Peran Pemberdaya Dalam Mengembangkan Kualitas Diri Tuna Netra, Studi Kasus Hasil Konstruksi Akun @Be.Myfriends dan @Pertuni_Dpp

Ersa Alfarizi, Farid Pribadi

Abstract


Pemberdayaan merupakan salah satu kegiatan yang sangat bermanfaat bagi penyandang tunanetra. Penyandang tunanetra merupakan penyandang yang kehilangan salah satu fungsi bagian matanya. Mereka membutuhkan pemberdayaan untuk menunjang kehidupannya. Adanya inovasi baru dibuat untuk membantu tunanetra dalam kesehariannya. Para pemberdaya mengenalkan pemberdayaannya melalui media sosial Instagram. Seperti akun @be.myfriends dan @pertuni_dpp yang melakukan pemberdayaan dengan menyebarluaskan informasi melalui media sosial. Kedua akun pemberdaya ini memiliki metode atau inovasi berbeda dalam memberdayakan penyandang tunanetra. Program yang dijalankan dengan tujuan meningkatkan literasi dan mengembangkan kemampuan siswa tunanetra di Indonesia. Pemberdayaan yang dilakukan Be MyFriends 95% berhasil meningkatkan kemampuan literasi para siswa tuna netra dalam pembelajaran. Sedangkan akun @pertuni_dpp tingkat keberhasilan program ini sebesar 90%, hal ini dibuktikan dengan berhasilnya program pelatihan komputer bicara daring untuk siswa SMA tunanetra luar Jawa. Pengabdian kepada masyarakat ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan teori Konstruksi Sosial. Analisis data menggunakan analisis framing dari kedua akun Instagram tersebut. Analisis framing ini terkait media menampilkan sebuah fakta dan mengaburkan fakta lainnya sesuai dengan kepentingan media tersebut. Data yang diambil pelaksana PKM dari postingan kedua akun Instagram tersebut. Dari data yang diambil, pelaksana PKM melihat konstruksi yang dihasilkan dari postingan.

Kata kunci: Peran Pemberdaya, Mengembangkan Kualitas Diri, Tunanetra


Full Text:

PDF

References


Burhan Bungin. (2008). Konstruksi Sosial Media Massa: Kekuatan Pengaruh Media Massa, Iklan Televisi Dan Keputusan Konsumen Serta Kritik Terhadap Peter L. Berger & Thomas Luckmann. Kencana Prenada Media.

Dharma, F. A. (2018). Konstruksi Realitas Sosial: Pemikiran Peter L. Berger Tentang Kenyataan Sosial. Kanal: Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(1), 1-9.

Krisnada, K., & Widodo, S. (2019). Pemberdayaan Penyandang Disabilitas Oleh Dinas Sosial Kota Kediri. Jurnal Mediasosian: Jurnal Ilmu Sosial Dan Administrasi Negara, 3(1).

McQuail D. (2010). Mcquail's mass communication theory (6th ed.). Sage Publications.

Mutiara, D., & Eriyanto, E. (2020). Analisis Framing Pemberitaan Kasus Kekerasan pada Orientasi Pengenalan Kampus. Jurnal Komunikasi Global, 9(1), 115-140.

Pratyaksa, I. G. T., & Putri, N. L. W. E. (2020). Peranan New Media Dalam Transformasi Fungsi Komunikator Dan Fungsi Konstruksi (Dramaturgy Akun Instagram Walikota Denpasar Rai Mantra Tahun 2019). Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(2-3), 92-103.

Rizqia, A. N., & Purnaweni, H. (2021). Pemberdayaan Penyandang Disablitas Di Kota Tangerang Selatan. Journal of Public Policy and Management Review, 10(3), 332-342.




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jpm.v5i2.1228

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    

 

Web Analytics

View My Stats