Evaluasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Mandiri Prodi Biologi Universitas Al Azhar Indonesia: Studi Kasus Respon Mahasiswa

Risa Swandari Wijihastuti, Analekta Tiara Perdana, Arief Pambudi, Firman Alamsyah, Riris Lindiawati Puspitasari, Yunus Effendi, Nurul Fauzia, Adinda Citra Dianita

Abstract


Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) merupakan salah satu program yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Program tersebut terdiri dari 8 kegiatan yang dapat mengasah kompetensi hard skills maupun soft skills mahasiswa. Beberapa kegiatan Program MBKM telah dilakukan di Program Studi Biologi Universitas Al-Azhar Indonesia (Prodi Biologi UAI), yaitu program pertukaran pelajar, program asistensi mengajar dan program magang bersertifikat. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hasil evaluasi respons mahasiswa terhadap Program MBKM mandiri Prodi Biologi UAI. Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif menggunakan survey untuk mengetahui respons dari mahasiswa baik yang belum dan sudah melaksanakan Program MBKM. Hasil evaluasi respons mahasiswa menunjukan bahwa mahasiswa Prodi Biologi UAI sering mendengar istilah MBKM dan mengetahui bahwa Prodi Biologi UAI menyelenggarakan Program MBKM. Sebagian mahasiswa Prodi Biologi UAI yang belum mengikuti Program MBKM sangat berminat untuk bergabung, dan mahasiswa yang telah mengikuti Program MBKM merasa sangat puas dan ingin mengikuti program lainnya.

Kata Kunci – MBKM, Prodi Biologi Universita Alzhar Indonesia, Respon


Full Text:

PDF

References


Beng, J. T., Keni, Solikhah, N., Idulfilastri, R., Iriani, F., Dewi, R. Tiatri, S. (2022). Dampak Implementasi MBKM pada Kognitif Mahasiswa Universitas X: Rekomendasi Peningkatan MBKM di PTS. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni, 6(1), 148-156.

DirjenKemendikbud. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud RI.

Fuadi, T. M. (2021). Konsep Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) : Aplikasinya dalam Pendidikan Biologi. Seminar Nasional Biotik (pp. 192-215). Banda Aceh: Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Kapareliotis, I., Voutsina, K., & Patsiotis, A. (2019). Internship and employability prospects. Higher Education, Skills. and Work-Based Learning, 9(4), 538-549.

Mini, R. (2017). Peningkatan Mutu Sumber Daya Manusia Melalui Pendidikan Karakter dan Atitude. Nur El-Islam, 4(2), 79-96.

Munthe, A. (2015). Pentingnya Evaluasi Program di Institusi Pendidikan: Sebuah Pengantar, Pengertian, Tujuan dan Manfaat. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 1-14.

Rizky, U., Alparozi, S., Taufan, R., Rahmatillah, D., Rofii, A., Khoirunnisa., Wijonarko, P. (2021). Pengaruh Sosialisasi Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) terhadap Keberhasilan Pelaksanaan MBKM di Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta. PROMEDIA (Public Relation dan Media Komunikasi), 413-430.

Saraswati, K., Mandey, K., Ramadhani, L., Stephanie, R., & Tiatri, S. (2021). Pelaksanaan MBKM Magang Industri di Fakultas Psikologi Universitas X. Seri Seminar Nasional Universitas Tarumanagara Implementasi MBKM Tahun 2021 (pp. 71-77). Jakarta: SERINA UNTAR.

Wardhani AR, I. S. (2021). Evaluasi Keefektifan Program Pertukaran Pelajaran antara Program Studi Teknik Industri Universitas Widyagama Malang dengan Perguruan Tinggi Dalam dan Luar Negeri. The 4th Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH 2021) (pp. 997-1004). Malang: Universitas Widyagama Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jaiss.v3i2.1030

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


LP2M (Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat)

Universitas AL-AZHAR INDONESIA, Lt.2 Ruang 207

Kompleks Masjid Agung Al Azhar

Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru

Jakarta Selatan 12110