Pemberdayaan Perempuan Melalui Aksi Pelatihan Pembuatan Eco Enzyme Untuk Mengatasi Permasalahan Sampah Organik di Kelurahan Air Putih, Kota Samarinda

Anisa Fauziah, Bika Nisa Luthfiana, Putri Aisyiya, Ihlas Nur Fahman, Khairunnisa Salsabila Ramadhani, Mustangin Mustangin

Abstract


Berdasarkan observasi, diketahui bahwa mahasiswa tingkat akhir di Unimar, khususnya Fakultas Teknik, belum terbiasa menulis jurnal ilmiah. Oleh karena itu, program studi Teknik Industri mengadakan kegiatan pelatihan penulisan jurnal ilmiah bagi mahasiswa Unimar. Tahapan dalam kegiatan pelatihan ini adalah persiapan, promosi dan kegiatan inti. Kegiatan inti dilaksanakan tanggal 17 Juli 2023. Peserta pelatihan ini adalah mahasiswa Fakultas Teknik dan Farmasi Unimar. Dalam kegiatan ini, metode yang digunakan adalah ceramah, diskusi dan praktek menulis jurnal ilmiah. Ceramah yang disampaikan berisi tentang materi pengertian jurnal ilmiah, jenis jurnal ilmiah dan tahap penulisan jurnal ilmiah. Peserta juga berdiskusi interaktif untuk memperbaiki ketidaksesuaian dari contoh cuplikan artikel yang ditampilkan. Praktek yang dilakukan adalah membuat jurnal ilmiah yang bersumber dari hasil penelitian atau skripsi mahasiswa. Perwakilan peserta diminta untuk menyampaikan hasil praktek yang telah dilakukan. Dari kuesioner diketahui bahwa 27% peserta merasa sangat puas dengan materi yang disampaikan dan 67,5 % peserta merasa puas dengan materi yang disampaikan. 

Kata kunci: Pelatihan, Jurnal, Mahasiswa


Full Text:

PDF

References


Baniah, E. N. S., Riyadi, & Singal, A. R. (2021). Analisis Penyelenggaraan Pelatihan Keterampilan Menjahit Busana Wanita Bagi Peserta Pelatihan di LKP Rachma Kota Samarinda. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 75–80. https://doi.org/10.30872/ls.v2i2.938.

Budiyanto, C. W., Yasmin, A., Fitdaushi, A. N., Sitta, A. Q., Rizqia, Z., Safitri, A. R., Anggraeni, D. N., Farhana, K. H., Alkatiri, M. Q., Perwira, Y. Y., & Pratama, Y. A. (2022). Mengubah Sampah Organik Menjadi Eco Enzym Multifungsi: Inovasi di Kawasan Urban. DEDIKASI: Community Service Reports, 4(1), 31–38. https://doi.org/10.20961/dedikasi.v4i1.55693.

Kefi, K. J., Saraka, S., Lukman, A. I., & Mustangin, M. (2022). Pendidikan Nonformal dalam Pengembangan Pupuk Organik untuk Kesehatan Lingkungan bagi Masyarakat Binaan CSR Fuel Terminal Pertamina Samarinda. Jurnal Wahana Pendidikan, 9(2), 171–178.

Lestari, I. A., Singal, A. R., Wahyuni, S., Mustangin, M., & Lukman, A. I. (2022). Pemberdayaan Berbasis Pendidikan Keterampilan Membatik Untuk Peningkatan Kapasitas Perempuan di LKP At -Tigna. Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian, Dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan, 9(3), 1–10.

Lukman, A. I. (2021). Pemberdayaan Masyarakat melalui Pendidikan Nonformal di PKBM Tiara Dezzy Samarinda. DIKLUS : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 5(2), 180–190. https://doi.org/10.21831/diklus.v5i2.43669.

Malia, R., & Rahayu, L. S. (2014). Pengaruh Penyuluhan Melalui Metode Ceramah dan Diskusi terhadap Tingkat Pengetahuan Teknologi Sistim Tanam Legowo di Kelompok Tani Karya Mukti III Desa Sukakarya Kecamatan Sukanagara Kabupaten Cianjur. Agroscience, 7(1), 51–60. https://doi.org/10.35194/agsci.v4i1.615.

Muslim, A. Q., & Suci, I. G. S. (2020). Peran Manajemen Pendidikan Nonformal Berbasis Masyarakat Sebagai Upaya Peningkata Sumber Daya Manusia Di Indonesia. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 159–168. https://doi.org/10.25078/pw.v5i2.1855.

Mustangin, Akbar, M. F., & Sari, W. N. (2021). Analisis Pelaksanaan Program Pendidikan Nonformal Bagi Anak Jalanan. International Journal of Community Service Learning, 5(3), 234–241. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i3.

Nurhamidah, N., Amida, N., Rohiat, S., & Elvinawati, E. (2021). Pengolahan Sampah Organik Menjadi Eco enzyme pada Level Rumah Tangga menuju Konsep Eco-Community. Andromeda: Jurnal Pengabdian Masyarakat Rafflesia, 1(2), 43–46.

Qulia, I. M., Ali, S. M., & Winarti, H. T. (2021). Analisis Penyelenggaraan Pelatihan Budidaya Lalat Maggot di Bank Ramli Ceseri Binaan CSR Pertamina Fuel Samarinda. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 81–86.

Rappe, E. F., & Wahyuni, S. (2021). Analisis Proses Pelatihan Pemanfaatan Sampah Plastik Menjadi Kerajinan Tangan Guna Meningkatkan Kreativitas Masyarakat oleh CSR Pertamina Fuel Samarinda. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 69–74.

Safitri, D. (2020). Pelatihan Pembuatan Pie Buah Bagi Warga Belajar di UPTD. P2KUKM Provinsi Kalimantan Timur. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 44–49. https://doi.org/10.30872/ls.v1i1.258.

Saraka, S. (2020). Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Pendidikan Non-Formal di Kampung Inggris Kediri. Lingua, 17(1), 79–94. https://doi.org/10.30957/lingua.v17i1.629.

Saripah, I., & Shantini, Y. (2016). Implementasi model pembelajaran mandiri program pendidikan kecakapan hidup perempuan. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 176. https://doi.org/10.21831/jppm.v3i2.11545.

Sudirman, F. A., & Phradiansah, P. (2019). Tinjauan Implementasi Pembangunan Berkelanjutan: Pengelolaan Sampah Kota Kendari. Sospol: Jurnal Sosial Politik, 5(2), 291–305. https://doi.org/10.22219/sospol.v5i2.9821.

Suhartini, S., Mustangin, M., Lukman, A. I., & Winarti, H. T. (2022). Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga dalam Pengolahan Keripik Ikan Bawis pada Industri Rumahan Abadi Rasa. Progress in Social Development, 3(2), 87–93. https://doi.org/10.30872/psd.v3i2.42.

Yulinda, A., & Fitriyah, N. (2020). Efektivitas Penyuluhan Metode Ceramah Dan Audiovisual Dalam Meningkatkan Pengetahuan Dan Sikap Tentang sadari di SMKN 5 Surabaya. Jurnal Promkes, 6(2), 116–128. https://e-journal.unair.ac.id/PROMKES/article/viewFile/6439/5917.




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jpm.v5i3.2138

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    

 

Web Analytics

View My Stats