Optimalisasi Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial bagi UMKM Kopi Dadaman Desa Citaman Banten

Fadhilah Fadhilah, Diqbal Satyanegara, Widya Nur Bhakti Pertiwi

Abstract


UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) merupakan salah satu pilar perekonomian Indonesia yang memiliki kontribusi besar terhadap PDB nasional. Kopi Dadaman merupakan salah satu UMKM yang memiliki potensi besar di Desa Citaman  Kecamatan Ciomas, Kabupaten Serang, Provinsi Banten. Kopi Dadaman yaitu produk kopi robusta yang diproduksi menggunakan biji kopi yang langsung ditanam di desanya. Namun, banyak kendala yang dihadapi oleh para pelaku UMKM Kopi Dadaman, diantaranya yaitu produk yang dimiliki belum menjangkau pasar luas karena belum mengoptimalkan media sosial sebagai alat pemasarannya. Padahal, media sosial telah terbukti dapat mempengaruhi konsumen dalam proses keputusan pembelian. Tujuan dari program pengabdian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan para pelaku UMKM Kopi Citaman, khususnya yaitu dalam menggunakan media sosial Instagram dan WhatsApp Business sebagai alat pemasaran untuk menjangkau pasar lebih luas dan meningkatkan penjualan produk. Whatsapp dan Instagram dipilih karena merupakan media sosial yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian ini adalah dengan memberikan pelatihan pengelolaan aplikasi WhatsApp Business dan pelatihan pengelolaan media sosial Instagram. Luaran yang dihasilkan dalam program pengabdian ini adalah akun Instagram Business dan WhatsApp Business dari Kopi Dadaman serta keterampilan para pelaku usahanya dalam pengelolaan fitur-fitur pada kedua media sosial tersebut untuk meningkatkan penjualan.

Kata kunci: UMKM, Instagram, Whatsapp Business, Kopi


Full Text:

PDF

References


Arianto, B. (2020). Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis, 6(2), 233–247.

Dennis, D. (2014). Successfully Social: A Nonprofit’s Guide to Modern Social Media Marketing. Senior Honours Thesis, 1–32. https://digitalcommons.liberty.edu/honors/454/

Febriana, K. A., Setyowati, R. M., & Indainanto, Y. I. (2022). Peningkatan Keterampilan Penggunaan WhatsApp Business Sebagai Marketing Komunikasi Digital Dalam Meningkatkan Usaha Sentra Industri Tas Di Desa Truko, Kabupaten Kendal. Literasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 2(2), 1235–1242. https://doi.org/10.58466/literasi.v2i2.484

Jannah, R. (2023). Utilization Of Whatsapp Business In Marketing Strategy To Increase The Number Of Sales Through Direct Interaction With Customers. Syntax Idea, 5(4), 149–200.

Undang-Undang RI No.12/2012 tentang Pendidikan Tinggi, Undang Undang 18 (2012).

Pertiwi, W. N. B. (2023). Pengaruh Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Produk Umkm Kota Serang. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting, and Research, 7(2), 1–9. https://doi.org/10.52362/jisamar.v7i2.766

Priambada, S. (2017). Potensi Media Sosial bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Malang Raya. Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia, November, 2–7.

Ramadhani, S. E., Supangkat, D. A., & Febrianita, R. (2022). Pemanfaatan Instagram Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Umkm Pada Masa Pandemi. Sawala : Jurnal Pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa Dan Masyarakat, 3(1), 47. https://doi.org/10.24198/sawala.v3i1.35094

Rasyid, M. N., Nasrullah, N., & Sumarni, S. (2021). Pengaruh Strategi Pemasaran Online Terhadap Minat Beli Konsumen Di Kota Makassar (Studi Kasus Toko Ramadhan Stationery). Ar-Ribh : Jurnal Ekonomi Islam, 4(1), 100–110. https://doi.org/10.26618/jei.v4i1.5217

Saputra, G. G., & Fadhilah, F. (2020). The Influence of Live Streaming Shopping on Purchase Decisions through Customer Engagement on Instagram Social Media. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal) : Humanities, 5(2), 12126–12137.

Wally, E., & Koshy, S. (2014). The use of Instagram as a marketing tool by Emirati female entrepreneurs: an exploratory study. Journal of Human Stress, 4(3), 2. https://doi.org/10.1080/0097840X.1978.9934988

We are Social. (2023). We are Social Digital 2023: Indonesia. We Are Social Digital 2023. https://wearesocial.com/id/blog/2023/01/digital-2023/




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jpm.v6i1.2268

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    

 

Web Analytics

View My Stats