Membingkai Pola Chilean Student Movement pada Pergerakan Mahasiswa Indonesia dalam Perjuangan Hak Pendidikan

Fiqri Hidayat, Raihan Arrahman, Billy Ahmad Musa

Abstract


Penelitian hendak mengetahui dan menganalisis bagaimana gerakan mahasiswa Chili tahun 2011, dan studi perbandingan pola pergerakan mahasiswa Indonesia saat ini. Berdasarkan materi yang tersedia dan sumber-sumber sekunder, relevan menggambarkan simbol utama gerakan mahasiswa dewasa ini. Bagian utama dari wacana mahasiswa dan hubungannya dengan sistem pendidikan. Gerakan mahasiswa merupakan sebuah proses untuk mengekspresikan akumulasi keluhan terhadap beberapa fitur neoliberal dalam pendidikan yang serupa kini terjadi di Indonesia menghadapi sistem pendidikan. Metode Penelitian yang digunakan adalah Historis Komparatif dengan menggunakan pendekatan Deskriptif Analitis. Ruang lingkup penelitian ini adalah membahas tentang pola pergerakan mahasiswa Indonesia saat ini dengan studi perbandingan mengacu kepada pergerakan mahasiswa Chile. Gerakan Mahasiswa Chile dalam kasus ini informatif dan edukatif tidak hanya bagi mereka yang peduli dengan partisipasi mahasiswa, melainkan mempengaruhi potensi kerugian dari kebijakan-kebijakan pendidikan yang berorientasi pasar yang kerap dirasa dewasa ini. Gerakan mahasiswa Indonesia ternilai masih belum progresif dan belum berdampak luas bagi masyarakat. Kebijakan pemerintah masih jauh dari cita-cita negara, isu yang diangkat dalam tulisan ini berkaitan dengan pendidikan gratis, skema dan pola yang diadopsi dari gerakan Chile tentunya dapat menjadi pendorong semangat yang progresif pada gerakan mahasiswa di Indonesia dalam wujudkan cita-cita negara.

Kata Kunci:Neoliberal; Pendidikan; Pergerakan Mahasiswa; Pola.


Full Text:

PDF

References


Asmirawanti. (2015). “Komersialisasi Pendidikan,” Equilibrium Pendidikan Sosiologi IV, no. 1 (2015): 1–10.

Aurelio Z. R. (2021). Strategi Gerakan Mahasiswa Dalam Menuntut Pendidikan Murah. Retrieved from Balairungpress: https://www.balairungpress.com/2021/04/strategi-gerakan-mahasiswa-dalam-menuntut-pendidikan-murah/.

Bartlett, J. (2022). “Siswa kembali turun ke jalan di Chili karena sekolah masih menjadi pusat protes”. Retrieved from Theguardian.com: https://www-theguardian-com.translate.goog/world/2022/nov/01/chile-school-students-protests?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc.

Cabalin, C. (2014). “The Conservative Response to the 2011 Chilean Student Movement: Neoliberal Education and Media,” 35(4) .

Hartini, D. (2011). Skripsi Komersialisasi Pendidikan Di Era Globalisasi (Studi Kasus tentang Persepsi Masyarakat terhadap Kuasa Modal dalam Dunia Pendidikan di Kelurahan Jebres, Kecamatan Jebres, Surakarta tahun 2011).

Jubaedah, S. (2019). Gerakan Mahasiswa (Kajian Tentang Peranan Mahasiswa Universitas Trisakti Pada Mei 1998 Dalam Proses Pergantian Kekuasaan Orde Baru). Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah, 8(2).

Kontras. (2010). “Gerakan Mahasiswa Mana tinjumu”. Retrieved from Kontras.org: https://kontras.org/2010/01/22/gerakan-mahasiswa-dimanakah-tinjumu/.

Lukita, F. (2023). Peran Mahasiswa Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Retrieved from Kegiatan.pkimuin-suka.ac.id: https://kegiatan.pkimuin-suka.ac.id/single/peran-mahasiswa-dalam-meningkatkan-kualitas-pendidikan2023-11-2215-23-21.

Malaka, T. (2020). Aksi Massa. Yogyakarta: Narasi.

Mardianti, E. (2022). Gerakan Mahasiswa Dalam Pusaran Tiga Orde Kekuasaan: Antara Gerakan Moralis Atau Gerakan Politis. POLITICOS: Jurnal Politik dan Pemerintahan, 2(2)

Novianto, A. (2017). Revolusi Penguin dan Gerakan Musim Dingin Belajar Dari Pengalaman Perlawanan Pelajar di Chile. Retrieved from Majalahsedane.org: https://majalahsedane.org/2017/05/15/revolusi-penguin-dan-gerakan-musim-dingin-belajar-dari-pengalaman-perlawanan-pelajar-di-chile/1176/kajian/.

Orellana. (2015). Chilean Student Movement Against Neoliberal Educational Policies. Retrieved from Researchgate.net: https://www.researchgate.net/publication/262578044_The_2011_Chilean_Student_Movement_against_Neoliberal_Educational_Policies.

Pamflet Generasi. (2018). “Penguin Revolution and Chilean”. Retrieved from Pamflet.or.id: https://pamflet.or.id/2018/01/09/penguin-revolution-and-chilean-winter/.

Perdana, Y. Pratama A. R. (2022). Sejarah Pergerakan Nasional Indonesia. Jawa Tengah: Lakeisha.

Polglaze, R. (2016) “Chile: Student Set to Win Free Higher Education,” Retrieved from www.greenleft.org.au: https://www.greenleft.org.au/content/chile-students-set-win-free-higher-education. Jurnal Equilibrium and Pendidikan Sosiologi, “J Urnal E Quilibrium J Urnal E Quilibrium” IV, no. 2 (2016): 174–83.

Purwaningrum, A. Subhi, R. M. (2023). Faktor Penyebab Komersialisasi Pendidikan. Muaddib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1).

Somma, N. (2012). “The Chilean Student Movement of 2011-2012: Challenging the Marketization of Education,” Interface: A Journal for and about Social Movements 4(2).

Wahid, H. (2023). Haruskah Indonesia Menerapkan Pendidikan Gratis. Retrieved from kompas.com: https://www.kompas.com/edu/read/2023/09/20/150529471/haruskah-indonesia-menerapkan-pendidikan-gratis?page=all.

Zahir. (2023). Gerakan Mahasiswa Momentuman dan Terpecah Belah Bukti. Retrieved from Mediaunram.com: https://mediaunram.com/gerakan-mahasiswa-momentuman-dan-terpecah-belah-bukti-hegemoni-pemerintah-orde-baru-masih-tumbuh-subur/




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jaiss.v5i2.3007

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


        

LP2M (Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat)

Universitas AL-AZHAR INDONESIA, Lt.2 Ruang 207

Kompleks Masjid Agung Al Azhar

Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru

Jakarta Selatan 12110

Web Analytics Made Easy - Statcounter

View My Stats