Analisis Konten Instagram Ecollabo8 dalam Kampanye Green Economy

Marzalia Raisa

Abstract


Dalam era di mana kesadaran akan pembangunan berkelanjutan semakin meningkat, kampanye-kampanye yang mempromosikan green economy atau ekonomi hijau menjadi semakin penting. Salah satu platform media sosial yang paling umum digunakan untuk menyebarkan pesan keberlanjutan adalah Instagram, dengan banyak akun yang didedikasikan untuk tujuan tersebut, salah satunya akun instagram @ecollabo8. Penelitian ini bertujuan memahami jenis konten apa yang paling berhasil menarik perhatian pengikut, bagaimana pesan-pesan terkait green economy disampaikan dan bagaimana interaksi pengikut dengan konten tersebut pada instagram @ecollabo8. Metode penelitian yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan metode analisis konten. Konsep 4 pilar strategi media sosial oleh Lon Safko dan David K. Brake digunakan sebagai dasar analisis yang terdiri dari komunikasi, kolaborasi, pendidikan, dan hiburan. Hasil dari penelitian ini, bahwa di antara keempat elemen itu, konten komunikasi paling banyak diposting di akun Instagram @ecollabo8. Konten-konten tersebut digunakan untuk mengkomunikasikan kegiatan ekonomi hijau @ecollabo8 dan mempromosikan produk mereka melalui unggahan video yang terbukti menarik lebih banyak engagement. Penggunaan hashtag #ecofriendly dan #sustainable hanya digunakan pada video-video proses pembuatan produk untuk pencitraan merek dan membentuk awareness audiens tentang green economy yang merupakan bagian dari program pembangunan keberlanjutan.

Kata Kunci: Green Economy; Instagram; Komunikasi Pemasaran; SDG’s; 4 Pilar Strategi Media Sosial.


Full Text:

PDF

References


Afriadi, I.A. (2020). Strategi Public Relations Astrido Daihatsu Dalam Mempertahankan Citra Mobil Daihatsu Sigra Sebagai Mobil Low Cost Green Car (Studi Kasus Pada PT. Astrido Jaya Mobilindo Cabang Jakarta Barat). Global Komunika UPN Veteran Jakarta, 1(1), 1-13.

Annur, Cindy Mutia. (2024). Ini Media Sosial Paling Banyak Digunakan di Indonesia Awal 2024. Diambil dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2024/03/01/ini-media-sosial-paling-banyak-digunakan-di-indonesia-awal-2024. Diakses pada 11 Mei 2024

Anwar, M. (2022). Green economy sebagai strategi dalam menangani masalah ekonomi dan multilateral. Jurnal Pajak dan Keuangan Negara (PKN), 4(1S), 343-356.

Auliya, F. N., & Nurhadi, N. (2023). Menuju Ekonomi Hijau Yang Berkelanjutan: Tantangan Dan Peluang Untuk Stabilitas Lingkungan Dan Ekonomi Jangka Panjang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 5(2), 97-102. DOI: https://doi.org/10.57214/pengabmas.v5i2.304

Badullovich, N., Grant, W. J., & Colvin, R. M. (2020). Framing climate change for effective communication: a systematic map. Environmental research letters, 15(12), 123002.

https://doi.org/10.1088/1748-9326/aba4c7

Boyd, D.M., Ellison, N.B. (2010). Social Network Sites: Definition, History, and Scholarship. Journal of Computer-Mediated Communication January 2007

Ecollabo8 B2B Sevice. (n.d). Diakses pada 1 Mei 2024, dari https://ecollabo8.com/wp-content/uploads/2024/03/ECOLLABO8-B2B-Services.pdf

Fadli A., Sazali, H. (2023). Peran Media Sosial Instagram @Greenpeaceid Sebagai Media Kampanye Dalam Menjaga Lingkungan. Jurnal Ilmu Komunikasi UHO: Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Sosial dan Informasi, 8(2), 209-222.

Green Economy. (n.d). In UNEP. Diakses pada 9 Juni 2024, dari https://www.unep.org/regions/asia-and-pacific/regional-initiatives/supporting-resource-efficiency/green-economy

Hariyanto, Didik. (2023). Buku Ajar Komunikasi Pemasaran. Sidoarjo: Umsida Press

Kotler, P. & Keller, K.L. (2016). Marketing Management. Essex: Pearson Education Limited.

Lay, Cen Lu., Gunawan, I., Abednego, F. & Natasha, S. (2021). Pengaruh Cause Related Marketing Terhadap Trust In Cause Related Marketing Dan Brand Loyalty. Jurnal E-Bis, 5(2), 409-424. https://doi.org/10.37339/e-bis.v5i2.540

Leaver, T., Highfield, T. & Abidin, C. (2020). Instagram: Visual Social Media Cultures. Networking Knowledge 13 (1) Conference Special Issue (November 2020) 1st ed. Cambridge: Polity. Xiii + 264pp. ISBN: 978-1-5095-3438-8

Makmun. (2016). Green Economy: Konsep, Impelentasi Dan Peran Kementerian Keuangan. Jurnal Ekonomi Dan Pembangunan 19 (2), 1-15. DOI: https://doi.org/10.14203/JEP.19.2.2011.1-15.

Muharman, D., Widya N.R., Albert. (2022). Penerapan Green Economy dalam Budaya Organisasi Kulaku Indonesia. Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia. Vol. 5, No. 02 (2022), h. 209-217

Nafsyah, A. S., Maulidyah, S. R., Nurlia, A. S., Adhyanti, W. P. (2022). Analisis Konten Media Sosial Instagram By. U Sebagai Sarana Penyebaran Informasi dan Komunikasi. MASSIVE: Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol. 2, No. 2 Desember 2022. 1 - 11.

