Online Lending from an Islamic Business Perspective
Abstract
Pinjaman online sendiri merupakan jenis pinjaman yang dapat dicairkan dalam waktu yang relatif lebih cepat dibandingkan dengan pinjaman biasa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana pinjaman online menurut hukum Islam. Dalam Islam, pinjaman yang diperbolehkan mengikuti surah Al-Hadid ayat 11, yang merupakan salah satu dari beberapa dalil yang menjadi dasar pengaturan pinjam meminjam. Dalam hal ini, pinjaman online awalnya memiliki berbagai kontroversi. Kajian ini akan menjelaskan kaidah-kaidah pinjaman online dengan menggunakan perspektif Islam. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur untuk mengumpulkan data dengan membaca dan mengkaji berbagai fenomena. Penelitian ini juga menggunakan analisis deskriptif dengan membaca fatwa dan pendapat para ulama. Hasil dari penelitian ini adalah pinjaman online tidak diperbolehkan mengikuti fatwa MUI (Majelis Ulama Indonesia) tahun 2021 dengan aturan tertentu dan berdasarkan peraturan dan fatwa ulama yang berlaku.
Kata Kunci : Pinjaman, Bisnis, OnlineFull Text:
PDFReferences
Abdullah, A. (2017). Islamic Law on Gambling and Some Modern Business Practices. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 7(11), 738–750. https://doi.org/10.6007/ijarbss/v7-i11/3512
Afif Muamar dan Ari Salman Alparisi. (2017). Electronic money (E-money) dalam perspektif maqashid syariah. Journal of Islamic Economics Lariba, 3(2), 76–77.
Aldeen, K. N., Ratih, I. S., & Sri Herianingrum. (2020). Contemporary Issues on Cash Waqf : A Review of the Literature I . Introduction. International Journal of Islamic Economics and Finance (IJIEF), 3(2), 119–144.
Amir Sahidin. (2021). Pendayagunaan Zakat dan Wakaf untuk Mencapai Maqashid al-Syari’ah. AL-AWQAFJurnal Wakaf Dan Ekonomi Islam, 14(2), 97–106.
Amjid Ali. (2010). ISLAMIC FINANCE INSTRUMENTS AND MARKETS.
Asrowi. (2018). Ijma dan Qiyas dalam Hukum Islam. Jurnal Aksioma Al-Musaqoh, 1(1), 30–49.
Biancone, P. Pietro, Saiti, B., Petricean, D., & Chmet, F. (2020). The bibliometric analysis of Islamic banking and finance. Journal of Islamic Accounting and Business Research, 11(9), 2069–2086. https://doi.org/10.1108/JIABR-08-2020-0235
Dewi, C. K., Mohaidin, Z., & Murshid, M. A. (2020). Determinants of online purchase intention: a PLS-SEM approach: evidence from Indonesia. Journal of Asia Business Studies, 14(3), 281–306. https://doi.org/10.1108/JABS-03-2019-0086
Djafri, M. T. (2017). Takyīf Fiqh Pembayaran Jasa Transportasi Online Menggunakan Uang Elektronik (Go-Pay dan Ovo). Jurnal Bidang Keislaman, 3(1), 42–49.
Estijayandono, K. D. (2019). Etika Bisnis Jual Beli Online Dalam Perspektif Islam. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 3(1), 53–68. https://doi.org/10.26618/j-hes.v3i1.2125
Hasan, Z., & Azli, M. (2022). The Online Credit Buying and Selling System and its Compatibility with Islamic Law. Journal of Entrepreneurship and Business, 10(2), 17–29. https://doi.org/10.17687/jeb.v10i2.903
Hasan, Z., Rosiana, M., & Putri, N. (2021). Islamic Banking in Indonesia and Globalization in Era 4 . 0. Management Research Journal, 10(2), 103–111.
Herindar, E., & Rusydiana, A. S. (2021). Measuring Efficiency of Waqf Fund: Evidence in Indonesia. AL-AWQAFJurnal Wakaf Dan Ekonomi Islam, 14(2), 107–122.
