi materi iklan, dan memanfaatkan platform digital untuk promosi. Selain itu, kegiatan ini memicu lahirnya ide-ide usaha baru berbasis kreativitas visual, sehingga mendukung terbentuknya generasi muda yang melek digital dan mampu berkontribusi dalam ekonomi inovatif.

 Kata kunci: Ekonomi Inovatif, Fotografi Produk, Iklan Kreatif, Literasi Digital, Siswa SMK.


Full Text:

PDF

References


Ajiva, E. A., Abhulimen, P.O., & Abhulimen, A.O., (2024) The critical role of professional photography in digital marketing for SMEs: Strategies an. International Journal of Management & Entrepreneurship Research, 6(8), 2626-2636. https://doi.org/10.51594/ijmer.v6i8.1410

Fadhilah, F., Satyanegara, D., & Pertiwi, W. R. B. (2023). Optimalisasi Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial bagi UMKM Kopi Dadaman Desa Citaman Banten. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al-Azhar Indonesia. 6(1) 13-19. http://dx.doi.org/10.36722/jpm.v6i1.2268

Furqorina, Rizka. Et al. (2021). Pemanfaatan Visual Branding melalui Foto Produk dalam Meningkatkan Daya Saing UMKM. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M) 4(2):348-356.

DOI:10.33474/jp2m.v4i2.20261

Isnawati, S. I., Budiyanto, A. E. & Dwijayanti, F. (2022). Pelatihan Fotografi Produk untuk Pemasaran Digital Menggunakan Teknik Lifestyle Photography. 2(1) 1-11. DOI: https://doi.org/10.35473/jbh.v2i1.1740

Khanom, M. T. (2023). Using Social Media Marketing in the Digital Era: A Necessity or a Choice. International Journal of Research in Business and Social Science (2147-4478) 12(3):88-98. DOI:10.20525/ijrbs.v12i3.2507

Khurniawan, A. W., Rivai, M., & Turijin. (2019). Pengembangan Kewirausahaan SMK: Profil Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia. In Vocational Education Policy, White Paper (Vol. 1). Vocational Education Policy, White paper. https://www.researchgate.net/publication/338101832_Pengembangan_Kewirausahaan_SMK_Profil_Pelaku_Usaha_Mikro_Kecil_Dan_Menengah_UMKM_Di_Indonesia

Mejtoft, T., Hedlund, J., Cripps, H., Söderström, U. (2021). Designing Call to Action: Users’ Perception of Different Characteristics.

DOI:10.18690/978-961-286-485-9.30

Moite, K. (2024). Techniques for Using Backlighting to Enhance the Expressiveness of Photographs. World Journal of Advanced Research and Reviews 24(1):1974-1979. DOI:10.30574/wjarr.2024.24.1.3120

Mustika, S., Tiara, A. & Tellys, C. (2021). Pelatihan Membuat Konten Promosi di Media Sosial bagi UMKM Mitra Masjid. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al-Azhar Indonesia. 3(2) 52-58. http://dx.doi.org/10.36722/jpm.v3i2.644

Nguyen, T. P. A. (2021). Storytelling and visual art in advertising: an approach towards creative and impactful advertising content. https://www.theseus.fi/handle/10024/487077

Pamungkas, A. (2024). Mengoptimalkan Fotografi untuk Strategi Pemasaran Produk yang Efektif. https://digilib.esaunggul.ac.id/public/UEU-Article-35570-5_1029.pdf

Seifert, C., & Chattaraman, V. (2020). A picture is worth a thousand words! How visual storytelling transforms the aesthetic experience of novel designs. Journal of Product & Brand Management, 29, 913-926. DOI:10.1108/JPBM-01-2019-2194

Singh, C. (2018). Visual Social Marketing. BPB Publications. 163 pages https://books.google.co.id/books/about/Visual_Social_Marketing.html?id=OIV8DwAAQBAJ&redir_esc=y

Szulc, R. & Musielah, K. (2022). Product Photography in Product Attractiveness Perception and E-Commerce Customer Purchase Decisions. Scientific Papers of Silesian University of Technology Organization and Management Series 2023(166):783-796.

Doi:10.29119/1641-3466.2022.166.49

Toluwani, T. D. & Chidiebere, O. (2023). The Basics of Basic Photograhy. https://www.researchgate.net/publication/371534730_The_Basics_of_Basic_Photography.




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jpm.v7i3.4568

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    

 

Web Analytics

View My Stats