PEMBERDAYAAN TUTOR BKB DAN GURU PAUD MELALUI KETERAMPILAN STORYTELLING

Nila Fitria, Suwardi Suwardi

Abstract


Abstrak

Storytelling adalah sebuah teknik atau kemampuan untuk menceritakan sebuah kisah, pengaturan adegan, event, dan juga dialog. Program storytelling ini ditujukan bagi tutor BKB dan guru PAUD dikarenakan latar belakang pendidikan tutor BKB dan guru PAUD yang beragam. Adapun pelatihan yang dilakukan sebanyak 3 kali memberikan pengetahuan dan keterampilan storytelling kepada tutor BKB dan guru PAUD. Adapun metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah bentuk intervensi dengan melakukan pelatihan sebanyak 3 kali. Pelatihan pertama ditujukan kepada tutor BKB dan guru PAUD untuk memberikan pengetahuan tentang storytelling. Pelatihan kedua, tutor BKB dan guru PAUD membuat buku cerita dalam bentuk bigbook. Kemudian tutor BKB dan guru PAUD mempraktekkan bagaimana cara bercerita secara peer teaching Pelatihan ketiga ditujukan kepada orang tua murid PAUD dan TK serta tutor BKB dan guru PAUD serta guru TK. Pelatihan ketiga ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan pentingnya storytelling. Kemudian tutor BKB dan guru PAUD mempraktekkan bercerita di depan orang tua murid dan juga anak. Pengetahuan dan keterampilan tutor BKB dan guru PAUD terhadap storytelling meningkat dan program storytelling dapat dijadikan suatu pembiasaan yang dapat dilakuakn di sekolah. Sehingga minat membaca anak menjadi meningkat.

Kata kunci: Anak, Storytelling, Tutor BKB

 

Abstract

Storytelling is a technique or ability to tell a story, arrange scenes, events, and also dialogue. This storytelling program is intended for BKB tutors and PAUD teachers due to the diverse educational background of BKB tutors and PAUD teachers. The training was conducted 3 times to provide knowledge and storytelling skills to BKB tutors and PAUD teachers. The method used in this training is a form of intervention by conducting training 3 times. The first training was aimed at BKB tutors and PAUD teachers to provide knowledge about storytelling. The second training, BKB tutors and PAUD teachers made storybooks in the form of a bigbook. Then BKB tutors and PAUD teachers practice how to tell in peer teaching The third training is aimed at parents of PAUD and TK students and BKB tutors and PAUD teachers and kindergarten teachers. This third training aims to provide knowledge of the importance of storytelling. Then BKB tutors and PAUD teachers practice telling stories in front of parents of students and children. Knowledge and skills of BKB tutors and PAUD teachers on storytelling have increased and the storytelling program can be used as a habit that can be done at school. So that interest in reading children becomes increased.

Keywords: BKB Tutor, Children, Storytelling


Full Text:

PDF

References


BKKBN. (2006). Pedoman Pembinaan Bina Keluarga Balita, Jakarta: BKKBN

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Peraturan Menteri Nomor 137 Tahun 2014 tentang Kurikulum PAUD, Jakarta:Kemdikbud

Kompas. dengan judul "Beda Mendongeng dan"ReadAloud", https://lifestyle.kompas.com/read/2011/02/14/12093893/beda.mendongeng.dan.quotread.aloudquot

Kusumo, Priyono. (2006). Terampil Mendongeng, Jakarta: Grasindo Ovretveit. (1998). Evaluating Health Interventions: Introduction to Evaluation of Health Treatments, Services Policies and Organizational Interventions, Sweden: McGraw -Hill Education

Kurniawan. H. (2016). Kreatif Mendongeng untuk Kecerdasan Jamak Anak. Jakarta: Kencana

Trelease.J. (2017). The Read Aloud Handbook. Jakarta: Noura




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jpm.v1i2.338

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    

 

Web Analytics

View My Stats