PENERAPAN PERMAINAN MOLEGI (MONOPOLI PUZZLE KESEHATAN GIGI) SEBAGAI MEDIA EDUKASI KESEHATAN GIGI DAN MULUT SISWA SD NEGERI 1 BUMI

Amelia Rizky Hutami, Nindya Mayaningtyas Dewi, Nur Rohman Setiawan, Nanda Anggita Permata Putri, Septriyani Kaswindarti

Abstract


Abstrak

Kondisi kesehatan gigi dan mulut masyarakat di Indonesia masih memprihatinkan. Dibutuhkan suatu tindakan promotif dan preventif untuk mencegah masalah kesehatan gigi dan mulut yaitu dengan cara edukasi kesehatan gigi dan mulut sejak dini. Terdapat berbagai jenis metode edukasi kedokteran gigi yang biasa digunakan, diantaranya metode ceramah, poster dan video. Berbagai literatur menyebutkan bahwa metode tersebut kurang efektif bagi anak-anak. Terdapat metode yang lebih menarik, mudah dipahami dan menyenangkan bagi anak-anak, yaitu menggunakan permainan edukatif. Salah satu permainan alternatif yang dapat digunakan sebagai media edukasi kesehatan gigi dan mulut adalah permainan puzzle dan monopoli. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui potensi permainan monopoli puzzle kedokteran gigi sebagai media edukasi kesehatan gigi dan mulut. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini diantaranya sosialisasi permainan, pre test, melakukan permainan, dan post test pada siswa siswi kelas IV SD Negeri Bumi 1. Kemudian dilakukan evaluasi untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan pengetahuan pada siswa-siswi tersebut. Hasil yang didapatkan pada kegiatan ini menunjukan adanya peningkatan pengetahuan kesehatan gigi dan mulut pada siswa. Penggunaan permainan MOLEGI (Monopoli Puzzle Kedokteran Gigi) dapat digunakan sebagai alternatif media edukasi dan berpotensi meningkatkan pengetahuan kesehatan gigi dan mulut pada anak.

Kata kunci : Permainan, Anak, Promosi kesehatan, Interaktif

 

Abstract

The oral and mouth health in Indonesia is still considered in an apprehensive condition. Thus, in this circumstances, promotive and preventive works are needed to prevent the oral and mouth health problem by promoting oral and mouth health education since early stage. There are many kind of dental education methods that usually used, such as speech, poster, and video delivering methods. Some literatures mentioned that those methods are less effective for children. That is something more insteresting, easy to understand, and fun method for children, it is using an educational games. One of the alternatives that can be used as an educational media for oral and mouth health is puzzle and monopoly game. This activity aims to know the ability of puzzle and monopoly in dentistry as an oral and mouth educational media. The steps had in this activity included games socialization, pre test, playing games, and post test on fourth grade students of SD Negeri Bumi 1. Then, had an evaluation to know if there any enhancement on student’s knowledge about oral and mouth health. The MOLEGI (Monopoli Puzzle Kedokteran Gigi) Games can be used as an alternative educational media and potentially increasing the knowledge about oral and mouth health for children.

Keywords: Games, children, health promotion, interactive


Full Text:

PDF

References


Afifah, I. (2011). Hubungan antara Pengetahuan tentang Kesehatan Gigi dan Mulut dengan Tindakan Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut Pada Anak SD Shafiyyatul Amaliyyah pada Tahun 2011 (Undergraduated Thesis). Medan: Universitas Sumatera Utara.

Ahmadi, A. (1991). Psikologi Perkembangan . Jakarta: Rineka Cipta.

Amelia, C. (2010). Efektivitas Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Pengetahuan Tentang Bahaya Rokok Siswa Kelas VII dan VIII SMP Ma'arif NU Tegal Tahun 2011 (Undergraduated Thesis). Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Budiharto. (2009). Pengantar Ilmu Perilaku Kesehatan dan Pendidikan Kesehatan Gigi. Jakarta: 2009.

D Sumantri, Y. L. (2013). Pengaruh Perubahan tingkat Pengetahuan Kesehatan Gigi dan Mulut pada Pelajar Usia 7-8 Tahun di 2 Sekolah Dasar Kecamatan Mandiangin Kota Selayan Kota Bukit Tinggi Melalui Permainan Edukasi Kedokteran Gigi. Andalas Dental Journal, 39-48.

Dinas Kesehatan Kota Surakarta. (2013). Profil Kesehatan Kota Surakarta Tahun 2012. Surakarta: Dinas Keseharan Surakarta.

Elfawati. (2012). Meningkatkan Pengenalan Bangun Datar Sederhana Melalui Media Puzzle Bagi Anak Tuna Grahita Ringan . Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus .

Hamdalah, A. (2013). Perbedaan Efektivitas Metode Ceramah dengan Media Cerita Bergambar dan Ceramah dengan Media Pemainan Ular Tangga dalam Meningkatkan Pengetahuan, Sikap, dan Praktik Kesehatan Gigi dan Mulut (Studi pada siswa kelas 3 SDN Patrang 02 Kec. Patrang Kab. Jember). Jurnal Promkes, 118-123.

Indriati.(2019). Pencegahan Kekerasan Seksual pada Anak Melalui Edukasi Kesehatan Reproduksi Berbasis Media pada Murid Sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). GEMASSIKA, 3(1), 83-98.

Kemenkes. (2018). Riset Kesehatan Dasar; RISKESDAS. Jakarta: Balitbang Kemenkes RI.

Riva, I. (2011). Koleksi Game Edukatif di Dalam dan Luar Sekolah. Yogyakarta: Flashbook.

Selan, S., & Limbu, E. N. (2014). Analisis Efektifitas Permainan Sebagai Metode Penyuluhan terhadap Pengetahuan Kesehatan Gigi dan Mulut Pada Murid Kelas IV SDN Naikoten 1 Kupang Tahun 2013. Media Kesehatan Masyarakat, 138-150.

Sugiwati. (2013). Metode Bermain Ular Tangga Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Kelompok A di TK. Rungkut Surabaya: Publikasi UNESA Fakultas Ilmu Pendidikan.




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jpm.v1i2.341

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    

 

Web Analytics

View My Stats