Peran Media Sosial dalam Membentuk Citra Destinasi Pariwisata Kabupaten Bondowoso

Rusli Akhmad Junaedi, Moh Adi Rahmatullah, Amir Dwi Anggoro, Jesica Zahra Safira

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memahami peran media sosial dalam membentuk citra pariwisata Kabupaten Bondowoso. Latar belakang penelitian ini berfokus pada pentingnya citra destinasi dalam menarik wisatawan, khususnya di Kabupaten Bondowoso dan keterkaitannya dengan media sosial memainkan peran krusial dalam membangun narasi dan persepsi positif tentang destinasi pariwisata. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif-kualitatif, melibatkan wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis konten dari berbagai platform media sosial. Hasil penelitian menunjukkan media sosial secara signifikan memengaruhi persepsi dan citra wisatawan terhadap Kabupaten Bondowoso dengan konten yang dikurasi oleh influencer sebagai faktor kunci dalam menarik minat wisatawan. Selain meningkatkan visibilitas destinasi, media sosial juga berfungsi sebagai alat untuk membangun hubungan emosional antara destinasi dan pengunjung. Meskipun terdapat tantangan seperti risiko misinformasi, konten yang autentik dan interaksi positif dapat memperkuat citra destinasi dan mendorong pertumbuhan pariwisata. Penelitian ini memberikan rekomendasi strategis kepada pemangku kepentingan pariwisata di Kabupaten Bondowoso untuk memanfaatkan media sosial secara efektif dalam membangun citra positif dan meningkatkan kunjungan wisatawan.

 

 Kata kunci: Bondowoso, Destinasi, Media Sosial, Pariwisata


Full Text:

PDF

References


Aljudayi, F., & Abuanza, A. (2024). The impact of social media on consumer behavior. https://doi.org/10.59992/ijfaes.2024.v3n10p15

Amina, N. W. R., & Sadono, T. P. (2020). Exploring Potential of Almour Rawa Tourism Object in Bondowoso Jawa Timur. Pringgitan, 1(1).

Andzani, D., Virgin, D., & Setijadi, N. (2024). Peran Media Sosial dalam Membangun Citra Destinasi Pariwisata yang Menarik. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi, 11(1), 188-195.

Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Bondowoso. (2024). Penerimaan Daerah dari Pariwisata Penerimaan dari Pajak Tahun 2023 Semester II [Dataset]. https://sadab.bondowosokab.go.id/dataset/penerimaan-daerah-dari-pariwisata-penerimaan-dari-pajak-tahun-2023-semester-ii/resource/bddb8c2c-203b-4c82-ba4b-253b37b31afd

Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Bondowoso. (2024a). Penerimaan Daerah dari Pariwisata Penerimaan dari Retribusi Tahun 2023 Semester II [Dataset]. https://sadab.bondowosokab.go.id/dataset/penerimaan-daerah-dari-pariwisata-penerimaan-dari-restribusi-tahun-2023-semester-ii/resource/327086cc-a874-4fbf-bfe0-bec32b6fb2a8

Bahanan, M., Qastalano, R. I., & Junaedi, R. A. (2024). Peningkatan Literasi Digital Marketing UMKM di Kabupaten Bondowoso. AL-KHIDMAT: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 122-131.

Brea, J. A. F., & Cardoso, L. (2011). Tourism destination image: reflexão sobre as principais investigações internacionais. CULTUR: Revista de Cultura e Turismo, 5(2), 4-18.

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bondowoso. (2024). Buku Profil Satu Data Kabupaten Bondowoso Tahun 2024. Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bondowoso.

Fawaid, Y., Ulfah, M., & Masruroh, N. (2024). Youth Economic Empowerment Strategy Based on the Utilization of the YouTube Platform in YouTuber Tapen Bondowoso Village. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 5(1), 1-19.

