Membaca Film Sebagai Sebuah Teks: Analisis Isi Film “Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI)”

Rahman Asri

Abstract


Abstrak - Perkembangan dunia perfilman saat ini sudah berkembang pesat, tak terkecuali di Indonesia. Berbagai tema film telah diproduksi sebagai sarana hiburan maupun penyampaian pesan bagi khalayaknya. Penelitian ini bertujuan mendeksipsikan pesan (message) yang disampaikan dalam sebuah film dengan menganalisis isi (content analysis) secara kualitatif dalan paparan cerita film “Nanti Kita Cerita Tentang Hari INI (NKCTHI)” yang bergenre drama keluarga yang telah mendeskripsikan tentang kedudukan dan peran seorang lelaki, suami dan ayah dalam sebuah keluarga yang digugat oleh anak-anaknya sesuai perkembangan jaman mereka. Pesan cerita film NKCTHI ini menggugat dominasi laki-laki sebagai suami dan sekaligus ayah dalam latar belakang masyarakat yang masih patriarki, dimana otoritas dan pusat kekuasaan masih dominan pada laki-laki.       

Kata Kuncifilm, analisis isi, kualitatif, komunikasi massa, media

Abstract – Expanded growth in film industry all over the worlds, include Indonesia to released many theme and variant genre of movies for entertaintment and delivered messages for target audiences. The Objective of this study to describe about story message from family drama movie “Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI)”. This qualitative study used content analysis method with description about role and position a man as husband and father in traditional society with patriarchy, when a man handled authority and power dominantly, who sued by his lovely children in family.

Keywordsfilm, content analysis, qualitative, mass communication, media


Full Text:

PDF

References


Stanley J. Baran. 2012. Pengantar Komunikasi Massa Literasi Media dan Budaya (terjemahan) Jakarta: Salemba Humanika, Hal. 231.

Alex Sobur. 2006. Semiotika Komunikasi. Bandung:Remaja Rosdakarya. Hal 126- 127.

intranspublishing.com. “Bedah Buku Film Sebagai Proses Kreatif” http://intranspublishing.com/bedah-buku-film-sebagai-proses-kreatif/, diakses pada 23 Agustus 2020 jam 15:16.

M. Ilham Zoebazary. 2010. Kamus Istilah Televisi dan Film. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama. Hal. 159.

Khomsahrial Romli. 2016. Komunikasi Massa. Jakarta: Kompas Gramedia. Hal. 2.

Heri Susanto. 2019.” Tumbuh Pesat Indonesia Pasar Potensial bagi Industri Film”https://katadata.co.id/berita/2019/03/16/tumbuh-pesat-indonesia-pasar-potensial-bagi-industri-film di akses pada 22 Agustus 2020 jam 13:11

saifulmujani.com. “67 Persen Anak Muda Indonesia Menonton Film Nasional dan Hanya 55 Persen Menonton Film Asing” https://saifulmujani.com/67-persen-anak-muda-indonesia-menonton-film-nasional-dan-hanya-55-persen-menonton-film-asing/ diakses pada 22 Agustus 2020 jam 13:31.

ibid.

inews.id “Film Nasional Ternyata Banyak Ditonton GenerasiMilenial”https://www.inews.id/lifestyle/film/film-nasional-ternyata-banyak-ditonton-generasi-milenial diakses pada 22 Agustus 2020 jam 14:30

bisnis.com.”Generasi Muda Masih Suka Tonton Film Nasional” https://lifestyle.bisnis.com/read/20200116/220/1191082/generasi-muda-masih-suka-tonton-film-nasional diakses pada 23 Agustus 2020 jam 16:35.

beritasatu.com. “Film NKCTHI Torehkan Sejarah di Awal 2020” https://www.beritasatu.com/jaja-suteja/hiburan/594791/film-nkcthi-torehkan-sejarah-di-awal-2020 diakses pada 22 Agustus 2020 jam 14:02.

bookmyshow.com. “10 Film Indonesia Terlaris Kuartal Pertama Tahun 2020” https://id.bookmyshow.com/blog-hiburan/10-film-indonesia-terlaris-kuartal-pertama-tahun-2020/ diakses pada 22 Agustus 2020 jam 16:02.

