Analisis Dampak Program Pertukaran Pelajar Merdeka Belajar Kampus Merdeka Terhadap Mahasiswa Internal

Sari Anggraini, Ade Palupi, Kuncoro Hadi, Aisyah Tiar Arsyad

Abstract


Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM yang sudah berjalan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Al Azhar Indonesia (FEB UAI) dinilai memiliki dampak terhadap kualitas pembelajaran dan kualitas mahasiswa. Penelitian ini menganalisis dampak MBKM terhadap kualitas mahasiswa dari perspektif mahasiswa FEB UAI. Berdasarkan hasil analisis survey terhadap 224 responden, mahasiswa FEB UAI yang berinteraksi secara langsung dengan mahasiswa inbound, ditemukan dampak yang positif pada kualitas mahasiswa. Dampak terbesar terlihat pada peningkatan toleransi keberagaman dan menerima perbedaan. Di samping itu, mahasiswa FEB UAI juga merasakan peningkatan pada kemampuan komunikasi dan bekerjasama. Kata kunci: MBKM, kualitas mahasiswa, interaksi, komunikasi.

Kata kunci: MBKM, kualitas mahasiswa, interaksi, komunikasi



Full Text:

PDF

References


Barron, p. (2006). Domestic Students' Impressions of International Students at an Australian University. Journal of Teaching

in Travel & Tourism, 5-22.

Chris R. Glass, C. M. (2014). Comparative effects of belongingness on the academic success and cross-cultural interactions of domestic and international students. International Journal of Intercultural Relations 38:106–119, 38:106–119.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS. Edisi 7.Semarang: Universitas Diponegoro.

Safrida, N. (2021). Implementasi Kampus Merdeka : Implikasi Pada Mahasiswa Sari Anggraini, Ade Palupi, Kuncoro Hadi, Aisyah Tiar Arsyad 70

Perguruan Tinggi Negeri Di Aceh Barat. Indonesian Journal of Teaching and

Teacher Education.

Siregar, N. R. ( 2020.). Konsep Kampus Merdeka Belajar Di Era. Journal Of

Islamic Education , 1(1):141–57.

Sudaryanto, W. W. (2020). Konsep Merdeka Belajar-Kampus Merdeka Dan Aplikasinya Dalam Pendidikan Bahasa (Dan Sastra) Indonesia. Jurnal Bahasa, 9(2):78–93.

Syamsul Arifin, M. M. (2020). Tantangan Implementasi Kebijakan “Merdeka Belajar, Kampus Merdeka” Pada Perguruan Tinggi Islam Swasta Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 1(4):1–11




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jaiss.v3i2.1025

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


LP2M (Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat)

Universitas AL-AZHAR INDONESIA, Lt.2 Ruang 207

Kompleks Masjid Agung Al Azhar

Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru

Jakarta Selatan 12110