Mushola Sekolahku Upaya Penyediaan Kegiatan Alternatif Untuk Menurunkan Penggunaan Handphone Android Bagi Anak Pedagang Pasar Baruga Kendari

Khairunnisa Khairunnisa, Ros Mayasari, Widya Ningsih, Nanda Ayu Puspita Sabil, Waode Ainul Rafiah, Maya Sastika, Wahyudi Jisaid

Abstract


Penggunaan handphone android (HP) oleh anak tanpa pengawasan orang tua berakibat negatif bagi perkembangan anak. Anak akan menggunakan HP secara terus menerus berakibat munculnya masalah kesehatan dan belajar. Latar belakang pekerjaan orang tua merupakan salah satu penyebab rendahnya pengawasan. Orangtua yang bekerja sebagai pedagang di pasar tradisional menghabiskan banyak waktunya di pasar. Anak setelah pulang sekolah tidak mempunyai aktivitas lain dan akhirnya menghabiskan sebagian besar waktunya bermain HP. Keadaan ini perlu diatasi dengan menyediakan aktivitas alternatif yang bisa diakses anak pedagang pasar dengan mudah. Musala di pasar menjadi tempat yang dipilih untuk menyelenggarakan kegiatan pengabdian dengan tema Musala Sekolahku. Metode pengabdian dengan pendekatan edukasi dalam bentuk mengajarkan menggunakan HP dengan baik, belajar mengaji dan bimbingan belajar dengan metode belajar sambil bermain. Anak-anak yang mengikuti kegiatan terdiri atas kurang lebih 40 orang dengan rentang usia 7-16 tahun. Anak-anak antusias mengikuti kegiatan, melalui kegiatan ini aktivitas anak-anak yang sebelumnya didominasi dengan bermain HP teralihkan dengan kegiatan edukasi berupa penggunaan HP dengan baik, belajar mengaji, nonton bareng dan story telling. Namun, perilaku menggunakan HP dengan baik perlu dukungan dari orang tua. Oleh karena itu, disarankan agar tindak lanjut kegiatan pengabdian ini adalah memberikan parenting education tentang pengawasan orang tua terhadap penggunaan HP anak.

Kata kunci : bimbingan orang tua, tradisonal, pedagang pasar tradisional, penggunaan HP anak


Full Text:

PDF

References


Becker, G. S., & Tomes, N. (1976). Child endowments and the quantity and quality of children. Journal of Political Economy, 84(4, Part 2), S143–S162.

Fahmi, Z., Wahyu, R., & Ibrahim, M. M. M. (2019). Upaya Meningkatkan Pemahaman Anak Usia Sekolah Dalam Penggunaan Handphone android Secara Lebih Bijak. At-Tamkin: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 34–42.

Hale, M & Nunik, E. (2021). Pemberdayaan Kelompok Anak Remaja Terkait Penggunaan Handphone android di Jemaat GMIT Lahairoi Kuanheun. Jurnal Pengabdian Masyarakat Desa, 1(2).

Jatiningsih, O., Habibah, S. M., Wijaya, R., & Sari, M. M. K. (2021). Peran orang tua dalam pemenuhan hak pendidikan anak pada masa belajar dari rumah. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 10(1), 147–157.

Lubis, M. A., Azizan, N., & Ikawati, E. (2020). Persepsi orang tua dalam memanfaatkan durasi penggunaan handphone android untuk anak usia dini saat situasi pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Gender Dan Anak, 4(1), 63–82.

Ni’mah, N. (2016). Peranan orang tua dalam membimbing anak untuk melaksanakan shalat lima waktu di lingkungan Pasar Kahayan (studi terhadap lima kepala keluarga yang berprofesi sebagai pedagang). IAIN Palangka Raya.

Qadarusman, M. (2018). Pemenuhan hak-hak anak ditinjau dari undang-undang no 35 tahun 2014 tentang Perlindungan Anak dan Hukum Islam: Studi Kasus Keluarga Tenaga Kerja Indonesia di Desa Pakong Kec. Pakong Kab. Pamekasan. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Raehang, R. (2016). Eksitensi Orang Tua Berprofesi Pedagang Malam terhadap Pembinaan Keagamaan Anak Kompleks Perumahan Pasar Baruga. Al-Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian, 11(1), 101–115.

Rahma, C. (2020). Peran Istri dalam Upaya Meningkatkan Perekonomian Rumah Tangga (pada Pedagang di Pasar Induk Minasa Maupa Sungguminasa Gowa. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Rahmanda, A. E., Rokhanayah, L., Lestari, W., Rokayah, N. S., Anam, A., & Dewi, N. A. (2022). Penurunan Frekuensi Penggunaan Handphone android Pada Anak SD/MI Dengan Mantra Sipil (Mainan Tradsional, Literasi Dan Peduli Lingkungan). Jurnal of Community Health Development, 3(1), 48–54.

Swasono, M. A. H., Sa’diyah, A. I., Niafitri, R. E., & Hidayanti, R. (2020). Membangun Membangun Kebiasaan Membaca pada Anak di masa Pandemi Covid-19 melalui Program Satu Jam Tanpa Gawai di Griya Baca Desa Karangrejo. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 38–50.

Walker, M. L. (1993). Participatory action research. Rehabilitation Counseling Bulletin, 37, 2.

Watson, S., Waslander, S., & Strathdee, M. (1999). Trading in futures: Why markets in education don’t work. McGraw-Hill Education (UK).

Wilantika, C. F. (2017). Pengaruh penggunaan smartphone terhadap kesehatan dan perilaku remaja. Jurnal Obstretika Scienta, 3(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jpm.v4i3.1315

Refbacks

  • There are currently no refbacks.