PENGENALAN DAN PELATIHAN PEMROGRAMAN DASAR BLOCKLY KEPADA SISWA SMA AL AZHAR 1, 2 DAN 3
Abstract
Abstrak
Teknologi komputer mempengaruhi setiap bidang kehidupan saat ini. ia masuk dan mengubah setiap bidang di dunia, mulai dari industri dan bisnis, transportasi, komunikasi, kesehatan, dan lain-lain. Setiap siswa memiliki kesempatan yang sama untuk mempleajari dan menguasai teknologi, belajar coding, menguasai algoritma, mempelajari bagaimana cara membuat aplikasi, bagaimana internet bekerja, dalam rangka memupuk kreativitas dan keterampilan menyelesaikan masalah (problem solving) yang akan sangat berguna bagi kehidupan mereka di masa depan. Program komputer/perangkat lunak atau software akan menjadi hal yang sangat penting, bahkan mungkin akan menjadi bahasa dunia ke depan. Tidak menguasai programming atau bahasa komputer di masa depan, akan sama efeknya dengan tidak bias baca tulis saat ini. Belajar ilmu komputer tidak hanya belajar tentang teknologi itu sendiri, namun juga belajar logika, penyelesaian masalah (problem solving), dan kreativitas. Oleh karena itu perlu adanya pengenalan dan pelatihan pemrograman untuk siswa sekolah untuk melatih kemampuan logika dan problem solving. Pelatihan pemrograman diberikan dalam bentuk simulasi Blockly berupa games yang menarik dan interaktif. Hasil dari pelatihan didapatkan bahwa siswa SMA peserta pelatihan merasa kegiatan ini sangat menarik dan bermanfaat dan dapat menambah pamahaman dan keterampilan mereka dalam hal IT dan penerapannya.
Kata kunci: Coding, Komputer, Pemrograman, TIK
Abstract
Computer technology affects every area of life today. he entered and changed every field in the world, starting from industry and business, transportation, communication, health, and others. Every student has the same opportunity to learn and master technology, learn coding, master algorithms, learn how to make applications, how the internet works, in order to foster creativity and problem solving skills that will be very useful for their lives in the future . Computer / software or software programs will be very important, maybe even become the world language in the future. Not mastering programming or computer language in the future, it will have the same effect as the current non-literacy. Learning computer science not only learns about technology itself, but also learns logic, problem solving, and creativity. Therefore there is a need for introduction and programming training for school students to practice logic and problem solving skills. Programming training is provided in the form of Blockly simulations in the form of interesting and interactive games. The results of the training found that high school students participating in the training felt this activity was very interesting and useful and could add to their understanding and skills in terms of IT and its application.
Keywords: Coding, Computer, Computer Science, Programming
Full Text:
PDFReferences
Code.org. (2017). Computer Science Principles. Diakses dari
https://curriculum.code.org/csp-1718 pada 21 Desember 2017
Code.org. (2017). More information, history, and philosophy.
United States. Diakses dari https://code.org/about pada 21
Desember 2017
Csizmadia, A. (2017). Computational Thinking: A Guide for
Teachers. Diakses dari http://community.computingatschool.
org.uk/files/8550/original.pdf pada 21 Desember 2017
We Are Social, LTD. (2017). Digital Social in 2017: Global
Overview. Diakses dari https://wearesocial.com/special-
reports/digital-in-2017-global-overview pada 13 November
World Economic Forum. (2018). Creative Disruption: The Impact of
Emerging Technologies on The Creative Economy. Diakses dari
http://www3.weforum.org/docs/39655_CREATIVE-
DISTRUPTION.pdf pada 13 November 2018
DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jpm.v1i1.331
Refbacks
- There are currently no refbacks.