Peningkatan Kualitas Siswa Melalui Pelatihan Motivasi Belajar, Bahasa Inggris dan Matematika di Yayasan Mitra Arofah

Abdullah Muttaqin Bayhaqi, Abyan Fahlevi, Aditya Ihsan Hafid, Aisyah Afni Ramadhan, Dewi Syafira, Dian Perdana Putri Rahmadani, Eilen Endah Nugrahsari, Dwi Rukma Santi

Abstract


Motivasi belajar diartikan sebagai keseluruhan daya penggerak psikis dalam peserta didik yang menimbulkan kegiatan belajar demi mencapai suatu tujuan. Seorang peserta didik akan bisa belajar dengan baik apabila ada faktor pendorongnya yaitu motivasi belajar. Oleh karena itu, penting bagi peserta didik untuk memiliki motivasi belajar tinggi, agar dapat belajar dengan sungguh-sungguh. Namun, motivasi belajar tersebut akan bekerja dengan lebih cepat jika ada faktor penggerak dari luar, seperti melalui pemberdayaan dan psikoedukasi. Kegiatan pemberdayaan ini bertujuan untuk menambah pemahaman siswa mengenai pentingnya memiliki motivasi belajar dalam kegiatan pembelajaran dan mempercepat daya kerja motivasi belajar. Selain itu, fasilitator juga memberikan kegiatan pendampingan belajar intensif untuk mata pelajaran Bahasa Inggris dan Matematika. Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari pada hari sabtu dan minggu, tanggal 15, 21, dan 22 Oktober 2023 di Panti Asuhan Yayasan Mitra Arofah dengan jumlah partisipan 10 Orang siswa SMP kelas 8-9. Pemberdayaan ini menggunakan metode Community Based Research (CBR) dengan tahapan peletakan dasar, perencanaan penelitian, pengumpulan dan analisis data, serta aksi atas temuan. Hasil pemberdayaan melalui rata-rata pre- test (7,6) dan post-test (14,5) menunjukkan peningkatan pengetahuan antara sebelum dan sesudah kegiatan pemberdayaan.

Kata Kunci: Peningkatan Kualitas Siswa, Motivasi Belajar, Community Based Research.


Full Text:

PDF

References


Ahmadun. (2022). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Melalui Palem Materi Tugas Dan Wewenang Lembaga Negara Peserta Didik Kelas Ix Mtsn 3 Demak. Edutrained: Jurnal Pendidikan Dan Pelatihan.

Andjarwati, T. (2015). Motivasi dari Sudut Pandang Teori Hirarki Kebutuhan Maslow, Teori Dua Faktor Herzberg, Teori X Y Mc Gregor, dan Teori Motivasi Prestasi Mc Clelland. Jmm17, 2(01). https://doi.org/10.30996/jmm17.v2i01.422

Cherry, K. (2020). The Arousal Theory of Motivation.

Datu, A. R., Tumurang, H. J., & Sumilat, J. M. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(2), 3(2), 524–532.

Fitriani, L. i. (2022). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Journal of Math Tadris, 2(2), 125–140. https://doi.org/10.55099/jurmat.v2i2.62

Handayani, L. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning pada Masa Pandemi Covid-19 bagi Siswa SMP Negeri 4 Gunungsari. Jurnal Paedagogy, 7(3), 168. https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2726

Hesbi, & Wahrini, R. (2023). Pelatihan Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Metode Ice Breaking di SDN 32 Bacukiki, Pare Pare, Sulawesi Selatan. Welfare Jurnal Pengabdian Masy.

Hidayat, D. R. S. (2020). Pengaruh Pemberian Pelatihan Motivasi Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Di Smk Pariwisata Telkom Bandung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi).

Hidayati, R., Triyanto, M., Sulastri, A., & Husni, M. (2022). Faktor Penyebab Menurunnya Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SDN 1 Peresak. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 1153–1160. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.3223

Hikmah, S. N., & Saputra, V. H. (2023). Korelasi Motivasi Belajar dan Pemahaman Matematis terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-M5, 3(1), 42–57.

Koto, L. (2013). Motivasi Dalam Belajar.

Nurfaliza, N., & Hindrasti, N. E. K. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Daring. Tunjuk Ajar: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 4(1), 96. https://doi.org/10.31258/jta.v4i1.96-107

Rahmah, M. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Make a Match Mutia Rahmah.

Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Merdeka Belajar, November, 289–302.

Rismawati, N., & Kadarisma, G. (2019). Analisis motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa smp. On Education, 01(02), 491–496.

Safari, M. Z., & Ramadhan, M. A. (2019). Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pelatihan Otomotif sepeda Motor Di Lkp Tunas Muda. Jurnal Comm-Edu.

Siregar, E., & Nara, H. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran. Ghalia Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jpm.v6i2.2642

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    

 

Web Analytics

View My Stats