Dampak Merdeka Belajar Kampus Merdeka Terhadap Kualitas Mahasiswa

Aisyah Tiar Arsyad, Sisca Debyola Widuhung

Abstract


Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) telah diluncurkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia pada tahun 2020. Universitas Al Azhar Indonesia sebagai Perguruan Tinggi yang mengikuti perkembangan kebijakan pemerintah pun telah melaksanakan kegiatan MBKM tersebut. Kegiatan MBKM khususnya di Fakultas Ekonomi dan Bisnis di Universitas Al Azhar Indonesia telah berjalan dan memasuki angkatan selanjutnya, maka dirasa perlu untuk melakukan evaluasi terhadap kegiatan tersebut. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui dampak kegiatan MBKM terhadap kualitas mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan metode survey dan FGD. Survey dilakukan pada mahasiswa yang mengikuti kegiatan MBKM dan dosen pengajar. FGD dilakukan dengan mengundang narasumber eksternal yang berpengalaman dalam kegiatan MBKM. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa kegiatan MBKM berdampak positif terhadap kualitas mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, namun memiliki beberapa aspek yang perlu diperbaiki.

Kata kunci - MBKM, dampak, kualitas, pembelajaran


Full Text:

PDF

References


Cooper, D.R., & Schindler, P.S. (2008). Business Research Method. McGraw Hill.

Dirjendikti Kemdikbud RI. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka (pp. 4-30). Edisi kesatu. Jakarta: Dirjendikti Kemdikbud RI.

Firman. (2021). “Kampus Merdeka sebagai Upaya Penguatan Karakter Pelajar Pancasila”http://www.dikti.kemdikbud.go.id/kabar-dikti/kabar/kampus-merdeka-sebagai-upaya-penguatan-karakter-pelajar-pancasila/, diakses pada 22 Juni 2022.

Fuadi, T.M. (2021). Konsep Merdeka Belajar- Kampus Merdeka (MBKM) : Aplikasinya dalam Pendidikan Biologi. Dalam Prosiding Seminar Nasional Biotik (pp. 183-200). Banda Aceh, Indonesia: FKIP Biologi, Universitas Abulyatama Aceh Besar.

Priadana, H. M. S., & Muis, S. (2009). Metodologi Penelitian Ekonomi & Bisnis. Graha Ilmu.

Sugiyono. (2000). Metode Penelitian Administratif. Bandung.Alfabeta.

Susilawati, N. (2021). Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka Dalam Pandangan Filsafat Pendidikan Humanisme. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3), 203–219. https://doi.org/10.24036/sikola.v2i3.108.

Soeharso, S.Y. (2021). Relevansi Kebijakan MBKM Terhadap Penguatan Karakter Pancasila. Dalam Prosiding Konferensi Nasional I Konsorsium Psikologi, Jakarta: 10 April 2021. Hal. ix-xvii.

Suwandi, S. (2020). Pengembangan Kurikulum Program Studi Pendidikan Bahasa (dan Sastra) Indonesia yang Responsif terhadap Kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dan Kebutuhan Pembelajaran Abad ke-21. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(1), 1–12. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba/article/view/13356.




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jaiss.v3i2.1027

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


LP2M (Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat)

Universitas AL-AZHAR INDONESIA, Lt.2 Ruang 207

Kompleks Masjid Agung Al Azhar

Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru

Jakarta Selatan 12110