Program Pelatihan Coaching Bagi Pengurus Dan Pembina Anak Lapak Di Rumah Singgah Gemilang

Bambang Eko Samiono, Masni Erika Firmiana

Abstract


Rumah Singgah Gemilang merupakan divisi pelatihan dan kelompok belajar bagi anak-anak lapak yang diinisiasi oleh Yayasan Gemilang Indonesia. Rumah singgah ini berlokasikan di sekitar Gang Saibun Jati Padang Jakarta Selatan berdekatan dengan lokasi kegiatan pemulung. Tidak kurang tercatat 12 orang anak yang dibina oleh Rumah Singgah Gemilang. Usia mereka beragam antara 13 hingga 18 tahun. Selama lebih dari dua tahun mereka mengelola rumah singgah ini terdapat permasalahan utama yang mereka hadapi yaitu: Masalah seringnya terjadi kegagalan dalam melakukan implemantasi program pelatihan yang diadakan oleh organisasi. Solusi yang diberikan adalah berupa Program Pelatihan Coaching untuk membantu agar pembina anak lapak mampu meningkatkan kemampuan anak lapak untuk meningkatkan hubungan interpersonal, menangani konflik ataupun meningkatkan kinerjanya hingga mampu mengurangi kegagalan program kegiatan. Hasil pelatihan coaching ini tidak saja bisa diimplementasikan kepada anak lapak tapi juga antar pengurus rumah singgah. Pelatihan dan praktek serta mentoring selama 1 bulan merupakan metode pelaksanaan yang diimplementasikan terhadap 10 orang mitra yang terdiri dari pengurus dan pembina anak lapak rumah Singgah Gemilang. Dari Evaluasi yang dilakukan diperoleh hasil positif berupa peningkatan skore pengetahuan serta kepuasan dari mitra.

Kata kunci: Coaching, Anak lapak, Rumah singgah


Full Text:

PDF

References


Fitriany, R. (2019). Pengaruh Pelatihan Coaching untuk Meningkatkan Kinerja Supervisor pada Divisi Wiraniaga di PT. X. Jurnal PSYCHE, 12(1), 5–12.

Kosmaya, V. (2012). Intervention of Coaching Training and Supervisory for Improving Perceived Organizational Support and Organizational Commitment of XYZ’s Employee. Tesis UI.

Samiono, B.E., Samijayani, O. N., Al, U., & Indonesia, A. (2019). Agen Reseller Online Amanah Untuk Anak-Anak Pemulung Jatipadang, SABDAMAS 1 (1), 39-45.

Sataloff, R. T., Johns, M. M., & Kost, K. M. (2012). Kajian Sintesis Hasil Penelitian Selektif Tentang Dimensi Sosio- Psikologis Anak Jalanan. Sosiokonsepsia, 17(1), 154–172.

Wiwoho, RH (2010) Double Benefit from Business Coaching: Good Company & Great Manager. IndoCoach.

Internet:https://jakarta.bps.go.id/indicator/27/615/1/jumlah-penyandang-masalah-kesejahteraan-sosial-pmks-menurut-jenis-dan-kabupaten-kota-administrasi-.html.




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jpm.v5i1.1609

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    

 

Web Analytics

View My Stats