Lahyanto Nadie. 2019. Media Massa dan Pasar Modal: Strategi Komunikasi Bagi Perusahaan GoPublic. Jakarta: Pustaka Kaji. Hal. 8.

Firsan Nova. 2009. Crisis Public Relation: Bagaimana PR Menangani Krisis Perusahaan. Jakarta: Grasindo. Hal. 204.

Tommy Suprapto. 2009. Pengantar Teori & Manajemen Komunikasi. Yogyakarta : MedPress. Hal.19,

Khomsahrial Romli. Loc.cit.

Tommy Suprapto. Loc.cit.

Firsan Nova. Loc.cit.

Nurudin. 2011. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada. Hal. 3-4.

Anton Mabruri KN. 2013. Manajemen Produksi Program Acara TV. Jakarta: Gramedia Widiasarana. Hal. 2-3

ibid.

Stanley J. Baran. Op.cit. Hal. 235

Onong Uchjana Effendy. 2007. Kamus Komunikasi. Bandung: CV Mandar Maju. Hal. 210

ibid.

Nurbayati, Husnan Nurjuman, Sri Mustika. 2017 ”Konstruksi Media Tentang Aspek Kemanusiaan Pada Poligami (Analisi Isi Terhadap Film Surga Yang Tak DiRindukan)”. Jurnal Riset Komunikasi Vol 8, No 2 (2017). Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Hal 103-124

ibid.

Peter L. Berger and Thomas Luckmann. 1966. The Social Construction of Reality A Treatise in the Sociology of Knowledge. New York: Penguin Books.

Burhan Bungin. (2008). Konstruksi Sosial Media Massa. Kekuatan Pengaruh Media Massa, Iklan Televisi & Keputusan Konsumen Serta Kritik Terhadap Peter, L. Berger & Thomas Luckmann. Jakarta: Kencana Prenada Media. Hal. 214

History.2009. First commercial movie screene. https://www.history.com/this-day-in-history/first- diakses pada 22 Agustus 2020 jam 14:33.

Onong Uchjana Effendy. Op.cit. Hal. 226

Pratista Hilmawan. 2008. Memahami Film. Yogyakarta: Homerian Pustaka. Hal. 24

Anton Mabruri KN. Loc.cit.

Stanley J. Baran. Op.cit. Hal. 231.

okezone.com.”Ini 5 Film Propaganda Terpopuler” https://nasional.okezone.com/read/2017/09/19/337/1779137/ini-5-film-propaganda-terpopuler diakses pada 23 Agustus 2020 jam 13:45.

boombastis.com. “Jenius! Ini 5 Propaganda Terselubung di Balik Film Heroik Amerika” https://www.boombastis.com/propaganda-film-amerika/65061 diakses pada 22 Agustus 2020 jam 13:41.

liputan6.com. “10 Kartun Disney Ini Ternyata PropagandaPerang?” https://www.liputan6.com/global/read/2848040/10-kartun-disney-ini-ternyata-propaganda-perang diakses pada 22 Agustus 2020 jam 13:43.

Jallaludin Rakhmat. 2011. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Hal. 217.

K. Krippendorff. 2004. Content analysis: an introduction to its methodology (2nd ed.). London: Sage Publications.

Bonaventura Satya Bharata. 2011. “Analisis Isi Kuantitatif, Sebuah Pengantar Untuk Penelitian Teks Komunikasi” dalam Mix Methodologi Dalam Penelitian Komunikasi. Aswad Ishak, et. al. (ed.). Badan Litbang ASPIKOM. Yogyakarta: Buku Litera. Hal.97.

H.F. Hsieh and Shannon, S.E. 2005. Three Approaches to Qualitative Content Analysis. Thousand Oaks, California: Sage Publication.

imdb.com “Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (2020)”https://www.imdb.com/title/tt10773114/?ref_=ttpl_ql diakses pada 23 Agustus 2020 jam 14:35.

tirto.id. "Sinopsis Film NKCTHI yang Kembali Tayang di Netflix 23 Mei 2020", https://tirto.id/fq2Y diakses pada 24 Agustus 2020 jam 13:2




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jaiss.v1i2.462

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




LP2M (Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat)

Universitas AL-AZHAR INDONESIA, Lt.2 Ruang 207

Kompleks Masjid Agung Al Azhar

Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru

Jakarta Selatan 12110