Analisis Prioritas Pemilihan Produk-produk Halal pada Masyarakat Muslim Kelas Menengah

Hanny Nurlatifah, Bambang Eko Samiono, Shohibul Imam

Abstract


Tujuan penulisan artikel ini adalah melakukan pemetaan prioritas pemilihan produk pada masyarakat muslim di kelas menengah sebagai objek penelitian. Metode yang digunakan adalah Diskusi kelompok yang melibatkan masyarakat umum, dan mahasiswa. Alat analisis yang digunakan adalah Permodelan menggunakan Interpretative Structural Modelling. Hasil yang didapatkan terdapat perbedaaan pola pengambilan keputusan berdasarkan jenis kelamin dan usia konsumen. Makanan dan minuman tetapi menjadi prioritas utama bagi seluruh konsumen di seluruh kategori. Perjalanan wisata telah mendapat perhatian lebih dari konsumen. Perjalanan wisata yang ramah untuk muslim dapat menjadi tren selanjutnya

 Kata kunci: Konsumen muslim; Produk halal; Perilaku konsumen


Full Text:

PDF

References


Al-Kwifi, O. S., Farha, A. A., & ahmed, Z. U. (2019). Dynamics of Muslim consumers’ behavior toward Halal products: Exploration study using fMRI technology. International Journal of Emerging Markets, Volume 14 Issue 4.

Amalia, F. A., Sosianika, A., & Suharto, D. (2020). Indonesian Millennials’ Halal food purchasing: merely a habit? British Food Journal, Volume 122 Nomor 4.

Bashir, A. M. (2019). Effect of halal awareness, halal logo and attitude on foreign consumers’ purchase intention. British Food Journal, Volume 121 No 9.

Chandan A. (2019). Factors Affecting Consumer Buying Behaviour. International Journal of Advanced Research (IJAR), Volume 7 No 1.

Haque, A., Sarwar, A., Yasmin, F., Tarofder, A. K., & Hossain, M. A. (2015). Non-Muslim consumers' perception toward purchasing halal food products in Malaysia. Journal of Islamic Marketing, Volume 6 No 1.

J. P. Saxena; Sushil; Prem Vrat. (1992). Hierarchy and classification of program plan elements using interpretive structural modeling: A case study of energy conservation in the Indian cement industry. Systems practice, 651 - 670.

Krishnan, S., Amira, N. S., Atilla, U. N., Syafawani, S., & Hafiz, M. (2017). The Usage of Cosmetic in Malaysia: Understanding the Major Factors that Affect the Users. Management, Volume 7 Nomor 1.

Marimin. (2010). Aplikasi Teknik Pengambilan Keputusan dalam Manajemen Rantai Pasok. Bogor: IPB Press.

MUI. (2019). No Title. Retrieved from halalmui: http://www.halalmui.org/mui14/index.php/main/go_to_section/59/1368/page/1

Niazi, M. A., Ghani, U., & Aziz, S. (2019). Impact of Islamic Religiosity on Consumers’ Attitudes towards Islamic and Conventional ways of Advertisements, Attitude towards Brands and Purchase Intentions. Business & Economic Review , Vol 11 No 1.

Sciffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2010). Consumer Behaviour (10th ed). . New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Souiden, N., & Rani, M. (2015). Consumer attitudes and purchase intentions toward Islamic banks: the influence of religiosity. International Journal of Bank Marketing, Volume 33 No 2.

Wang, L., Wong, P. P., & Narayan, E. A. (2019). The demographic impact of consumer green purchase intention toward Green Hotel Selection in China. Tourism and Hospitality Research, Volume 20 No 2.




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jaiss.v2i2.625

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


LP2M (Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat)

Universitas AL-AZHAR INDONESIA, Lt.2 Ruang 207

Kompleks Masjid Agung Al Azhar

Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru

Jakarta Selatan 12110