Pelatihan Literasi Melalui Layanan Penguasaan Konten Pada Anak Binaan Rumah Literasi Al Fatih Desa Ginanjar Kabupaten Sukabumi
Abstract
Kondisi orang tua dengan keadaan ekonomi menengah kebawah ditambah dengan kurangnya pemahaman bagaimana mengajarkan anak agar mampu mengatasi kesulitan belajar membaca, merupakan salah satu faktor yang menyebabkan anak mengalami kesulitan membaca. Membaca sangat penting dimiliki oleh individu karena dengan membaca dapat menunjang persiapan karir di masa yang akan datang. Tujuan kegiatan Abdimas ini adalah untuk membantu anak binaan Rumah Literasi mengatasi kesulitan belajar membaca. Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dengan kegiatan persiapan, pelaksanaan dengan menggunakan metode format klasikal melalui pemberian layanan penguasaan konten kepada 30 anak binaan Rumah Literasi, penilaian segera dan evaluasi kegiatan. Dapat disimpulkan bahwa kegiatan ini berhasil memenuhi sasaran dan memiliki kebermanfaatan untuk mitra dengan diperolehnya wawasan baru mengenai pentingnya kesadaran membaca yang memiliki manfaat jangka panjang, pengetahuan baru terkait cara membaca yang efektif, keterampilan baru untuk menerapkan kegiatan membaca dimanapun dan kapanpun, nilai baru yang menjadi rujukan dengan terus berupaya menerapkan dan meningkatkan keterampilan membaca baik di rumah, sekolah, dan di rumah literasi Al Fatih, serta sikap baru yang dimunculkan dengan menjadi lebih percaya diri di dalam membaca.
Kata Kunci: Kesulitan Belajar, Membaca, Layanan Penguasaan Konten, Anak.
Full Text:
PDFReferences
Abu Bakar M. Luddin (2010) Dasar-Dasar Konseling Tinjauan Teori dan Praktik, Bandung: Citapustaka Media Perintis
Azis, M., & Adila, N. S. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Membaca dan Menulis Permulaan PAUD Di Kelompok Bermain Fun Islamic School. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 100–110. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v2i2.592 7.
Daulae, T. H. (2018). Belajar Yang Baik. Forum Paedagogik, 9(2), 16–30. DOI: 10.24952/paedagogik.v10i2.2811
Fitriyanti, E., Solihatun, S., & Folastri, S. (2022). Pembinaan Soft Skill Keterampilan Berkomunikasi melalui Layanan Penguasaan Konten pada Remaja Binaan Rumah Literasi Al Fatih Desa Ginanjar Kabupaten Sukabumi. Jurnal Abdimas Prakasa Dakara, 2(1), 43–57.
Gutara, M. Y., Rangka, I. B., & Prasetyaningtyas, W. E. (2017). Layanan Penguasaan Konten untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara di Depan Umum Bagi Siswa. Jurnal Fokus Konseling, 3(2), 138–147.
Hakim, T. (2005). Belajar secara efektif. Jakarta: Niaga Swadaya.
Hasanah, U., & Deiniatur, M. (2019). Membangun Budaya Membaca Pada Anak Usia Dini Di Era Digital. At-Tajdid: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 3(01), 10–24.
Ilyas, A., & Folastri, S. (2017). Diagnosis Kesulitan Belajar & Pembelajaran Remedial. Semarang: Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Semarang.
Kusuma, M. W., Larasati, W., Risma, F. V.,Sari, N., & Agustin, U. V. S. (2022). Pentingnya Penerapan Budaya Literasi Membaca dan Menulis Terhadap Prestasi Peserta Didik Di Sekolah Dasar. JurnalPendidikan dan Konseling, 4(4), 132-138. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5180.
asari, D. M.& Iqbal, M. (2020). Meningkatkan kemampuan minat membaca siswa menggunakan mind mapping pada layanan penguasaan konten. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan, 3(3), 94–104. DOI: http://dx.doi.org/10.30596%2Fbibli ocouns.v3i3.5316.
Muhaiba, R., Aisy, R. R., Imaniyah, N., Sari, S. M., & Agustina, S. D. (2020). Faktor Penyebab Kesulitan Belajar dan Dampak terhadap Perkembangan Prestasi Siswa Kelas 1-6 SDN Gili Timur 1. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1).
Mulyadi, (2016). Bimbingan Konseling di Sekolah & Madrasah, Jakarta: Prenadamedia.
Nasrul, F. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Anak dengan Menggunakan Metode AHE dan Implikasinya terhadap Layanan Penguasaan Konten. Ed- Humanistics: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 638–644.
Savitri, D. I. (2022, Agustus). Studi Kasus Kesulitan Belajar Membaca bagi Siswa Sekolah Dasar Dampak Learning Loss. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(8), 3084-3089. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.769.
Solihatun, S. (2019). Gambaran kebiasaan belajar siswa serta Implikasi nya terhadap Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan, 2(1), 41–46. DOI: https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v2i1.2278
Solihatun, S., Fitriyanti, E., & Folastri, S. (2022). Analisis Rasch: Kemampuan Komunikasi Remaja Ditinjau dari Gender. Psychocentrum Review, 4(1), 33–43. DOI: https://doi.org/10.26539/pcr.41900
Subianto, J. (2013). Peran keluarga, sekolah, dan masyarakat dalam pembentukan karakter berkualitas. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2).
Syofyan, S. (2018). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Sub Keterampilan Berkomunikasi Melalui LayananPenguasaan Konten Dengan Teknik Permainan Pada Siswa Kelas XII IPA 3 Di SMAN 1 Pasaman. Jurnal Manajemn Pendidikan, 3(2), 213–223. DOI: http://dx.doi.org/10.34125/mp.v3i2. 338.
Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2020). Permasalahan budaya membaca di Indonesia (Studi pustaka tentang problematika & solusinya). Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1),22–33.
Gangguan Psikologis Ringan Pada Anak (Implementasi pada Anak Usia Sekolah Dasar). Yogyakarta: K-Media.
Wardhani, N. S., Hardiana, A., & Pitana, T. S. (2022). Perpustakaan Anak Sebagai Wahana Edukasi Dengan PEndekatan Arsitektur Perilaku Di Kabupaten Boyolali. Senthong, 5(1). https://jurnal.ft.uns.ac.id/index.php/sentho ng/article/view/1463.
DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jpm.v5i2.1355
Refbacks
- There are currently no refbacks.