Peningkatan Keterampilan Menulis sebagai Media Navigasi Emosi bagi Remaja

Dhuha Hadiyansyah, Lusi Lian Piantari, Sherien Sabbah, Arsylla Alanurinisa, Annisa Nur Amalia

Abstract


Santri remaja di pesantren mengalami berbagai pengalaman unik yang membentuk perkembangan pendidikan, sosial, dan kepribadian mereka. Namun, mereka juga berpotensi menghadapi tekanan dari berbagai faktor, seperti akademik, aturan ketat, kontak sosial yang terbatas, tuntutan orang tua, fase pembentukan identitas, dan privasi yang minim. Oleh sebab itu, program pengabdian masyarakat berjudul Pengembangan Keterampilan Menulis sebagai Media Navigasi Emosi bagi Remaja” ini dilaksanakan, di Pesantren Jagat Arsy, Tangerang Selatan. Program ini diikuti oleh 27 siswa kelas X dan XI, yang terlibat dalam lokakarya menulis narasi terapeutik. Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengurangi tingkat stres, meningkatkan keterampilan menulis, serta memberikan ruang ekspresi bagi para santri. Kegiatan ini meliputi observasi, perumusan masalah, pelatihan menulis, dan evaluasi hasil melalui kuesioner. Hasilnya menunjukkan bahwa sebanyak 55,56% peserta merasakan perbaikan emosional, 37,04% merasa pelatihan hanya sedikit membantu, dan 7,41% mengaku tidak merasakan pengaruh sama sekali. Umpan balik dari peserta juga mencerminkan manfaat emosional yang positif, dengan mayoritas merasa lebih mampu mengungkapkan perasaan dan menyusun narasi yang mencerminkan pengalaman pribadi mereka. Program ini menegaskan pentingnya penulisan naratif sebagai metode terapeutik yang efektif dalam mendukung kesejahteraan mental remaja, khususnya di lingkungan pesantren.


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, S. J., Musavi, Z., Samim, N., Sadeqi, M., & Jobson, L. (2022). Investigating the feasibility, acceptability, and efficacy of using modified-written exposure therapy in the aftermath of a terrorist attack on symptoms of posttraumatic stress disorder among Afghan adolescent girls. Frontiers in Psychiatry, 13, 826633. https://doi.org/10.3389/fpsyt.2022.826633

Alston, J., & Taylor dec'd, J. (2024). Handwriting: Theory, research and practice. Taylor & Francis.

Buechler, S. (2015). Understanding and treating patients in clinical psychoanalysis: Lessons from literature. Routledge.

Dallos, R. (2023). Attachment narrative therapy. In attachment narrative therapy: applications and developments (pp. 1-31). Cham: Springer International Publishing.

Deveney, C., & Lawson, P. (2022). Writing your way to well-being: An IPA analysis of the therapeutic effects of creative writing on mental health and the processing of emotional difficulties. Counselling and Psychotherapy Research, 22(2), 292–300. https://doi.org/10.1002/capr.12435.

Dyrbye, L. N., Shanafelt, T. D., Werner, L., Sood, A., Satele, D., & Wolanskyj, A. P. (2017). The impact of a required longitudinal stress management and resilience training course for first-year medical students. Journal of General Internal Medicine, 32, 1309-1314.

Fraser, H., & MacDougall, C. (2017). Doing narrative feminist research: Intersections and challenges. Qualitative Social Work, 16(2), 240-254.

Gerrig, R. (2018). Experiencing narrative worlds. Routledge.

Hadiyansyah, D. (2019). Parent-things: Yang terlewat dari parenting. Elex Media Komputindo.

Kwok, W. L. (2016). Narrative therapy, theology, and relational openness: Reconstructing the connection between postmodern therapy and traditional theology. Journal of Psychology and Theology, 44(3), 201-212.

Leslie, M. E. (2016). Widening our lens, deepening our practice: An exploration of energy within the teachings of Virginia Satir. Satir International Journal, 4(1), 5-20.

Meretoja, H (2018). The ethics of storytelling: Narrative hermeneutics, history, and the possible. Oxford University Press.

Novanti, E. T., Dimala, C. P., & Rohayati, N. (2022). Pengaruh Stres Akademik terhadap Psychological Well-Being pada Santri Pondok Pesantren Nihayatul Amal. Disputare-Jurnal Psikologi, 9(1), 1-9.

Pennebaker, J. W., & Smyth, J. M. (2016). Opening up by writing it down: How expressive writing improves health and eases emotional pain. Guilford Publications.

Ricks, L., Kitchens, S., Goodrich, T., & Hancock, E. (2014). My story: The use of narrative therapy in individual and group counseling. Journal of Creativity in Mental Health, 9(1), 99-110.




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jpm.v7i1.3816

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    

 

Web Analytics

View My Stats