Diseminasi Produk PkM Karya Inovatif Guru SMA Negeri 1 Bantul melalui Peningkatan Produktivitas dan Kompetensi Pembuatan Buku Bahan Ajar
Abstract
Abstrak
Program Diseminasi Produk PkM Karya Inovatif Guru di SMA Negeri 1 Bantul bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh para guru yakni kurangnya produktivitas di sekolah yang hanya terbiasa untuk mengajar tanpa melakukan aktivitas lainnya, salah satunya seperti menulis buku bahan ajar. Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kompetensi menulis di kalangan guru melalui pelatihan dan pendampingan penulisan buku. Kegiatan PkM dilaksanakan oleh dosen program studi pendidikan sosiologi, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan diikuti 20 guru dari SMA Negeri 1 Bantul. Metode yang digunakan meliputi edukasi, pelatihan, diskusi, dan demonstrasi dengan pendekatan Participatory Rural Appraisal (PRA). Hasil program menunjukkan bahwa 3 orang guru berhasil menyelesaikan buku, meskipun terdapat kendala seperti padatnya jadwal bekerja baik itu mengajar maupun membimbing siswa di sekolah dan kesulitan dalam menyusun sistematika bahan ajar. Program ini berhasil memotivasi guru untuk lebih produktif dan meningkatkan profesionalisme mereka. Evaluasi menunjukkan bahwa program ini memberikan dampak positif bagi guru, institusi, dan masyarakat luas.
Kata kunci: Diseminasi, Inovasi Guru, Kompetensi Menulis, PkM (Pengabdian kepada Masyarakat).
Full Text:
PDFReferences
Adnan, Kurnia, N., Muliana, & Aldi, S. (2023). Pelatihan Digitalisasi Asesmen Untuk Alumni Jurusan BiologI FMIPA UNM. Jurnal Abdi Negeriku, 2(2).
Arianti, A. (2019). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 12(2), 117–134. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.181.
Dwijaya, R. A., & Rigianti, H. A. (2024). Peran Guru dalam Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan Pada Siswa di Sekolah Dasar. NUSRA : Jurnal Penelitian dan Ilmu Pendidikan, 5(2), 509–522. https://doi.org/10.55681/nusra.v5i2.2524.
Firmadani, F. (2022). Strategi Pengembangan Kompetensi Profesional Guru Sekolah Menengah Atas. Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan, 3(2), 192–207. https://doi.org/10.21831/jump.v3i2.48045.
Hasan, M., Tahir, T., Ahmad, M. I. S., & Arisah, N. (2023). PKM Artikel Ilmiah Bagi Pendidik. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(9), 1783–1788. https://doi.org/10.59837/jpmba.v1i9.424.
Iksan, M., Rahim, A., Zariliani, W. O. Al, Azaluddin, Farisatma, & Zubair. (2023). Best Practice Kegiatan Penelitian: Penulisan Buku Ajar/Buku Referensi (Karya Ilmiah). Termasyhur : Jurnal Pengabdian Masyrakat, 1(1).
Muin, A. A., Kumala, S., & Karyadiputra, E. (2019). Pkms peningkatan kompetensi guru dan pengembangan perangkat pembelajaran berbasis it guna menunjang pelaksanaan kurikulum 2013 pada smp negeri 1 anjir pasar desa anjir pasar kota ii kec. anjir pasar kab. batola. Jurnal Al-Ikhlas, 5(1).
Muliana, G., Putri, dwi, dian, Adnan, Muis, A., & Arsal, F. A. (2024). Pelatihan Pemanfaatan Lingkungan Sekolah sebagai Sumber Belajar IPA – Biologi di MTS Arifah Gowa. Ininnawa : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1).
Nugraha, R. A., Khoiriyah, M., Fitri, J., Devina, A., & Sukmawati, E. (2023). Implementasi Participatory Rural Appraisal (PRA) Sebagai Media Penguatan Program PKH Desa Kadudampit Kecamatan Sukabumi. JISIP : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 7(2).
Saleh, I. T., Muhidin, M., Zakiah, Q. Y., Erihadiana, M., & Suhartini, A. (2021). Karakteristik, Proses Keputusan, Difusi, Diseminasi dan Strategi Inovasi Pendidikan. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(1), 11–21. https://doi.org/10.47467/reslaj.v4i1.453.
Sanjani, M. A. (2020). Tugas Dan Peranan Guru Dalam Proses Peningkatan Belajar Mengajar. Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), 35–42. https://doi.org/10.37755/sjip.v6i1.287.
Soleha, I. M., Normaida, N., Fitrina, R., Sabarun, S., Mulyadi, M., & Mahmudi, M. A. A. (2024). Pendampingan Belajar Membaca dan Menulis bagi Anak Sekolah Dasar Negeri 1 Desa Kameloh Baru Palangka Raya Kalimantan Tengah. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia, 6(2), 85. https://doi.org/10.36722/jpm.v6i2.2605.
Sukendra, I. K., Fridayanthi, P. D., Puspawati, G. A.
M., & Ekasriadi, I. A. A. (2022). PKM. SMA Negeri 8 Denpasar dalam Meningkatkan Kapasitas Penulisan Karya Ilmiah SDM Guru. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Widya Mahadi, 2(2), 17–25. https://doi.org/10.59672/widyamahadi.v2i2.1952.
Wahyudin, A., Yanto, H., Sari, M. P., Nurkhin, A., & Budiantoro, R. (2024). Pemberdayaan Guru SMKN 1 Demak Melalui Program Guru Menulis Guna Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia, 6(2), 90. https://doi.org/10.36722/jpm.v6i2.2137.
Zikriana, L. & Sharfina. (2023). Pendampingan Guru Melalui Kegiatan Penyuluhan Terhadap Laboratorium Virtual Berbasis PhET. Rambideun : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 157–164. https://doi.org/10.51179/pkm.v6i2.1666.
Zulyetti, D. (2022). Inovasi dan Strategi Guru IPA di SMK Menghadapi Kendala dalam Pembelajaran Online di Masa Pandemi COVID-19. BIOEDUSAINS:Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, 5(1), 245–254. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v5i1.3855.
DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jpm.v7i1.3209
Refbacks
- There are currently no refbacks.