Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Pada Guru Bimbingan Dan Konseling Sekolah Menengah Kejuruan Se-Jakarta Timur

Fauzi Nur Ilahi, Dwi Dasalinda

Abstract


Salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh guru bimbingan dan konseling adalah mampu menyusun karya ilmiah terkait dengan berbagai pemikiran dan penelitian yang bermanfaat bagi pembaharuan keilmuan maupun untuk kenaikan jabatan fungsional pribadinya. Salah satu jenis karya ilmiah yang bisa dihasilkan yaitu penelitian tindakan kelas yang menjadi publikasi ilmiah bermanfaat untuk mensosialisasikan hasil temuan dari kajian atau penelitian.  Maka dari itu dari program kemitraan masyarakat yang dilakukan peneliti diharapkan dapat mendorong kesadaran akan pentingnya penulisan karya ilmiah pada guru-guru bimbingan dan konseling serta dapat membantu guru-guru bimbingan dan konseling dalam menemukan cara yang efektif untuk melaksanakan penelitian tindakan kelas bimbingan. Pengabdian pada masyarakat ini dilakukan dengan metode pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi penulisan penelitian tindakan bimbingan dan konseling terhadap 51 guru SMK bimbingan dan konseling di wilayah  Jakarta Timur. Berdasarkan hasil pelaksanaan pengabdian pada masyarakat, diperlukan adanya pendampingan bagi peserta secara berkesinambungan terkait alternatif solusi dalam meningkatkan keterampilan menulis PTBK pada guru BK 

Kata kunci: Bimbingan dan Konseling, PTBK, Karya Ilmiah


Full Text:

PDF

References


Adhikara, M. A., Handayani, S., Jumono, S., & Darmansyah. (2014). Pelatihan Penyusunan Artikel Publikasi Ilmiah Pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Di Jakarta Barat. Universitas Esa Unggul: Jurnal Abdimas, 1(1).

Arta, S. (2018). Pelatihan Penulisan Artikel Untuk Publikasi Di Jurnal Ilmiah Untuk Meningkatkan Profesionalisme Bagi Guru–Guru Di Kecamatan Kubutambahan Kabupaten Buleleng. Prosiding Seminar Nasional Hukum dan Ilmu Sosial Ke-2. UNDIKSHA.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. (2012). Surat edaran penulisan artikel ilmiah No 152/E/T/2012.

Gunawan. (2019). Pelatihan Penulisan pada JurnalInternasional bagi Dosen dan Mahasiswa . Uiniversitas Mataram: Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat , Vol 2 (4). .




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jpm.v5i2.1402

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    

 

Web Analytics

View My Stats