Hutagalung, M. W. R., & Isa, M. (2022). The Impact of Covid-19 on Digital Sharia Banking in Padangsidimpuan City. SLAMIC BANKING: Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Perbankan Syariah, 8, 55–80.
Iswahyudi, H. (2021). The persistent effects of COVID-19 on the economy and fiscal capacity of Indonesia. 29(2), 113–130. https://doi.org/10.14203/JEP.29.2.2021.113-130
Jati, H. S., & Zulfikar, A. A. (2021). Transaksi Cryptocurrency dalam Pandangan Hukum Ekonomi Syariah. Jurnal Al-Adalah : Jurnal Hukum Dan Politik Islam, 137–148.
Kalsum, U. (2014). Riba dan Bunga Bank Dalam Islam (Analisis Hukum dan Dampaknya Terhadap Perekonomian Umat). Jurnal Al-’Adl, 7(2), 67–83. U Kalsum - Al-’Adl, 2014 - ejournal.iainkendari.ac.id
Kasri, R. A., & Yuniar, A. M. (2021). Determinants of digital zakat payments: lessons from Indonesian experience. Journal of Islamic Accounting and Business Research, 12(3), 362–379. https://doi.org/10.1108/JIABR-08-2020-0258
Majeed, M. T., & Zainab, A. (2021). A comparative analysis of financial performance of Islamic banks vis-à-vis conventional banks: evidence from Pakistan. ISRA International Journal of Islamic Finance, 13(3), 331–346. https://doi.org/10.1108/IJIF-08-2018-0093
Mangani, K. S., Syaukat, Y., Arifin, B., & Tambunan, M. (2019). Economic Behavior of Micro and Small Business Households in a Branchless Banking System. Journal of Indonesian Economy and Business, 34(1), 57. https://doi.org/10.22146/jieb.31493
Putri, E., Praswati, A. N., Muna, N., & Sari, N. P. (2022). E-Finance Transformation : A Study of M-Wallet Adoption in Indonesia. 23(1), 123–134. https://doi.org/10.23917/jep.v23i1.15496
Rosyidi, S. (2018). The economics of ikhtikar. Airlangga International Journal of Islamic Economics and Finance, 1(2), 71–75.
Rusydiana, A. S., Rahmawati, R., & Shafitranata, S. (2021). DEA on Islamic Banking: A Bibliometric Study and Critical Perspective. Library Philosophy and Practice, May.
Sajidin, S. (2021). Legalitas Penggunaan Cryptocurrencysebagai Alat Pembayaran di Indonesia. ARENA HUKUM, 245–267.
Schoon Natalie. (2016). Modern Islamic Banking, Products and Processes in Practice. In www.wiley.com. (Ed.), ثبثبثب: Vol. ث ققثق (First, Issue ثق ثقثقثق). 2016 John Wiley & Sons Ltd.
Shamsudheen, S. V., & Azhar Rosly, S. (2020). The impact of situational factors on ethical choice: A survey of Islamic banking practitioners in UAE. Journal of Islamic Accounting and Business Research, 11(6), 1191–1210. https://doi.org/10.1108/JIABR-03-2018-0048
Sholikhin, M. Y., Nurul, R., & Amijaya, F. (2019). E-Commerce Based on the Law of Buying and Selling in Islam. The 2nd International Conference on Islamic Economics, Business, and Philanthropy (ICIEBP, 2019, 1360–1370. https://doi.org/10.18502/kss.v3i13.4290
Sumarliah, E., Khan, S. Z., & Khan, R. U. (2022). Modest wear e-commerce: examining online purchase intent in Indonesia. Research Journal of Textile and Apparel, 26(1), 90–108. https://doi.org/10.1108/RJTA-11-2020-0121
Yanīkkaya, H., & Pabuçcu, Y. U. (2017). Causes and solutions for the stagnation of Islamic banking in Turkey. ISRA International Journal of Islamic Finance, 9(1), 43–61. https://doi.org/10.1108/IJIF-07-2017-005
DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jaiss.v4i1.1836
Refbacks
- There are currently no refbacks.
LP2M (Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat)
Universitas AL-AZHAR INDONESIA, Lt.2 Ruang 207
Kompleks Masjid Agung Al Azhar
Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru
Jakarta Selatan 12110