Sharing for Indonesia: Peran Guru dan Orang Tua Saat Pertemuan Tatap Muka Terbatas
Abstract
Pandemi Covid 19 membuat seluruh dunia harus mengubah kebiasaan, termasuk dalam hal pendidikan. Demi mencegah penyebaran virus, pembelajaran daring menjadi satu-satunya pilihan. Tentunya pembelajaran daring atau pembelajaran jarak jauh ini memberikan berbagai dampak bagi peserta didik, kekhawatiran terbesar adalah adanya Learning Loss. Berdasarkan hasil pretest, sebagian besar peserta webinar setuju bahwa satuan Pendidikan Anak Usia Dini adalah yang paling terdampak dari pembelajaran daring tersebut, karena anak usia dini memerlukan berkegiatan secara aktif untuk stimulasi perkembangan. Kini pandemi yang berlangsung selama dua tahun sudah dapat dikendalikan, sehingga pembelajaran daring mulai bertransisi menjadi Pembelajaran Tatap Muka (PTM), bagi sekolah yang sudah memenuhi syarat protokol kesehatan. Tentunya banyak persiapan yang harus dilakukan, guru dan orang tua harus menjalankan perannya seperti tetap memberikan motivasi kepada anak, memberikan pengajaran yang sesuai di masa transisi ini, tetap berinovasi dalam pemberian materi pembelajaran dan menjadi role model bagi anak. Setelah mengikuti kegiatan Sharing for Indonesia, peserta menjadi tahu cara yang tepat untuk mendampingi dan menstimulasi anak dari rumah, yaitu dengan menciptakan iklim belajar positif, memberikan reward sebagai penyemangat anak, dan melibatkan anak dalam kegiatan sehari-hari sebagai latihan Practical Life. Adapun untuk mengejar ketertinggalan selama Belajar dari Rumah, kegiatan belajar anak selama di sekolah dapat diperbanyak kegiatan motorik kasar, yang tidak didapatkan secara optimal di rumah.
Kata kunci: Pandemi, Anak Usia Dini, Pembelajaran Tatap Muka
Full Text:
PDFReferences
Adiwijaya. (2020). Metamorfosis Dunia Pendidikan Di Masa Pandemi Covid-19. Medcom.Id. https://Www.Medcom.Id/Pendidikan/Inspirasi-Pendidikan/Jkrgwl5n-Metamorfosis-Dunia-Pendidikan-Di-Masa-Pandemi-Covid-19
Amalia, D., Sutarto, J., & Sugiyo Pranoto, Y. K. (2021). Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh Bermuatan STEAM Terhadap Karakter Kreatif dan Kemandirian. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1233-1246.
Chusna, P. A., & Utami, A. D. M. (2020). Dampak pandemi COVID-19 terhadap peran orang tua dan guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran daring anak usia sekolah dasar. Premiere: Journal of Islamic Elementary Education, 2(1), 11-30.
Goldschmidt, K. (2020). The COVID-19 Pandemic: Technology Use To Support The Wellbeing Of Children. Journal Of Pediatric Nursing, 53, 88–90. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.1016/J.Pedn.2020.04.013
Novitasari, A., & Tiara, A. D. (2022). Pengembangan E-Modul SETS Berbasis Flipbook Maker Alternatif Pembelajaran Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Bioshell, 11(1), 11-18.
Putri, R. I., Restuning, S., Herijulianti, E., & Nurnaningsih, H. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kesehatan Siliwangi, 2(2), 605-611.
Wilder-Smith, A., & Freedman, D. O. (2020). Isolation, quarantine, social distancing and community containment: pivotal role for old-style public health measures in the novel coronavirus (2019-nCoV) outbreak. Journal of travel medicine, 27(2). https://doi.Org/10.1093/Jtm/Taaa020
DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jpm.v5i2.1208
Refbacks
- There are currently no refbacks.