Perancangan Strategi Pemasaran pada Kemitraan Teh Krampol Menggunakan Metode SWOT dan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM)

Faradila Permatasari, Tiara Verita Yastica, Meldi Rendra

Abstract


Teh Krampol merupakan salah satu usaha yang memasarkan minuman berbahan baku teh yang dikembangkan secara kemitraan. Kemitraan Teh Krampol mengalami permasalahan berupa penjualannya yang tidak stabil yang menyebabkan tidak tercapainya target penjualan setiap bulannya. Terdapat data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu perolehan data penjualan selama tahun 2022 hingga 2023 yang fluktuatif. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan rancangan strategi pemasaran yang dapat meningkatkan kebutuhan pasar pada Kemitraan Teh Krampol. Pada penelitian ini, digunakan metode Analisis SWOT dan Matriks QSPM yang akan menghasilkan perancangan strategi yang dimulai dari matriks IFE, matriks EFE, matriks IE, matriks SWOT dan matriks QSPM. Alternatif strategi yang diperoleh dan telah divalidasi Pemilik Kemitraan Teh krampol yaitu aktif mengunggah iklan dan konten promosi produk pada media sosial minimal 5 kali dalam 1 minggu agar dapat meningkatkan brand awareness dan memperluas pangsa pasar dengan total Attractiveness Score sebesar 6,830.

Kata kunci: Kemitraan Teh Krampol, Strategi Pemasaran, SWOT, Metode QSPM.


Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. (2021). Statistik The Indonesia. Jakarta: BPS-Statistic Indonesia

David, R. F. (2004). Manajemen Strategis Edisi Ketujuh. Jakarta: PT. Prenhallindo.

David, R. F. (2009). Manajemen Strategis. Jakarta: PT. Salemba Empat.

Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia. (2022). Kolaborasi dan Sinergi Untuk Tingkatkan Produksi dan Daya Saing Teh Indonesia. https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/3950/kola%20borasi-dan-sinergi-untuk-tingkatkan-produksi-dandaya-saing-teh%20indonesia

Kolaborasi dan Sinergi Untuk Tingkatkan Produksi dan Daya Saing Teh Indonesia. (2022). From ekon.go.id: https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/3950/kolaborasi-dan-sinergi-untuk-tingkatkan-produksi-dan-daya-saing-teh-indonesia

Kotler. (2000). Prinsip-Prinsip Pemasaran Manajemen,. Jakarta: Prenhalindo.

Kotler. (2012). Manajemen Pemasaran, Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Mahdi, I. (2022). Indonesia Produksi Teh Sebanyak 145,1 Ribu Ton pada 2021. From https://dataindonesia.id/: https://dataindonesia.id/sektor-riil/detail/indonesia-produksi-teh-sebanyak-1451-ribu-ton-pada-2021

Rangkuti, D. F. (2011). SWOT Balanced Scorecard. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Rangkuti, D. F. (2017). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Pt. Gramedia Pustaka Utama.

Robinson. (2013). Manajemen Strategis : Formulasi, Implementasi, dan Pengendalian. Jakarta: Salemba Empat.

Santoso. (2013). Stasistika Ekonomi plus Aplikasi SPSS. Ponorogo: Umpo Press.

Setyorini. (2016). Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Matriks Swot Dan Qspm (Studi Kasus: Restoran Ws Soekarno Hatta Malang). Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri , 46-53.




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jaiss.v5i1.2252

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


        

LP2M (Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat)

Universitas AL-AZHAR INDONESIA, Lt.2 Ruang 207

Kompleks Masjid Agung Al Azhar

Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru

Jakarta Selatan 12110

Web Analytics Made Easy - Statcounter

View My Stats