Edukasi Rambu Lalu Lintas dan Plangisasi: Upaya Meningkatkan Fasilitas dan Keselamatan Masyarakat di SD Negeri 1 Ngarap-Arap
Abstract
Abstrak
Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah program yang memungkinkan mahasiswa berkontribusi kepada masyarakat sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Di Desa Ngarap-Arap, banyaknya gang jalan dan pos penghunian menyebabkan kurangnya informasi mengenai arah lokasi dan rambu lalu lintas, yang sering menyulitkan tamu dari luar daerah dan berpotensi menimbulkan kecelakaan. Program KKN ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat, khususnya anak-anak SD, mengenai rambu lalu lintas dan keselamatan berlalu lintas. Kegiatan ini melibatkan 29 siswa dan 1 wali kelas dari SD Negeri 1 Ngarap-Arap. Melalui serangkaian kegiatan terstruktur, seperti survei lokasi, sosialisasi, dan pemasangan plang penunjuk arah, mahasiswa KKN berhasil memberikan edukasi yang bermanfaat. Kegiatan sosialisasi yang melibatkan siswa secara aktif membantu mereka memahami rambu lalu lintas dengan lebih baik. Sebelum sosialisasi, rata-rata pemahaman siswa hanya 45%, namun setelah kegiatan, pemahaman mereka meningkat menjadi 85%. Peningkatan ini diharapkan dapat mengurangi risiko kecelakaan di jalan. Selain itu, proses pemasangan plang juga memperkuat rasa kepemilikan dan tanggung jawab siswa terhadap fasilitas. Program ini diharapkan menjadi model bagi pengabdian masyarakat lainnya dan berkontribusi pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) di desa.
Kata kunci: Edukasi Rambu Lalu Lintas, Plangisasi, KKN.
Full Text:
PDFReferences
Anam, M., Amalia, A., Salim, S., Wirawati, S. M., Syarifudin, A., & Wijaya, H. (2024). Pembuatan Dan Pemasangan Plang Penujuk Jalan Di Desa Panosogan. Journal of Community Service and Engagement, 4(3), 5–11. https://doi.org/10.9999/jocosae.v4i3.202
Anjarini, T., & Rahmawati, L. C. (2022). Pengenalan Rambu-Rambu Lalu Lintas Melalui Edugames untuk Siswa Sekolah Dasar di Desa Separe. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(4). 451-457 DOI: https://doi.org/10.52436/1.jpmi.717
Handayani, R., Apriani, B. K., & Sudirman, S. (2024). Penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Lingkungan Sekolah Dasar Negeri 29 Ampenan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(3), 2035–2040. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i3.2342
Hasmi, M. A., Anggraini, S., Nurhaliza & Junaidi (2024). Pembuatan Infrastruktur Sarana Desa Berupa Plang Jalan dan Gang pada Desa Pardasuka, Katibung. Jurnal Abdi Masyarakat Saburai (JAMS), 5(2), 107–114.
Kadir, H., Jihad, A., Asiz, A. A. F., Sofyan, S. A. A., & Akram, A. M. (2024). Sosialisasi dan Edukasi Keselamatan Lalu Lintas di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Takalar. Idea Pengabdian Masyarakat, 4(02), 126–131. https://doi.org/10.53690/ipm.v2i02.271
Kisyanto, G. E., Muharram, M. A. F., Rozy, M. F., & Williyanto, S. (2023). Membangun Eksistensi Desa Pakuwon Melalui Pembuatan Penunjuk Arah Wisata Alam Gunung Tilu. Abdimas Galuh, 5(2), 1750–1760.
Maidiana, M. (2021). Penelitian Survey. ALACRITY : Journal of Education, 1(2), 20–29. https://doi.org/10.52121/alacrity.v1i2.23
Prameswari, W., Sylviana, R., & Mahendra, M. I. (2025). Implementasi dan Edukasi Rambu Lalu Lintas pada Anak Usia Dini di Desa Sirnajati. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 2(11), 5214–5223.
Purwita, D. G., & Yasa, G. P. P. A. (2019). Perancangan Ulang Simbol dan Papan Penunjuk Arah pada Area Obyek Wisata Monkey Forest. Jurnal Lentera Widya, 1(1), 15–20. https://doi.org/10.35886/lenterawidya.v1i1.61
Raharjo, E. P., Mardikawati, B., Sukmayasa, I. M., Hidayat, D. W., Suartawan, P. E., & Asa, I. P. D. P. (2021). Tingkat Penguasaan Materi Aturan Berlalu-Lintas Siswa Sekolah Dasar Setelah Sosialisasi Tertib Berlalu-Lintas. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Semangat Nyata Untuk Mengabdi (JPKM Senyum), 1(2), 51–58. https://doi.org/10.52920/jkpmsenyum.v1i2.42
Riadi, R., Aziz, A., Iskandar, A., Putri, A. S., Putri, C. D. L., Elisa, D., Zanatha, M. K., Tambunan, R., Alyssa, S. S., Daulay, W. M., & Putri, W. (2023). Pembuatan 54 Plang Nama Jalan Untuk Desa Sendayan dari Kukerta UNRI 2022. Dirkantara Indonesia Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, I(2), 87–94.
Ridla, C. N., Benung, A. M., & Devano, A. G., (2024). Penggerak Pembangunan Desa : Optimalisasi Potensi Lokal Melalui KKN Desa Petungsewu. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPMI). 4(5), 803–815.
Rohkim, M. N., & Manik, Y. M. (2023). Pemanfaatan Game Edukasi Rambu-Rambu Lalu Lintas. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 118–129. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.2331
Saleh, A., Soehardi, F., & Anggraini, M. (2017). Implementasi Keselamatan Lalu Lintas Untuk Anak Sekolah Dasar yang Berada di Pinggir Jalan Lintas Barat. In Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 1, Issue 1, pp. 35–38). https://doi.org/10.31849/dinamisia.v1i1.435
Setianingtias, R., Baiquni, M., & Kurniawan, A. (2019). Pemodelan Indikator Tujuan Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 27(2), https://doi.org/10.14203/jep.27.2.2019.61-74
Yoga, T., Arvianti, E. Y., & Gunawan, C. I (2024). Pemasangan Plang Nama Jalan dan Cermin Cembung Upaya Peningkatan Fasilitas di Desa Gunungsari Kecamatan Tajinan, Kabupaten Malang. ASPIRASI: Publikasi Hasil Pengabdian Dan Kegiatan Masyarakat, 2(2), 37–43. https://doi.org/https://doi.org/10.61132/aspirasi.v2i2.419
Zanariyah, S. (2024). Teknik Observasi Yang Efektif dan Efisien Pada Kegiatan Kuliah Kerja Nyata ( KKN ). Kuras Institute Scidac Plus, 4(3).
DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jpm.v7i2.4170
Refbacks
- There are currently no refbacks.