Garg, R. K. (2024). The Impact of Social Media On Consumer Behavior And Its Implications For Business Growth. IOSR Journal of Business and Management, 26(10), 30–34. https://doi.org/10.9790/487x-2610163034

Guerreiro, M. M., Pinto, P. S., Ramos, C., Matos, N., Golestaneh, H., Sequeira, B., ... & Wijkesjö, M. (2024). The online destination image is portrayed by the user-generated content on social media and its impact on tourists' engagement. Tourism & Management Studies, 20(4), 1-15.

Hidayati, N. F., Rizal, M., & Sholehuddin, S. (2023). Analisis Strategi Wisata Tirta Agung Dalam Upaya Pengembangan Pariwisata Di Kabupaten Bondowoso. E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 12(02).

Junaedi, R.A., & Soekrani, T. S. (2023). Pengaruh Implementasi Strategi IMC terhadap Keputusan Mendaftar Siswa di SMK Telkom Sidoarjo Tahun Ajaran 2022/2023. Komunikatif: Jurnal Ilmiah Komunikasi, 12, 62–79. https://doi.org/10.33508/jk.v12i1.4478

Junaedi, R. A. (2024). Kajian Aksiologi Etika Pariwara Indonesia Amandemen 2020. Biram Samtani Sains, 8(2), 61-71. https://doi.org/https://doi.org/10.55542/jbss.v8i2.1059

Junaedi, R. A. (2024). Analysis of Integrated Marketing Communication Strategy for Surabaya Medical Tourism. Journal of Language, Communication, and Tourism, 3(1), 1–14. https://doi.org/10.25047/jlct.v3i1.5441

Junaedi, R. A., Rukiati, E., Taufikkurohman., Saadiyah, A. Z., & Putri, A. O. W. (2025). Analisis Elemen AIDA Pada Video Profil Program Studi D4 Produksi Media Politeknik Negeri Jember 2024. Vijnana: Jurnal Hasil Penelitian Multidisiplin, 1(1), 41-49.

Junaedi, R.A. (2025). Manajemen Produksi Iklan: Dari Pra Produksi Hingga Pasca Produksi. PT. Mafy Media Literasi Indonesia.

Kusuma, D. W. (2020). Institutional Capacity Development of Rural Tourism in Lombok Kulon Bondowoso. International Journal of Environmental, Sustainability, and Social Science, 1(1), 47-53.

Mastika, I. K., Hutama, P. S., Julianto, D. E., Windradini, D. B., Lokaprasida, P., Oktawirani, P., ... & Baratha, L. W. (2023). The Portrait of the Tirta Agung Tourism Village as a Geological Tourist Destination: The Case of Ijen Geopark in Bondowoso, Indonesia.

Malaihollo, T. P. (2024). Instagram social media management strategy@ Disparbudpora_Bondowoso as a communication medium in promoting Bondowoso District tourism. Jurnal Indonesia: Manajemen Informatika Dan Komunikasi, 5(3), 2658-2667.

Ocke, M., Braga, D. C., & Lessa, P. W. B. (2023). Destination branding e mídias sociais. Revista de Turismo Contemporâneo, 11(3), 443-463.

Purwowibowo, P., Hendrijanto, K. Santoso, B., & Hariyono, S. (2021). Pengembangan Potensi dan Daya Tarik Wisata di Kabupaten Bondowoso. Journal of Tourism and Creativity, 5(2), 139-152.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sumariadhi, N. W. (2023). The Role of Social Media in Promoting Tourism in Bangli Regency. Samā Jiva Jnānam (International Journal of Social Studies), 1(2), 28-37.

Sun, R. (2024). Research on the Impact of Social Media on Consumer Shopping Behavior: Based on Case Analysis of the Adolescent Population. Finance & Economics, 1(9). https://doi.org/10.61173/fvztq291

Wibisono, R. D., & Lale, J. (2024). The Impact of Social Media on Tourist Destination Choices: A Quantitative Analysis. OPSearch: American Journal of Open Research, 3(6), 141-146.




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jaiss.v6i1.3933

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


        

LP2M (Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat)

Universitas AL-AZHAR INDONESIA, Lt.2 Ruang 207

Kompleks Masjid Agung Al Azhar

Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru

Jakarta Selatan 12110

Web Analytics Made Easy - Statcounter

View My Stats