Pemberdayaan Desa Suci Sebagai Desa Wisata Mandiri Berbasis Digital Virtual

Resha Dwi Ayu Pangesti Mulyono, Hendrawan Santosa Putra, Andriana Andriana, Taufik Kurrohman

Abstract


Desa Suci merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Panti, Kabupaten Jember yang terletak kurang lebih 14 km dari pusat kota Jember. Desa Suci menyuguhkan potensi alam yang melimpah sehingga desa ini memiliki salah satu air terjun terbaik di Kabupaten Jember, yakni Air Terjun Tancak. Selain itu, kreativitas dan keuletan para pengrajin aluminium yang berada di Desa Suci nyatanya dapat berpotensi menjadikan Desa Suci memiliki industri kreatif unggul. Pada survei pendahuluan yang dilakukan oleh tim, didapati bahwa terdapat ketidakoptimalan dalam mengembangkan branding desa, padahal memiliki potensi unggul untuk dikembangkan. Pengabdian ini bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif lokal dengan memaksimalkan kegiatan promosi visual sebagai branding Desa Suci. Tahapan pengabdian desa binaan ini dimulai dari tahap pemetaan digitalisasi untuk desa wisata dan potensi unggulan desa lainnya, kemudian peningkatan kompetensi dan kapabilitas SDM agar kegiatan branding melalui media digital dapat maksimal dan dapat menjadikan Desa Suci sebagai icon desa mandiri di Kabupaten Jember dari segi pariwisata dan ekonomi lokal kreatif. Hasil dari kegiatan pengabdian ini yakni terciptanya integrasi antar informasi potensi unggulan desa baik dari segi pariwisata maupun dari segi ekonomi kreatif lokal yang dilakukan dengan revitalisasi media digital yang dimiliki desa (website dan media sosial).

Kata Kunci: Ekonomi, Desa Wisata, Promosi Wisata, Website.


Full Text:

PDF

References


Anshar, A., Batubara, & Rima.P. (2019). Analisis Penerapan prinsip Ekowisata Di Kebun Raya Bogor. Bogor Hospitality Journal, 1-8.

Batubara, & Rima.P. (2020). Strategi Pengembangan Oukup Sebagai Ekowisata Kesehatan Kabupaten Karo. Jurnal Ilmiah Pariwisata, 121-132.

Ernatita, & dkk. (2020). Pemanfaatan Website dan Teknologi Sistem Informasi Sebagai Upaya Peningkatan Manajemen dan Media Promosi Potensi Pengrajin Songket Desa Limbang Jawa Kecamatan Tanjung Batu Ogan Ilir, Sumatera Selatan. Jurnal Pengabdian Sriwijaya, 351-355.

Indika, D., & Jovita, C. (2020). Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi Untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen. Jurnal Bisnis Terapan, 25-31.

Kemensetneg, (2019, April 9). Pariwisata, Lokomotif Baru Penggerak Ekonomi Indonesia. Retrieved from Kementerian Sekretariat Negara Republic Indonesia: https://www.setneg.go.id/baca/index/pariwisata_lokomotif_baru_penggerak_ekonomi_indonesia

Panjaitan, D. (2017). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Buku Anak-anak berbasis Web. Bogor, Jawa Barat: AMIK Bina Sarana Informatika Bogor.

Sari, D. (2018). Apakah Ada Peranan Aktivitas Wisata Dalam peningkatan Ekonomi Daerah Di Kota Bogor? Barista: Jurnal Kajian Bahasa dan Pariwisata, 12-22.

Sari, D. (2019). Motivation towards Inbound Tourism: A study Middle Fast Tourist. E-Journal Of Tourism , 235-251.

Taghulihi, K., & dkk. (2019). Pengembangan Ekowisata Sebagai Sektor Unggulan Kota Manado (Studi Kasus Obyek Wisata Bunaken). Jurnal Berkala Ilmiah, 7-12.

Tunggala, S., & Saadjad, K. (2019). Strategi Komunikasi Pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dalam Mempromosikan Objek Wisata Kabupaten Banggai. Jurnal Komunikasi, 197.




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jpm.v6i2.2285

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    

 

Web Analytics

View My Stats