PROGRAM INSPIRASI BELAJAR BAHASA ASING BAGI REMAJA DALAM MENGHADAPI ERA GLOBALISASI

Arianty Visiaty, Lusi Lian Piantari

Abstract


Abstrak 

Masalah yang dihadapi oleh Panti Asuhan Harapan Remaja adalah kurangnya motivasi dan inspirasi anak asuh siswa SMP untuk belajar bahasa asing. Tujuan dari kegiatan ini adalah menumbuhkan motivasi dan inspirasi belajar bahasa asing untuk belajar bahasa asing. Salah satu cara untuk menunbuhkan motivasi dan isnpirasi belajar bahasa asing adalah dengan dilakukannya pengenalan bahasa asing dengan konteks yang dekat dengan keseharian anak asuh/siswa. Untuk itu telah diadakan program penumbuhan motivasi dan inspirasi berbahasa asing terutama bahasa Jepang dan Inggris masing-masing selama 2 kali. Hasil dari kegiatan ini adalah munculnya ketertarikan siswa terhadap bahasa asing dan ketertarikan untuk belajar bahasa asing terutama bahasa Inggris dan Jepang. Selain itu terlihat juga peningkatan motivasi belajar bahasa asing selain pelajaran sekolah. Akan tetapi tidak ada peningkatan ketertarikan untuk berinteraksi dengan orang asing. Saran kegiatan ke depan adalah mengadakan yang berkelanjutan dan berkala.

Kata kunci: Bahasa Asing, Inspirasi, Motivasi


Abstract

This community service activity had purposes to inspire and motivate the junior high school students to learn a foreign language at the Harapan Remaja Orphanage. This orphanage has a problem dealing with foster children’s motivation in learning foreign languages. The result of this activity is the emergence of an interest in foreign languages and learning those languages, especially English and Japanese. After the activities, the result shows that the learners’ motivation is still low. However, the activities related to foreign languages increased the participants’ interests to learn foreign languages, in this context, Japanese and English. It is suggested that the activity can be carried out continuously because raising inspiration and motivation requires enough time.

Keywords: Foreign language, Inspiration, Motivation,


Full Text:

PDF

References


Alizadeh, M. (2016). The Impact of Motivation on English Language Learning. International Journal of Research in English Education Vol. 1 No.1.

Dornyei, Z. (2001). Motivational Strategies in The Language Classroom. Cambridge: Cambridge University

Kitjaroonchai, N. (2012). Motivation toward English Language Learning of Students in Secondary and High Schools in Education Service Area Office 4, Saraburi Province, Thailand. International Journal of Language and Linguistics Vol 1 No.1, hlm. 22-33.

Sepora, T., Mahadi, T., Jafari, S.M. (2012). Motivation, Its Types and Its Impacts in Language Learning. International Journal of Business and Social Science Vol. 3 No.24.

Sung, K. (2013). L2 Motivation in Foreign Language Learning. Journal of Language and Linguistic Studies Vol 9 No. 2 hlm. 19-30

Williams, M. & Burden, R. (1997). Psychology for Language Teachers. Cambridge: Cambridge University Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jpm.v1i2.337

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    

 

Web Analytics

View My Stats