Penyuluhan Pentingnya Menabung Sejak Dini pada Generasi Z di Al Fityan School Tangerang

Zulfah Zulfah, Syurmita Syurmita, Sari Anggraini

Abstract


Generasi Z mereka tumbuh dalam era digital dengan akses mudah ke teknologi dan informasi. Namun, dalam perkembangan ekonomi yang semakin kompleks, peran penting menabung sejak dini tidak boleh diabaikan. Penyuluhan tentang pentingnya menabung sejak dini pada generasi Z menjadi esensial dalam mengarahkan mereka menuju stabilitas finansial dan kemandirian. Menabung merupakan kegiatan menyisihkan sebagian uang yang kita miliki untuk disimpan dengan berbagai macam tujuan yang ada. Menabung bukan hanya tindakan ekonomi, tetapi juga pembelajaran nilai-nilai penting seperti disiplin, tanggung jawab, dan perencanaan. GNRM (Gerakan Nasional Revolusi Mental) Universitas Al Azhar Indonesia melakukan penyuluhan mengenai pentingnya menabung sejak dini pada generasi Z. Para siswa kelas 6 Al Fityan School Tangerang sudah mulai memahami dengan pentingnya menabung sejak dini. Oleh karena itu, adanya kegiatan ini diperlukan dengan tujuan untuk meningkatkan minat menabung pada anak. Metode yang dilakukan adalah dengan kegiatan sosialisasi dan pendampingan. Setelah kegiatan dilaksanakan memberikan dampak positif dan peningkatan atas pemahaman pada siswa peserta penyuluhan betapa pentingnya menabung sejak dini dan mengapa kita harus melakukan menabung. Terlihat para peserta sangat antusias dan merespon secara positif terkait topik tersebut. 

Kata kunci: Menabung, Generasi Z, Keuangan, Gerakan Nasional Revolusi Mental


Full Text:

PDF

References


Abinowi, Egi. (2022). Bonus Demografi & Memahami Generasi Z Indonesia https://komunita.widyatama.ac.id/11146/

Angelista, F. D., Nuralifah, A., Nur, A., Shaputra, H., Halim, H., Pebriani, R. A., & Asharie, A. (2023). Literasi Menabung Pada Anak Sejak Dini di SD Negeri 5 Lembak di Desa Kemang. Communnity Development Journal, 4(3), 6526–6530. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/39272/37669

Hukubun, R. D., Rante, G. A., Titirloloby, J., Sitaniapessy, G., Huwae, L. M. C., Ruban, A., & Manuputty, G. D. (2023). Sosialisasi Gemar Menabung Sejak Dini pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Ambon. Sejahtera: Jurnal Inspirasi Mengabdi Untuk Negeri, 2(3), 103-111.

Laturette, Kazia., dkk (2021). Literasi Keuangan Pada Generasi Z, Jurnal Pendidikan Akuntansi Volume 9, Nomor 1, 2021 P-ISSN 2337-6457.

Pohan, H. L. M., Suroso, P. C., Pattiwael, J. F., & Fordian, D. (2014). Perilaku menabung kelompok masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di perkotaan dan perdesaan: sebuah kajian awal. Research Report-Humanities and Social Science, 2.

Rakhmah, D. N. (2021). Gen Z Dominan, Apa Maknanya bagi Pendidikan Kita? Retrieved from https://puslitjakdikbud.kemdikbud.go.id/produk/artikel/detail/3133/gen-z-dominan-apa-maknanya-bagi-pendidikan-kita

Setiawan, R. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Minat Menabung (Studi Pada Mahasiswa STIA YPPT PRIATIM Tasikmalaya Tahun Akademik 2017/2018). JAK PUBLIK (Jurnal Administrasi & Kebijakan Publik), 1(1), 79–85.




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jpm.v6i1.2711

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    

 

Web Analytics

View My Stats