Perencanaan dan Pengembangan Destinasi-Destinasi Wisata Pada Badan Usaha Milik Desa Desa Gari, Wonosari, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Nadja Ilyasa Ramadhan Sujanto, Rifqi Syarif Nasrulloh

Abstract


Desa Gari merupakan desa wisata yang sedang dalam tahap pengembangan. Desa ini diuntungkan dari segi geografis karena dilewati oleh turis yang berkunjung ke berbagai pantai di Gunung Kidul. Namun, pembangunan desa masih belum terfokus pada pengembangan sektor wisata. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk membantu BUMDes merencanakan dan mengembangkan beberapa destinasi wisata di desa. Metode kegiatan pengabdian menggunakan metode pendampingan kepada ketua BUMDes dengan meninjau secara langsung dan merencanakan destinasi wisata. Hasil dari kegiatan ini berupa desain 3 dimensi arsitektur destinasi wisata dengan berbagai draf paket wisata. Perancangan destinasi wisata di Desa Gari diharapkan dapat meningkatkan swadaya masyarakat. Dua bulan setelah dirancang, destinasi wisata yang terancang sedang dalam proses pembangunan dan dengan adanya pendampingan ini program BUMDes dapat berjalan secara berkelanjutan.

Kata kunci: Desa Wisata, Pengembangan, BUMDes


Full Text:

PDF

References


Anggraeni, M. R. (2016). Peranan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Pada Kesejahteraan Masyarakat Pedesaan Studi Pada Bumdes Di Gunung Kidul, Yogyakarta. Modus, 28(2), 155 - 167.

Octastefani, T., Prabaningrum, G., & Sadasri, L. M. (2018). Pasar Ekologis Sebagai Arah Pengembangan Tata Kelola Kelembagaan Badan Usaha Milik Desa Mardi Gemi di Desa Gari Gunungkidul. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Media Pemikiran dan Dakwah Pembangunan, 2(1), 1 - 18.

Ramadana, C. B., Ribawanto, H., & Suwondo. (2010). Keberadaan Badan Usahan Milik Desa (BUMDES) sebagai Penguatan Ekonomi Desa (Studi di Desa Landungsari, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang). Jurnal Administrasi Publik, 1(6), 1068 - 1076.

Ridlwan, Z. (2014). Urgensi Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) dalam Pembangunan Perekonomian Desa. Fiat Justisia Jurnal Ilmu hukum, 8(3), 424 - 440.

Rochmadi, I. (2022). Analisis Ketahanan Ekonomi Keluarga Paska Pembangunan Pasar Ekologis Argowijil. Paradigma Jurnal Ilmu Administrasi, 11(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jpm.v5i1.1752

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    

 

Web Analytics

View My Stats