Nugraha, R. et.al. (2024). Green Economy (Teori, Konsep, Gagasan Penerapan Perekonomian Hijau Berbagai Bidang Di Masa Depan). Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia

Nugroho, I.A., Dirgantara, P. (2023). Komunikasi Lingkungan Dalam Program Kampung Hijau Terpadu Di Kelurahan Cakung Barat. Jurnal Ilmu Komunikasi UHO: Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Sosial dan Informasi. Volume 8. No. 3. (2023), h. 547-557

Nusantara, E. A. P., Ajeng, K., Yustiono, D. A., & Amalia, D. (2024). ANALISIS KONTEN INSTAGRAM@ wirawirisuroboyo SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI DAN INFORMASI. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 11(1), 365-377.

doi:http://dx.doi.org/10.31604/jips.v11i1.2024.365-377

Panuntun, E.B. (2024). Memanfaatkan Sosial Media untuk Kampanye Lingkungan: Tantangan dan Peluang. Diambil dari https://relungindonesia.org/2024/02/memanfaatkan-sosial-media-untuk-kampanye-lingkungan-tantangan-dan-peluang/ . Diakses pada 2 Juli 2024.

PPSDMA, Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Aparatur. (2021). Mengenal Lebih Dalam Langkah Aplikasi Ekonomi Hijau di Indonesia. Diambil dari situs https://ppsdmaparatur.esdm.go.id/seputar-ppsdma/mengenal-lebih-dalam-langkah-aplikasi-ekonomi-hijau-di-indonesia.

Pramana, P.D. et al. (2021). Symbolic convergence of #ClimateCrisis: A content analysis of Greenpeace Indonesia campaign on Instagram. IOP Conf. Ser.: Earth Environ. Sci. 724 012101

Prastika, S.K., Maryani, E., Mirawati, I. (2023). Instagram @teensgogreen.id Sebagai Aktivisme Media dalam Isu Lingkungan untuk Generasi Muda. Jurnal Penelitian Sistem Informasi Vol. 1 No. 3 Agustus 2023 e-ISSN :2985-7759, p-ISSN :2985-6310, Hal 48-65 DOI: https://doi.org/10.54066/jpsi.v1i3.643.

Putra, A. D., & Suprapti, N. W. S. (2017). Implementasi Pemasaran Hijau melalui Penawaran Tas Belanja Eco-bag untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Pasar Swalayan. Matrik: Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis, dan Kewirausahaan, 11(1), 40-51.

Putra, M & Rochmaniah, Ainur. (2023). Content Analysis of Environmental Care Messages through Instagram Social Media @ecoton.id: Analisis Konten Pesan Peduli Lingkungan melalui Media Sosial Instagram @ecoton.id. 10.21070/ups.2576.

Putri, N.N.A., Urfan, N.F. (2024). Pemanfaatan Media Sosial Pada Akun Instagram Komunitas @earthhourjogja Guna Menumbuhkan Kesadaran Lingkungan. JURNAL ILMIAH MUQODDIMAH: Jurnal Ilmu Sosial, Politik Dan Humaniora Vol. 8, No.2, Mei 2024. E-ISSN: 2598-6236

Putrie, C. A. R., & Ikhwan, I. (2023). Adaptasi Budaya Digital Pada Generasi Z Di Masa Pandemi (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Panca Sakti Bekasi). Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen dan Akuntansi), (6), 668-674.

Rahmawati, S., & Andrini, S. (2023). Strategi komunikasi public relations dalam membangun citra perusahaan summertide melalui perubahan kemasan ramah lingkungan. Jurnal Audience: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(2), 237-254. DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v6i2.8553

Rizal, M. Y. Z., Nurdin, N., & Azib, A. (2017). Pengaruh Implementasi Green Company terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan. Prosiding Manajemen, 469-475.

Safko, L., Brake, D.K. (2009). The Social Media Bible: Tactics, Tools, and Strategies for Business Success. New Jersey: John Wiley

Solikhah, B., & Winarsih, A. M. (2016). Pengaruh liputan media, kepekaan industri, dan struktur tata kelola perusahaan terhadap kualitas pengungkapan lingkungan. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Indonesia, 13(1), 1.

Suparman, U. (2020). Bagaimana Menganalisis Data Kualitati. Pusaka Media

Ulfa, G. S., Fatchiya, Anna. (2018). Efektivitas Kampanye Lingkungan "Earth Hour Bogor" melalui Platform Instagram. Jurnal Komunikasi Pembangunan Volume 16, No. 1, Februari 2018.

UNEP, United Nations Environment Programme (2011). Towards a Green Economy: Pathways to Sustainable Development and Poverty Eradication - A Synthesis for Policy Makers. https://wedocs.unep.org/20.500.11822/32245.

Wu, H., et al. (2020). Environmental decentralization, local government competition, and regional green evelopment: Evidence from China. Science of The Total Environment, 708. https://doi.org/10.1016/j.scitotenv.2019.135085




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jaiss.v5i2.2944

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


        

LP2M (Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat)

Universitas AL-AZHAR INDONESIA, Lt.2 Ruang 207

Kompleks Masjid Agung Al Azhar

Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru

Jakarta Selatan 12110

Web Analytics Made Easy - Statcounter

View My Stats