Edukasi KUACI (Kurangi Asupan Micin) Melalui Media Komik Bagi Siswa-Siswi Kelas 5 MI Al-Falah Pancoran Barat
Abstract
Abstrak
Usia atau masa pertumbuhan anak-anak lebih sensitif terhadap efek Monosodium glutamate (MSG) dibandingkan kelompok dewasa. Pada MI Al-Falah belum terdapat pembatasan akses jajanan sekolah yang tidak sehat dan belum terdapat paparan edukasi mengenai pembatasan konsumsi jajanan yang tinggi kandungan MSG. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap siswa sekolah dasar mengenai MSG. Kegiatan dilaksanakan di MI Al-Falah, Pancoran Barat, Jakarta Selatan. Subjek dalam kegiatan ini adalah 26 siswa kelas 5 berusia 11–12 tahun. Metode yang digunakan dalam pengabdian kepada masyarakat ini adalah pemberian penyuluhan gizi bertema “Kurangi Asupan MSG” (KUACI), dengan menggunakan media komik. Hasil analisis statistik menunjukkan adanya perbedaan skor pengetahuan (p-value = 0,007) dan sikap (p-value = 0,001) sebelum dan sesudah penyuluhan gizi KUACI. Hal ini menunjukkan bahwa pemberian edukasi gizi KUACI terbukti dapat meningkatkan rata-rata skor pengetahuan dan sikap, masing-masing sebesar 6,93 dan 5,53 poin, siswa kelas 5 dalam mengurangi asupan MSG di MI Al-Falah, Pancoran Barat, Jakarta Selatan.
Kata kunci: Komik, Monosodium Glutamat, Pengetahuan, Sikap.
Full Text:
PDFReferences
Anggreni, E., Wulandhari, Y., & Jas, F. P. (2023). The Effect Of Balanced Nutrition Education With Audio Visual Media On Students Knowledge Of Sdn 011 Kambesko. Jurnal Ibu Dan Anak, 11(2), 38–43. https://doi.org/10.36929/jia.v11i2.821
Damayanti, A. Y. (2021). The effectiveness of Islamic comic media in increasing the attitude of healthy breakfast among students. The Effectiveness of Islamic Comic Media in Increasing the Attitude of Healthy Breakfast among Students, 9(2), 143–149.
Farinella, M. (2018). The potential of comics in science communication. Journal of Science Communication, 17(1), Y01. https://doi.org/10.22323/2.17010401
Istifiani, L. A., Widyanto, R. M., Setiawan, E. C., Rakhmani, S. K., Putri, W. A., Agustin, N. N., Nurlaila, A. (2024). Program Edukasi Jajanan Sehat dan Higienis Sebagai Upaya Peningkatan Pemenuhan Kebutuhan Gizi Anak Usia Sekolah. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia, 6(2), 118–124.
Kagerbauer, M., & Magdolen, M. (2024). Workshop synthesis: Measuring attitudes and perceptions in large scale (quantitative) surveys. Transportation Research Procedia, 76, 617–623. https://doi.org/10.1016/j.trpro.2023.12.082
Kamsiah, K., Yuliantini, E., Eliana, E., & Rachmawati, R. (2023). The Effect of Nutrition Education on Knowledge, Attitudes and Consumption Patterns of Young Women in Prevention of Chronic Energy Deficiency in Bengkulu City. Media Gizi Indonesia, 18(1SP), 7–13. https://doi.org/10.20473/mgi.v18i1SP.7-13
Kemenkes Kesehatan RI. (2018). Hasil utama RISKESDAS 2018. Jakarta: Badan Penelitian & Pengembangan Kesehatan Kemenkes RI.
Kementerian Kesehatan RI. (2023). Survei kesehatan indonesia (SKI) 2023 dalam angka. Kementerian Kesehatan Badan Kebijakan Pembangunan Kesehatan.
Kigaru, D. M. D., Loechl, C., Moleah, T., Macharia-Mutie, C. W., & Ndungu, Z. W. (2015). Nutrition knowledge, attitude and practices among urban primary school children in Nairobi City, Kenya: A KAP study. BMC Nutrition, 1(1), 44. https://doi.org/10.1186/s40795-015-0040-8
Kurtanty, D., Daeng, M., & Upa, N. (2018). Monosodium Glutamat How to Understand It Properly. Jakarta: Primer Koperasi Ikatan Dokter Indonesia, 11, 1.
Moza, S. M., Aroni, H., & Setiabudi, S. I. (2019). The Influence Of Counseling By Using Comic Media As A Learning Media To Improve Knowledge Of Balanced Nutrition Message (Pgs) On Fourth Grade Students. Jurnal Pendidikan Kesehatan, 8(1), 93–102. https://doi.org/10.31290/jpk.v8i1.652
Nurmayanti, R., & Komalyna, I. N. T. (2020). Effect of Balanced Diet Education with Media Comic on Modification of Eating Behavior in Adolescents at Middle School, Malang. 5(01), 70–74.
Rahmawati, L. A., Puspa, A. R., Alfiah, A., Umami, Z., Sulaeman, S. M., & Rizkiyah, D. (2022). Pemanfaatan Animasi Digital sebagai Media Edukasi Gizi Seimbang sebagai Upaya Peningkatan Pengetahuan Gizi Anak Usia Dini di TK Islam Qolbus Salim. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia P-ISSN, 2655, 6227.
Rizkaprilisa, W., Bumi, S. A. P., & Sari, L. F. (2024). Edukasi Konsumsi Makanan dengan Tambahan Monosodium Glutamat (MSG) Sehat Ala Gen-Z. Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(03), 348–356.
Rochmah, D. L., & Utami, E. T. (2022). Dampak mengkonsumsi monosodium glutamat (msg) dalam perkembangan otak anak. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 10(2), 163–166.
Siswanto, P. D., Lamid, A., Prihatini, S., & Rosmalina, Y. (2014). Buku Survei Konsumsi Makanan Individu dalam Studi Diet Total 2014. Jakarta: Lembaga Penerbitan Badan Litbangkes.
Tandoh, A., Holdsworth, M., Aryeetey, R., Agyemang, C., & Laar, A. (2025). How Children’s Experiences and Perceptions of Their School Food Environment Influence Their Food-Related Decisions In-School in Urban Ghana. Maternal & Child Nutrition, 21(3), e70011. https://doi.org/10.1111/mcn.70011
Wibowo, M. A., & Adhianata, H. (2023). Efficacy of Balanced Nutrition Comic as a Learning Medium in Nutrition Education Intervention for Primary School-Age Children in Sampang District. Jurnal Ners Dan Kebidanan (Journal of Ners and Midwifery), 10(2), 254–259. https://doi.org/10.26699/jnk.v10i2.ART.p254-259
Yusuf, E., Irianah, C. W., Prayoga, P., Ramadhani, F. S., Herliana, L., Assalam, D., … Yuwanda, A. (2024). Edukasional Interaktif tentang Bahaya MSG Terhadap Siswa-Siswi SDN Sukatani 5 Depok. Jurnal ANDARA (Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(2), 6–10.
Zanfirescu, A., Ungurianu, A., Tsatsakis, A. M., Nițulescu, G. M., Kouretas, D., Veskoukis, A., … Margină, D. (2019). A review of the alleged health hazards of monosodium glutamate. Comprehensive Reviews in Food Science and Food Safety, 18(4), 1111–1134. https://doi.org/10.1111/1541-4337.12448
DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jpm.v7i3.4363
Refbacks
- There are currently no refbacks.