Peningkatan Kapasitas Karyawan PT Brand Mark dalam Literasi Finansial

Firly Irhamni, Aulia Ulul Mufidha, Amyra Haridyanti, Muhammad Rijal Iskandar

Abstract


Tujuan kegiatan pengabdian di PT. Brand Mark adalah untuk memberikan wawasan dan meningkatkan skill dan kemampuan pengelolaan keuangan pribadi para pegawainya. Sering kali masyarakat yang produktif seperti para pegawai PT. Brand Mark kurang memperhatikan pengelolaan keuangan personalnya, dengan alasan kesibukan pekerjaan, deadline, dan merasa aman karena memiliki pendapatan rutin. Karena konsumtif dan belanja yang berlebihan, akibatnya  perencanaan keuangan di masa depan kurang optimal. Metode dan pendekatan yang kami gunakan dengan melakukan observasi awal dan FGD pendahuluan kepada 3 karyawan terpilih secara acak, dilanjutkan pendampingan dan seminar tentang pengelolaan keuangan personal. Hasil evaluasi dan post-test dilakukan dengan survei sejumlah pertanyaan terkait pengetahuan dan pemahaman peserta yang diolah dengan Wilcoxon signed rank test yang menunjukkan peningkatan pengetahuan dan kemampuan signifikan dibanding sebelum pendampingan disampaikan. Dapat disimpulkan bahwa kegiatan ini berhasil memenuhi sasaran dan memiliki kebermanfaatan untuk mitra dengan diperolehnya wawasan baru mengenai pentingnya kesadaran para pegawai dalam memahami konsep literasi keuangan personal dan pengelolaan keuangan dasar.

Kata kunci: Literasi Keuangan, Pegawai, Pengelolaan Keuangan Personal


Full Text:

PDF

References


Bhattacharjee, B. J., (2014) Financial Literacy and Its’ Influencing Factors: An Empirical Study of Indian Investors. International Journal of Research In Commerce, IT & Management [Online] Vol. 4 (01), pp. 43-46, http://ijrcm.org.in/.

Blue, L. E. (2016). Financial literacy education with aboriginal people: The importance of contextual and cultural understanding. Journal of Financial Planning and Research, 2, 91–105.

Blue L.E. and Grootenboer, P. (2019). A praxis approach to financial literacy education. Journal of Curriculum Studies, doi: 10.1080/00220272.2019.1650115.

Davies, P. (2015). Towards a framework for financial literacy in the context of democracy. Journal of Curriculum Studies, 47(2), 300–316.

Dewi, IGA. M. dan Purbawangsa, I.B.A. (2018). Pengaruh literasi keuangan, pendapatan serta masa bekerja terhadap perilaku keputusan investasi. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana 7.7 Hal: 1867-1894.

Hastolana, D., Asih, A.J., Ulpah, Ridwan, Mellyoni, (2021). PKM Pentingnya Penguasaan Soft Skill Bagi Generasi Z Di Kalangan Siswa-Siswi SMA Inti Nusantara Tebing Tinggi. Indonesian Collaboration Journal of Community Services Volume 1, No. 4, November 2021. https://doi.org/10.53067/icjcs.v1i4.

Indrayani, L. (2020). Makna Literasi Keuangan dalam Keberlangsungan Usaha Industri Rumah Tangga Perempuan Bali. JIA (Jurnal Ilmiah Akuntansi), 5(2), 407–428. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIA/article/view/29858.

Iswari, H.R. (2022). Penyuluhan Perencanaan Keuangan Sebagai Fondasi Ketahanan Keluarga Selama Pandemi Covid-19. Journal of Community Research and Service, Vol.6, No.1. https://doi.org/10.24114/jcrs.v6i1.32536

Irhamni, F., Masita, E.D., Rizki, L.K., Karya, D.F. (2022). Problem Solving: Cara Menumbuhkan Pemikiran Kritis pada Generasi Z di Pondok Pesantren Jagad ‘Alimussirry. Society Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, Vol.3, No.1. doi: https://doi.org/10.37802/society.v3i1.240.

Kebede, M. , Kaur N.J.D, and Kuar J. (2015). Financial Literacy and Management of Personal Finance: A Review of Recent Literatures. Research Journal of Finance and Accounting, Vol.6, No.13.

Kumar, M. & Mishra, K. (2015). Modifiers of Financial Capability: An Empirical Study in UP, India. International Journal of Management and Social Sciences Research (IJMSSR), Vol. 4 (1), pp.36-40, www.irjcjournals.org.

Kusuma, M. W., Larasati, W., Risma, F. V., Sari, N., & Agustin, U. V. S. (2022). Pentingnya Penerapan Budaya Literasi Membaca dan Menulis Terhadap Prestasi Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(4), 132-138. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5180.

Lucey, T. A., Agnello, M. F., & Laney, J. D. (2015). A critically compassionate approach to financial literacy. Rotterdam, the Netherlands: Sense Publishing.

Lusardi, A. and Mitchell, O. (2011). Financial Literacy around the World: An Overview. Discussion Paper 02/2011-023, Netspar Discussion Papers.

Ningtyas, M. N., & Andarsari, P. R. (2021). Peran Perilaku Keuangan dalam Memoderasi Literasi Keuangan dan Keberlangsungan Usaha. Jurnal Riset Dan Aplikasi: Akuntansi Dan Manajemen, 5(1), 37–44. https://doi.org/10.33795/jraam.v5i1.004

Persky, A.M., Medina, M. S., Castleberry, A.N. (2019). Developing Critical Thinking Skills in Pharmacy Students. American Journal of Pharmaceutical Education 2019; 83 (2) Article 7033.

Solihatun, Folastri, S., Fitriyanti, E. (2023). Pelatihan Literasi Melalui Layanan Penguasaan Konten Pada Anak Binaan Rumah Literasi Al Fatih Desa Ginanjar Kabupaten Sukabumi. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia Vol. 05, Nomor 02. http://dx.doi.org/10.36722/jpm.v5i2.1355.




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jpm.v5i3.2235

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    

 

Web Analytics

View My Stats