Pelestarian Budaya Tradisi Indang di Korong Kuliek, Kecamatan Batang Anai, Padang Pariaman-Sumatera Barat

Febby Septiana

Abstract


Pemberdayaan masyarakat bidang budaya dan lingkungan pada umumnya terdapat diberbagai wilayah, mulai dari pedesaan sampai pada perkotaan. Dalam hal ini pemberdayaan masyarakat budaya dan lingkungan sangat perlu di adakanya, dikarenakan pemberdayaan ini guna memberdayakan masyarakat. Di Korong Kuliek, Nagari Sungai Buluh Timur, Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat disana masih kurangnya minat masyarakat terhadap budaya indang yang telah ada sejak lama ini. Begitu banyak kesenian tradisional yang mulai hilang dan tergantikan pada masa sekarang kini. Seperti para remaja lebih menikmati belajar dan bermain musik modern ataupun pengaruh teknologi yang canggih dibandingkan dengan mempelajari dan menampilkan atraksi budaya. Di sebabkan tidak lagi diajarkan dan dipertontonkan ragam tari tradisional, kesenian yang telah ada di minang ini terutaman di korong kuliek keca batang anai ini. Dan penampilan bakat anak-anak sudah mulai berkurang dan tergantikan dengan oleh mereka menguasai sebuah teknologi. Maka dari itu diperlukanya strategi bagaimana cara melestarikan Budaya Indang melalui lingkungan tersebut agar tradisi budaya dilingkungan ini menjadi budaya yang kental dan bersidat Asri.

Kata kunci: Budaya, Masyarakat, Indang, Environment


Full Text:

PDF

References


Al-Amin, & Irfan, M. (2021). Mengenal Tari Indang dari Sejarah dan Filosofi. From https://katadata.co.id/safrezi/berita/61a9e802001d7/mengenal-tari-indang- dari-sejarah-dan-filosofinya.

Asril. (1997). Seni Pertunjukan Indang Pariaman Minangkabau, Pergeseran dari Re- ligius ke Profan. Jurnal Seni dan Budaya 1(1). ASKI Padang Panjang.

Daryusti. (2010). Lingkaran Lokal Genius & Pemikiran Seni Budaya. Yogyakarta: Multi Gra- findo.

Nagari Sungai Buluh Timur. Nagari Sungai Buluh Timur, Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman (langgam.id)

Salam, & Aprinus. (2018). Pemberdayaan masyarakat berbasis kebudayaan. Vol 3 http://ppm.ejournal.id/index.php/penga bdian/article/download/95/47




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jpm.v4i3.1207

Refbacks

  • There are currently no refbacks.