Pemberdayaan Dasawisma dan Kesejahteraan Keluarga Kelurahan Keramat Jati Jakarta Timur Melalui Layanan Informasi Sebagai Upaya Meningkatkan Kesadaran Sosial Masyarakat di Masa Pandemi

Endang Wiyanti, Solihatun Solihatun, Yulian Dinihari

Abstract


Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah memberikan layanan informasi terkait dengan meningkatkan kesadaran sosial warga RW 001 Kramat Jati Jakarta Timur. Adapun kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan melalui metode ceramah yang dikombinasikan dengan penampilan gambar. Sasaran dari kegiatan abdimas ini adalah warga RW 001 Kramat Jati Jakarta Timur. Implikasi dari kegiatan ini adalah (1). Warga RW 001 dapat memperoleh wawasan dan pengetahuan terkait dengan kesadaran sosial berkenaan dengan kebermanfaatan dari kesadaran sosial pada pandemik ini; (2). Warga RW 001 dapat memperoleh keterampilan mengenai pentingnya kesadaran sosial yang baik sesuai dengan kebutuhan warga RW 001 pada saat ini; (3). Memungkinkan para warga RW 001 memperoleh kebermaknaan nilai terkait dengan kebutuhan-kebutuhan masyarakat di masa pandemik ini sehingga kesadaran sosial warga RW 001 diperlukan; (4). Melalui pemberian layanan informasi ini warga RW 001 ini mendapatkan sikap sosial yang baik sehingga dalam kebermasyarakatannya warga RW 001 mampu melewati masa pandemik dengan baik dalam upaya menjaga kesehatan mental masyarakat untuk penanggulangan covid-19 ini.

Kata Kunci: Program dasawisma, Layanan informasi, Masa pandemic, Kesadaran sosial


Full Text:

PDF

References


Aslichati, L. (2011). Organisasi pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga sebagai sarana pemberdayaan perempuan. Jurnal Organisasi Dan Manajemen, 7(1), 1–7.

Ekna Satriyati, S. S. (2021). Pola Perubahan Sosial Budaya Masyarakat Indonesia di Era Pandemi Covid-19. CV Literasi Nusantara Abadi.

Ilpaj, S. M., & Nurwati, N. (2020). Analisis pengaruh tingkat kematian akibat COVID-19 terhadap kesehatan mental masyarakat di Indonesia. Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial, 3(1), 16–28.

Maulidah, F., & Sufi, N. A. (2021). Membentuk Pribadi Yang Sehat Mental di Tengah Pandemi Covid- 19 dalam Perspektif Psikologis. Al-Isydof: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 3(1), 48–55.

Prayoga, & Ricky. (2021). https://www.antaranews.com/berita/2392189/ini-kata-anies-soal-kunci-sukses penanganan-pandemi-covid-19

Nadhira, A. M. (2020). https://www.aldokter.com/menjagakeseh atan-mental-saat-pandemi-viruscorona.tanggal 30 Juli 2021.

Praptomojati, A. (2020). Menembus Batas Pandemi Covid-19 melalui Telepsychology Breaking the Limits of the Covid-19 Pandemic through Telepsychology. Buletin Psikologi, 28(2), 130–152.

Prasolova-Førland, E., & Divitini, M. (2003). Collaborative virtual environments for supporting learning communities: an experience of use. Proceedings of the 2003 International ACM SIGGROUP Conference on Supporting Group Work, 58–67.

Prayitno. (2004). Seri Layanan Konseling. Padang: Universitas Negeri Padang.

Putri, R. E (2021). Partisipasi Masyarakat dalam Kegiatan Sosial Berbasis Dasawisma terhadap Ketahanan Keluarga di RT 003 RW 007 Kelurahan Sialang Munggu Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Raza, A., Talha, M., e Zaman, S., Khan, A., & Awais, M. (2021). Knowledge, Attitude and Practice Regarding Personal Hygiene and Awareness about COVID- 19 among School Children of Government Primary School Haider Abad Town Sargodha. 2.2 hal: 4.

Rozzaqyah, F. (2020). Urgensi Konseling Krisis dalam Menghadapi Pandemi Covid-19 Di Indonesia. Prosiding Seminar Bimbingan Dan Konseling, 136–143.

Sheldon, K. M. (1996). The social awareness inventory: Development and applications. Personality and Social Psychology.




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jpm.v4i3.1136

Refbacks

  • There are currently no refbacks.