Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Pembuatan Usaha Donat Singkong di Kampung Cahaya Setiabudi, Jakarta Selatan

Asep Maksum, Aisyah Arsyad, Diaz Amarasuli, Adli Faritz Muzakki Permana

Abstract


Ibu-ibu di Kampung Cahaya, Jakarta merupakan kaum marginal yang tidak mempunyai penghasilan tetap dan rentan terhadap kemiskinan. Lokasi Kampung Cahaya berada di sekitar perkantoran Kasablanka dengan banyak karyawan yang membutuhkan makanan untuk jajanan atau cemilan. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberdayakan Ibu-Ibu Kampung Cahaya dengan melatih pembuatan, pemasaran dan analisis usaha donat singkong. Inovasi dalam bahan baku pembuatan produk donat telah banyak dilakukan oleh masyarakat. Singkong adalah jenis tumbuhan umbi-umbian yang banyak dijual di pasar daerah Jakarta. Pengolahan donat dari singkong merupakan inovasi produk sebagai bahan pengganti tepung terigu yang mengandung gluten. Usaha donat berbahan singkong masih jarang dilakukan oleh para usaha sejenis dalam makanan. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah melalui sosialisasi produk donat singkong dan potensi usahanya. Selain itu dilakukan pelatihan pembuatan produk, dan teknik pemasaran melalui Whatsapp, serta pendampingan dalam usaha donat. Hasil yang didapatkan kegiatan pengabdian masyarakat ini memberikan manfaat bagi Ibu-Ibu untuk membuat usaha donat singkong secara berkelanjutan dengan sistem pre-order dari warga sekitar.

Kata kunci: Donat Singkong, Teknik Pengolahan Singkong, Analisis Usaha.

 


Full Text:

PDF

References


Aurellia (2022). "Cara Memulai Usaha Donat Rumahan dan Tips Jualannya" terdapat dalamhttps://finance.detik.com/solusiukm/d6293855/cara-memulai-usaha donatrumahan-dan-tips-jualannya.

Isnawati, S.I., Ari E.B., Fitri D.J. (2022). Pelatihan Fotografi Produk untuk Pemasaran Digital Menggunakan Teknik Lifestyle Photography. Bakti Humaniora, 2(1), 1-11.

Lestari, P.A. (2020). Pelatihan Teknik Fotografi Menggunakan Smart Phone untuk Meningkatkan Nilai Produk Hasil Kerajinan Tangan di Yayasan Kasih Peduli Anak Kota Denpasar

Kompasiana (2018). "Program Kuliah Kerja Nyata, "Pengolahan Singkong menjadi Donat Singkong"", terdapat dalam https://www.kompasiana.com/yesiyunita/5c139f0a6ddcae167d5d1977/programkuliah-kerja-nyata-pengolahan-singkong-menjadi-donat-singkong.

Kotler, P & Keller. (2016). Marketing Management. Pearson: Prentice Hall

Moriansyah, L. (2015). Pemasaran Melalui Media Sosial: Antecedents and Consequences. Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik, 187

Muliawan, K.D., & Pradnyanita, A.A.S.I. (2021). Analisa Teknik Fotografi dalam Tren Food Photography. Jurnal Nawala Visualm 3(1), 40-46.

Mulyani, S., Gunawan, B., & Nurkamid, M. (2021). Pelatihan Perhitungan Harga Pokok Produksi Bagi UMKM Kabupaten Pati. Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(02), 181-187.

Nugraha, H. S., & Ariyanti, F. (2017). Penerapan Branding Pada UKM Makanan Ringan Di Kabupaten Jepara. Jurnal Administrasi Bisnis, 6(1), 16-23.

Putri (2022). Para Pemulung Cahaya: Potret Pekerja Perempuan dan Kerja Perawatan Tak Berbayar di Jakarta terdapat dalam https://islambergerak.com/2022/02/pekerja-perempuan-di-jakarta-kisah-kisahpemulung-Cahaya.

Saptiyono, A., Erika D.S.W., & Kharisma A.F. (2021). Pelatihan Fotografi Produk bagi UMKM Kelurahan Gebangsari. Jurnal Tematik, 3(1), 6-10.

Yogi Ardi (2019). Potret Kampung Pemulung di Kampung Cahaya Menteng Pulo (2), terdapat dalam https://visual.republika.co.id/berita/q2n7t4314/potret-kampungpemulung-dikampung-Cahaya-menteng-pulo-2.

Yudianto, A., & Nurhidayati, A. (2021). Pengembangan Manajemen Usaha dan Analisa Kemampulabaan IKM Donat Gincu Cake dan Bakery Jatibarang. J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(3), 357-382




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jpm.v6i1.2696

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    

 

Web Analytics

View My Stats