Analisis Strategi Komunikasi Organisasi Nonprofit dalam Sosialisasi Perubahan Visi dan Misi Organisasi

Tety Rahmawati

Abstract


Dalam zaman yang terus berubah, organisasi menghadapi tekanan untuk beradaptasi dan mengikuti perkembangan. Strategi komunikasi yang efektif dalam memperkenalkan perubahan visi dan misi organisasi menjadi sangat penting, karena perubahan ini melibatkan pergeseran tujuan, nilai-nilai, fokus program, dan arah strategis. Penelitian ini bertujuan menganalisis strategi komunikasi dalam menyosialisasikan perubahan visi dan misi pada organisasi bernama "Gerakan TurunTangan" sebuah organisasi non-profit. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif melalui studi kasus yang melibatkan pemeriksaan mendalam terhadap individu, kelompok, organisasi, program kegiatan, atau entitas lainnya dalam konteks waktu tertentu. Data diperoleh melalui wawancara, observasi lapangan, analisis dokumen, dan referensi literatur yang relevan. Teknik analisis data mengikuti pendekatan Miles dan Huberman, yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan inferensi. Validitas data ditekankan dengan menggunakan teknik triangulasi, yaitu membandingkan data observasi dengan data wawancara, serta data wawancara dengan data dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi melibatkan dua program utama, yaitu FGD Online dan Gathering Nasional di Makassar. Pendekatan utama dalam sosialisasi adalah melalui media online dan pertemuan tatap muka dengan seluruh anggota organisasi yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Hasil penelitian diharapkan memberikan wawasan berharga tentang cara organisasi non-profit menyampaikan perubahan visi dan misi mereka kepada anggota dan stakeholder di seluruh Indonesia.

Kata Kunci: Visi Misi; Strategi; Gerakan TurunTangan.


Full Text:

PDF

References


Cangara, H. (2013). Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Raja Grafindo Persada.

Duck, S., & McMahan, D. T. (2016). Communication in Everyday Life: The Basic Course Edition with Public Speaking. Sage Publications, Inc.

Effendy, O. U. (2017). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktik. PT Remaja Rosdakarya.

Feldman, D. C. (2017). Organizational Socialization: Joining and Leaving Organizations. Routledge.

Gamble, T. K., & Gamble, M. W. (2014). Interpersonal Communications: Building Communication Together (M. Byrnie, Ed.). Sage Publication.

Hasmawati, F. (2022). Strategi Komunikasi Dalam Manajemen Pengembangan Organisasi. Jurnal Manajemen Dakwah, 5(2).

Jailani, M. S. (2017). Membangun Kepercayaan Data dalam Penelitian Kualitatif. Primary Education Journal, 4 (2). 36363. http://pej.ftk.uinjambi.ac.id/index.php/PEJ/index

Miles, B., Matthew, Hubberman, & Michael. (1992). Analisis Data Kualitatif. Penerbit UI.

Moleong, L. J. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.

Moleong, L. J. (2018). Metode Penelitian Kualitatif (Revisi, Vol. 38). PT Remaja Rosdakarya.

Rifa’i, M. (2017). Pengelolaan Terhadap Perubahan dan Perkembangan Organisasi. Manajemen Pendidikan Dan Keislaman, 1(2), 54–68.

Romadona, M. R., & Setiawan, S. (2020). Communication of Organizations in Organizations Change’s Phenomenon in Research and Development Institution. Journal Pekommas, 5(1), 91. https://doi.org/10.30818/jpkm.2020.2050110

Ruslan, R. (2018). Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. Rajagrafindo Persada.

Schein, E. H. (2010). Organizational Culture and Leadership. Jossey-Bass.

Simerson, B. K. (2015). Strategic Planning: A Practical Guide tp Strategy Formulation and Execution. Wiley,Inc.

Siswanto, S., & Sucipto, A. (2008). Teori dan Perilaku Organisasi: Suatu Tinjauan Integratif. UIN-Maliki Press.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan RD. Alfabeta.

Siahaan, A., & Zen, W. L. (2012). Manajemen Perubahan: Telaah Konseptual, Filosofis dan Praktis Terhadap Kebutuhan Melakukan Perubahan Dalam Organisasi. Ciptapustaka Media Perintis.

Turuntangan.id. (2023). Gerakan TurunTangan. https://turuntangan.id./




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jaiss.v5i1.2693

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


        

LP2M (Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat)

Universitas AL-AZHAR INDONESIA, Lt.2 Ruang 207

Kompleks Masjid Agung Al Azhar

Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru

Jakarta Selatan 12110

Web Analytics Made Easy - Statcounter

View My Stats