Purchase Decision pada E-commerce Tiket Travel dan Reservasi Hotel di Indonesia

Bambang Eko Samiono, Ulfa Mustikarini Hanifati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Purchase Decision berdasarkan Web Quality dan EWOM melalui Online Trust pada tiga objek website layanan tiket travel dan reservasi hotel online di Indonesia (Traveloka.com, Tiket.com dan Pegipegi.com). Teknik pengambilan sampel penelitian ini adalah non-probability sampling, dan purposive sampling. Ampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah responden yang pernah melakukan transaksi layanan tiket perjalanan dan reservasi hotel secara online dalam 3 bulan terakhir di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi dengan jumlah 200 orang dan dianalisis menggunakan SEM. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Purchase Decision hanya dipengaruhi secara langsung oleh Web Quality. Sementara Online Trust secara langsung dipengaruhi oleh Web Quality dan EWOM, namun tidak ada pengaruh langsung Online Trust terhadap Purchase Decision. Juga tidak ada pengaruh tidak langsung Web Quality dan EWOM terhadap Purchase Decision melalui Online Trust.

Kata kunci: Kualitas Web, EWOM, Kepercayaan Online, Keputusan Pembelian.


Full Text:

PDF

References


Gilliland, N. (2017, Agustus 17). Five examples of brands that succeed with word-of-mouth marketing. Retrieved from https://econsultancy.com/: https://econsultancy.com/brands-succeed-word-of-mouth-marketing/

KEG. (2018, Juni 23). 30 Juta Perjalanan Wisatawan Nusantara di Momen Mudik Lebaran Gairahkan Industri Pariwisata. Retrieved from Wonderful Indonesia Co-Branding Forum: https://swa.co.id/wicf/news/30-juta-perjalanan-wisatawan-nusantara-di-momen-mudik-lebaran-gairahkan-industri-pariwisata

Kotler, & Keller. (2016). Marketing Management. 15th. America: Pearson Education Limited.

Ling, K. C., Chai, L. T., & Piew, T. H. (2010). The Effects of Shopping Orientations, Online Trust and Prior Online Experience toward Customers Online Purchase Intention. Internatinal Business Research, Vol 3 No 3.

Loehlin, J. C. (1998). Latent Variable Models: An Introduction to Factor, Path, and Stuctural Analysis. Mahwah NJ: Lawrence Erlbaum.

Nasiruddin, Kauthar, Hashim, H., & Yusof, R. N. (2016). Electronic Word of Mouth: Exploring the Consumer Perspective. International Journal of Accounting and Business Management, Volume 4 Nomor 2.

Sastika, W. (2016, 18 - 19 Maret). Analisis Pengaruh Kualitas Website (Webqual 4.0) Terhadap Keputusan Pembelian pada Website E-Commerce Traveloka (Studi Kasus: Pengguna Traveloka di Kota Bandung Tahun 2015). Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi. Yogyakarta.

Schiffman, L. G., Kanuk, L. L., & Hansen, H. (2012). Consumer behaviour: a European outlook. Newyork: Pearson Financial.

Setyawan, Y. N., & Japarianto, E. (2014). Analisa Pengaruh Kepercayaan, Jaminan Rasa Aman, dan Aksestabilitas terhadap Minat Menabung Nasabah Bank Danamon Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol 2 No 1.

Sugianto, Y. M. (2016). Pengaruh Website Quality, Electronic- Word-of-Mouth dan Sales Promotion Terhadap Impulse Buying pada Zalora. Jurnal Manajemen Pemasaran, Volume 3 No 2.




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jaiss.v2i2.548

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


        

LP2M (Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat)

Universitas AL-AZHAR INDONESIA, Lt.2 Ruang 207

Kompleks Masjid Agung Al Azhar

Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru

Jakarta Selatan 12110

Web Analytics Made Easy - Statcounter

View My Stats