Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT Astra International, Tbk Toyota Auto 2000 Bumi Serpong Damai

Cornelia Dumarya Manik

Abstract


Abstrak - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian pada PT. Astra International, Tbk-Toyota Auto 2000 cabang Bumi Serpong Damai. Penelitian ini dilaksanakan di PT. Astra International, Tbk-Toyota Auto 2000 cabang Bumi Srpong Damai. Model penelitian yang digunakan yakni dengan metode observasi, wawancara, kuesioner dan studi kepustakaan yang dilakukan secara sistematik berdasarkan tujuan penelitian. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, asosiatif dengan populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan yang melakukan service berkala pada PT. Astra International, Tbk-Toyota Auto 2000 cabang Bumi Serpong Damai, dalam waktu 5 ( lima ) tahun yaitu sebanyak 624 pelanggan. Metode penarikan sampel menggunakan rumus Slovin didapat sebanyak 86 responden. Metode analisis dalam pengolahan data adalah uji validitas dan reliabilitas, uji regresi linear sederhana, koefisien determinasi, uji hipotesis (uji-t), dan uji korelasi pearson product moment untuk mengetahui seberapa besar pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian mobil Toyota Yaris. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh hasil, bahwa terdapat pengaruh hubungan positif antara citra merek terhadap keputusan pembelian sebesar 0,602 sehingga adanya hubungan antara citra merek terhadap  keputusan pembelian, dari hasil regresi lienar sederhana dapat dilihat persamaan yang bernilai y=16.546+0,583X. Yang memiliki arti bahwa variabel citra merek berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen, dari hasil uji determinasi sebesar 0,362. Hal ini menunjukkan bahwa sebesar 36,2% Keputusan Pembelian konsumen terhadap pembelian mobil Toyota Yaris dipengaruhi oleh variasi dari ketiga variabel independen, yaitu keunggulan asosiasi merek, kekuatan asosiasi merek, keunikan asosiasi merek, Sedangkam sisanya sebesar 63,8% dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti. Hasil t hitung adalah 6,907 lebih besar dari t tabel yaitu 1,9886. Oleh karena itu t-hitung lebih kecil daripada t-tabel, maka H0 ditolak dan Ha≠0 diterima. Ini menunjukkan bahwa antara pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian terdapat pengaruh yang signifikan.

Kata Kunci : Citra merek, Keputusan Pembelian.

 

Abstract - This research was conducted on PT. Astra International, Tbk-Toyota Auto 2000 branch of Bumi Serpong Damai. The research model used is the method of observation, interviews, questionnaires and literature studies conducted systematically based on research objectives. This research method using quantitative method, associative with population in this research is customer who do periodical service on PT. Astra International Tbk-Toyota Auto 2000 branch Bumi Serpong Damai, within 5 (five) years as many as 624 customers. Sampling method using Slovin formula obtained as many as 86 respondents. Method of analysis in data processing is test of validity and reliability, simple linear regression test, coefficient of determination, hypothesis test (t- test), and Pearson product moment correlation test to find out how much the influence of the brand image of Toyota Yaris car purchase decision. Based on the results of research and discussion obtained the results, that there is influence positive relationship between the brand image to purchase decision of 0.602 so that the relationship between the brand image of the purchase decision, from the results of simple lienar regression can be seen the equation y = 16,546 + 0,583X. Which means that brand image variables have a positive effect on consumer purchasing decisions, from the test determination of 0.362. This shows that 36,2% Consumer purchasing decision on Toyota Yaris car purchase is influenced by variation from three independent variables, namely the superiority of brand association, the strength of brand association, uniqueness of brand association, the remaining cages of 63,8% influenced by the variables others not examined. Result t count is 6,907 bigger than t table that is 1,9886. Therefore t-count is smaller than t-table, then H0 is rejected and Ha ≠ 0 is accepted. This shows that between the influence of brand image to purchase decision there is a significant influence.

Keywords : Brand image, Purchase Decision.


Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari, 2007. Manajemen dan Pemasaran Jasa, Penerbit PT. Alfabeta, Cetakan Kesembilan, Bandung.

Ardana. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Daryanto. 2011. Sari Kuliah Manajemen Pemasaran, Bandung: PT. Sarana

Ferinda dewi, Erna. 2008. Merek danPsikologi Konsumen, Implikasi pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Hasan, Misbahudin Iqbal. 2013. Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Jakarta: PT. Bu, I Aksara.

Kotler. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 1, Edisi ketigabelas, Erlangga, Jakarta.

. 2012. Manajemen Pemasaran, Analisis Perencanaan dan Pengendalian, (Terjemahan Ancella Anitawati Hermawan), Jilid II, Edisi 9, Prehallindo, Jakarta.

dan Garry Amstrong. 2014. Citra Merek dan Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 12. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Tjiptono, Fandy. 2009. Strategi Pemasaran. Yogyakarta, Penerbit Andi.

.2015. Strategi Pemasaran, Edisi 4, Penerbit Andi, Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jaiss.v1i2.470

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




LP2M (Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat)

Universitas AL-AZHAR INDONESIA, Lt.2 Ruang 207

Kompleks Masjid Agung Al Azhar

Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru

Jakarta Selatan 12110