Pelatihan Pembelajaran Literasi Bahasa Asing Melalui Aktivitas Mentoring untuk Siswa Sekolah Dasar di Desa Sukorejo, Lamongan

Rohmatul Fitriyah Dewi, Darini Yusrina Abidah, Nola Riwibowo, Nur Sanif Yusuf Habib Rizki, Fita Aninda Sari

Abstract


Pengembangan literasi dini bukanlah sebuah konsep baru dalam ranah pendidikan. Literasi bahasa adalah salah satu keterampilan yang dapat dikembangkan seiring berjalannya waktu. Namun, praktik literasi di lingkungan sekolah pedesaan tidak mencerminkan bagaimana bahasa dikembangkan dengan baik sebagai salah satu cara untuk mengakses wawasan yang lebih baik. Diantara banyak bahasa lainnya, baik bahasa Inggris maupun bahasa Arab dipilih sebagai bahasa yang paling berpengaruh dalam penggunaan komunikasi pendidikan. Untuk menghadapi hal tersebut, pengembangan diri pada anak usia dini, khususnya siswa sekolah dasar, memerlukan lebih banyak latihan dalam beradaptasi dan pembiasaan penggunaan bahasa. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk memperkenalkan konsep literasi bahasa asing, termasuk bahasa Inggris dan bahasa Arab melalui kegiatan pendampingan. Proyek pengabdian masyarakat ini bertempat di Sukorejo, Kecamatan Karangbinangun, Lamongan. Tempatnya di SDN Sukorejo, MI Sukorejo, dan TPQ Sukorejo. Hasil kegiatan menyatakan bahwa cakupan bantuan literasi bahasa mencakup literasi bahasa Inggris (permainan kosakata, bercerita, dan membaca cerita) dan literasi bahasa Arab (literasi maktab) (taqdimul-qishoh dan bimbingan baca tulis Al-Quran). Dapat dikatakan bahwa siswa melihat peningkatan yang cukup besar dalam perkembangan bahasa asing.

Kata kunci: Literasi Bahasa Inggris, Literasi maktab, Usia dini


Full Text:

PDF

References


Harris, P., et al. (2020). Children's Multilingual Literacy: Fostering Childhood Literacy in Home and Community Settings. Singapore: Spring Nature Singapore.

Sheridan, et al.. (2015). Foundational Aspects of Family-School Partnership Research. New York: Springer International Publishing.

Carroll, C. J. (2013). The Effect of Parental Literacy Involvement and Child Reding Interest on the Development of Emergent Literacy Skills. The University of Wisconsin.

Topping, K. & Wolfendale, S. (2017). Parental Involvement in Children's Reading. UK: Taylor and Francis.

Detik.com. (2021). 6 Literasi Dasar yang Perlu Dikuasai Anak agar Sukses di Masa Depan Halaman all - Kompas.

Friesem, Y. (2015). Book Review: Children, Film and Literacy. Journal of Media Literacy Education, 7(2), 91–94.

Livingstone, S. (2013). Children and Internet. Amsterdam: Polity Press.

Hannon, P. (2013). Literacy Home and School: Research and Practice in Teaching Literacy with Parents. Falmer Press.

Jelimun, O., Beda, R., & Ekalia, Y. J. (2023). Pendampingan Literasi terhadap Siswa Kelas IV SDN 1 Ruteng Anam : Big Book , Skimming , and Scanning Method Literacy Assistance for Fourth Grade Students at SDN 1 Ruteng Anam : Big Book , Skimming , and Scanning Method. 7(1), 177–186.

Kemendikbud. (2016). City University of Seattle. In Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan membentuk kelompok kerja Gerakan Literasi Nasional untuk mengoordinasikan berbagai kegiatan literasi yang dikelola unit-.

Gee, J.P. (2014). Literacy and Education. UK: Taylor and Francis.

Muttaqin, M.F. & Rizkiyah, H. (2022). Efektifitas Budaya Literasi dalam Meningkatkan Keterampilan 4C Siswa Sekolah Dasar. Dawuh Guru. Jurnal Pendidikan MI/SD. Vol. 2 No. 1 Februari 2022. DOI: https://doi.org/10/35878/guru/v2.il.342.

Street, B. (2013). Applying Earlier Literacy Research in Iran to Current Literacy Theory and Policy. Iranian Journal of Society, Culture and Language, 1(1). https://doi.org/10.11648/j.ijssn.20170504.11

Tsagari, D. (2020). Language Assessment Literacy: From Theory to Practice. UK: Cambridge Scholars Publishing.

Sunendar, D. (2019). Model Pembelajaran Literasi untuk Jenjang Prabaca Dan Pembaca Dini. Panduan Bagi Orang Tua Dan Guru. Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://doi.org/10.1087/20120315

Wartomo. (2017). Membangun Budaya Literasi sebagai Upaya Optimalisasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Repositori Universitas Terbuka.

Yuliana, dkk. (2020). Penguatan Literasi Berbahasa Indonesia dengan Gerakan Literasi Sekolah Pada SMP. Parole. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(3), 243–254.




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jpm.v5i3.2259

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    

 

Web Analytics

View My Stats