Pendampingan Belajar Membaca dan Menulis bagi Anak Sekolah Dasar Negeri 1 Desa Kameloh Baru Palangka Raya Kalimantan Tengah

Indri Mardiyatus Soleha, Normaida Normaida, Rahimatul Fitrina, Sabarun Sabarun, Mulyadi Mulyadi, Muhammad Abdul Alwi Mahmudi

Abstract


Kegiatan program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk membantu guru dalam pendampingan belajar guna mencerdaskan anak bangsa. Terdapat beberapa peserta didik di kelas V dan VI menunjukkan kemampuan membaca dan menulis yang masih rendah. Akibat kesulitan membaca dan menulis, peserta didik mengalami keterlambtan dalam menerima pelajaran dibandingkan dengan pesera didik lainnya. Akhirnya dibuatlah strategi khusus yaitu dengan memberikan jam belajar tambahan di akhir pelajaran sekolah. Metode kegiatan dalam program pengabdian masyarakat ini meliputi observasi, sosialisasi, pendampingan, dan evaluasi. Kegiatan awal yang dilakukan yaitu mendata peserta didik yang mengalami kesulitan membaca dan menulis. Didapatkan sebanyak 8 anak. Selanjutnya dilakukan pendampingan belajar membaca dan menulis setelah jam pelajaran selesai (jam pulang). Hasil kegiatan program pengabdian kepada masyarakat ini mengungkapkan bahwa kegiatan berupa pendampingan belajar membaca dan menulis dapat memberikan dampak yang positif bagi anak yang mengalami kesulitan dalam kemampuan tersebut. Pendidikan usia dini (usia TK) dan faktor lingkungan sangat berpengaruh untuk meningkatkan literasi anak (peserta didik).

Kata kunci: Pengabdian Masyarakat, Pendampingan Belajar, Membaca dan Menulis.


Full Text:

PDF

References


Chandra, C., Mayarnimar, M., & Habibi, M. (2018). Keterampilan Membaca dan Menulis Permulaan Menggunakan Model VARK untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, Query date: 2022-12-21 11:51:51. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jippsd/article/view/100050

Chandra, C., Rahman, R., Damaianti, V. S., & Syaodih, E. (2021). Krisis Kemampuan Membaca Lancar Anak Indonesia Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Basicedu, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.848

Damaianti, V. S., Abidin, Y., & Rahma, R. (2020). Higher order thinking skills-based reading literacy assessment instrument: An Indonesian context. Indonesian Journal of Applied Linguistics, 10(2), Article 2. https://doi.org/10.17509/ijal.v10i2.28600

Dayu, D. P. K., & Anggrasari, L. A. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Big Book Writing terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia Siswa Kelas 5 SD Negeri 1 Pilangbango Madiun. Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 9(1), 21–32. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v9i1.114

Fitriani, Y., & Aziz, I. A. (2019). Literasi Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia (SENASBASA), 3(1), Article 1. https://doi.org/10.22219/.v3i1.2592

Hilaliyah, T. (2016). Kemampuan Membaca Anak Usia Dini. Jurnal Membaca Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.30870/jmbsi.v1i2.2734

Ita, E., Wewe, M., & Go.o, E. (2020). Analisis Perkembangan Kemampuan Bahasa Anak Kelompok A Taman Kanak-Kanak. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 174–186. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v3i2.7317

Khotimah, A. K. (2016). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Berdasarkan Taksonomi Barret Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri Gugus Dwija Harapan Kecamatan Mijen [Other, Universitas Negeri Semarang]. http://lib.unnes.ac.id/28507/

Nurlaeni, N., & Juniarti, Y. (2017). Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Kemampuan Bahasa Pada Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Pelita PAUD, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v2i1.196

Puspita, R. D., & Rahman `. (2017). A Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Berbantuan Pembelajaran Tematik Terpadu Bernuansa Model Interactive-Compensatory. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.23969/jp.v2i2.557

Putra, P. A. (2020). Mengembangkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini Dengan Multimedia Interaktif. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.36456/incrementapedia.vol2.no02.a3016

Rahim, F. (2019). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar (Ed. 2 Cet. 5). Bumi Aksara.

Sardila, V. (2016). Strategi Pengembangan Linguistik Terapan Melalui Kemampuan Menulis Biografi Dan Autobiografi: Sebuah Upaya Membangun Keterampilan Menulis Kreatif Mahasiswa. An-Nida’, 40(2), Article 2. https://doi.org/10.24014/an-nida.v40i2.1500

Sarika, R. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V Di Sd Negeri 1 Sukagalih. caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(2), 49–56. https://doi.org/10.31980/caxra.v1i2.1437

Silvia, O. W., & Djuanda, D. (2017). Model Literature Based Dalam Program Gerakan Literasi Sekolah. Mimbar Sekolah Dasar, 4(2), 160–171. https://doi.org/10.53400/mimbar-sd.v4i2.7799

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927

Susilo, S. V., & Garnisya, G. R. (2018). Penerapan Model Multiliterasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. 4(2).

Utari, L., Destiniar, D., & Syahbana, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Jucama Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau Dari Self Efficacy Siswa Smp. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.31851/indiktika.v3i1.5024




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jpm.v6i2.2605

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    

 

Web Analytics

View My Stats