Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat (PKM) Pengembangan Desa Wisata Edukatif Berbasis Web Virtual Tour Experience dan Aplikasi Pintar di Desa Sedang Kecamatan Abiansemal Bali

Jati Paras Ayu, AA Istri Putri Dwijayanti, Rani Chandra Oktaviani

Abstract


Abstrak 

Desa Sedang merupakan salah satu desa wisata yang terletak pada kecamatan Abiensemal, kabupaten Badung, dimana desa tersebut sebelumnya merupakan desa perbatasan dan baru akan diangkat menjadi desa wisata. Berdasarkan hasil tinjauan, observasi, dan FGD dengan pihak desa terdapat beberapa permasalahan yang dihadapi, khususnya sejak ditetapkan sebagai desa wisata. Permasalahan pertama adalah Desa Sedang belum mengangkat diferensiasi sebagai desa agriculture, jika dibanding dengan desa wisata agriculture lainnya di Bali, sehingga tingkat kunjungan wisata pun sangat minim. Permasalahan lainnya adalah Desa Sedang tidak memiliki kemampuan dalam mengelola promosi digital yang mampu menggiring wisatawan untuk datang ke Desa Sedang. Tujuan pemberdayaan kemitraan masyarakat yang pertama yang akan dilaksanakan adalah membantu rancangan diferensiasi Desa Sedang sebagai desa wisata edukatif melalui banyaknya ragam tanaman agriculture pada Desa Sedang yang diharapkan dapat menjadi nilai tambah kompetitif sekaligus meningkatkan potensi kunjungan wisatawan dengan menyasar target wisatawan yang lebih luas. Tujuan kedua pemberdayaan kemitraan masyarakat ini adalah membantu dalam memberikan inovasi promosi digital melalui keterampilan dalam membuat promotion based on real story telling sehingga dengan keterampilan ini pengelola wisata, Desa Sedang mampu melakukan promosi digital dengan lebih aktif, kreatif dan berkelanjutan. 

Kata kunci: Aplikasi Pintar, Desa Wisata, Virtual Tour, Website.


Full Text:

PDF

References


Ayu, Jati Paras, Vitha O, F Hakim. (2023). The Role of Tanamera Coffee Bali in the Implementation of Sustainable Tourism. DOI: http://dx.doi.org/10.35760/dimedcom.2023.v2i1.8298.

Baiquni, M., Damanik, J., Rindrasih. (2014). Ecotourism Destinations In Archipelago Countries. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.

Baswarani, DT. (2021). Virtual tour sebagai alternatif dan media promosi pariwisata. Vol. 1 No.19 Journal Warta Pariwisata. Institut Teknologi Bandung. 2021. https://doi.org/10.5614/wpar.2021.19.1.04.

Buangam, P. (2022). Mobile Application Development for Management of information System of Agrotourism activities and attraction with YII Framework. Vol. 16 No. 20. International Journal of Interactive Mobile Technologies. https://doi.org/10.3991/ijim.v16i20.34419.

Fatma, Y. Hayami. R. AB. YK. (2019). Rancang bangun virtual tour reality sebagai media promosi pariwisata di provinsi riau. Vol 9 No 3. Jurnal Fasilkom. https://doi.org/10.37859/jf.v9i3.1666.

Kurniasari, K. K., Ayu, J. P. ., & Octavanny , V. (2022). Understanding Tourists’ Motivation in Virtual Tour. International Journal of Applied Sciences in Tourism and Events. https://doi.org/10.31940/ijaste.v6i1.31-41.

Li Chunling, Niu Ben. (2020). Design of Smart Agriculture Based on Big Data and internet of Things. International Journal Distribution sensor. https://doi.org/10.1177/15501477209170.

Machmury, A. (2023). Storynomic Tourism Strategy: Promotion of Storytelling-based Tourism Destination.Vol. 1 No. 1. Journal of Tourism. DOI: https://doi.org/10.37276/sjt.v1i1.232.

Ni Komang Dharma Yanti. (2016). Studi Potensi Subak Tanah Yeng Sebagai Kawasan Agrowisata di Desa Sedang, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung. https://doi.org/10.24843/JAL.2016.v02.i02.p06.

Pengelola Official Website Desa Sedang. (2021) Sejarah Desa Sedang. https://desasedang.badungkab.go.id/.

Petroman, I. MC. (2016). Agrotourism : an Educational tool for the students with agro food profile. International Proceeding: Procedia Economic and Finance. doi: 10.1016/S2212-5671(16)30244-1. 2016. DOI:10.1016/S2212-5671(16)30244-1.

Prasetya, DD. (2011). Aplikasi Virtual Tour berbasis Web sebagai media promosi pariwisata. International Conference: Electrical, Informatics and Education. https://www.researchgate.net/publication/317082651_Aplikasi_Virtual_Tour_Berbasis_Web_Sebagai_Media_Promosi_Pariwisata.

Ramdhan, Syaipul. RT. O.K.N. (2022). Promotion Media Application with android based virtual tour Technology. Vol. 12. No. 2 Journal Sisfotek Global. DOI: http://dx.doi.org/10.38101/sisfotek.v12i2.553.

Setiawan, Budi. (2017). Sustainable Tourism Development: the Adaptation and Resilience of the Rural Communities in (the Tourist Villages of) Karimunjawa, Central Java. DOI: 10.23917/forgeo.v31i2.5336.

Sitepu, Edy Sahputra. (2021). Implementation of Sustainable Tourism Development of Tourism Villages in Langkat Regency. DOI: http://dx.doi.org/10.31940/ijaste.v5i2.176-189 .

Wayan Windia. (2015). Sosialisasi Subak Sebagai Warisan Budaya Dunia Kepada Siswa Smu Di Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Vol.4, No.5. 2015. http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/25860




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jpm.v6i3.2617

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    

 

Web Analytics

View My Stats