Efektivitas Modul Nusantara dalam Memahami Empat Pilar Kebangsaan

Jumansyah Jumansyah, Ade Palupi, Kuncoro Hadi, Ade Wirman Syafei, Asep Maksum, February Leonardo Zulkarnain

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengevaluasi keefektifan Modul Nusantara dalam memahami empat pilar kebangsaan; mengevaluasi keefektifan kegiatan kebhinnekaan, refleksi, inspirasi dan konstribusi sosial dalam mencapai tujuan pembelajaran Modul Nusantara; dan menilai kepuasan mahasiswa yang mengikuti Modul Nusantara. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan penelitian adalah menggunakan instrumen survei kuesioner yang dibagikan kepada mahasiswa Modul Nusantara dengan menggunakan pertanyaan tertutup dan terbuka. Selain itu, penelitian juga mengadakan FGD untuk memperdalam dan mengkonfirmasi jawaban dari survei kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkuliahan Modul Nusantara telah efektif dalam meningkatkan pemahaman empat pilar kebangsaan. Mahasiswa merasa lebih memiliki sikap nasionalisme, toleransi, kebhinnekaan, kekeluargaan dan berjiwa sosial serta jiwa kepemimpinan setelah mengikuti perkuliahan Modul Nusantara. Sikap-sikap tersebut dikembangkan oleh mahasiswa melalui proses pembelajaran yang tidak bersifat ceramah namun melalui proses pembelajaran alternatif dimana mahasiswa belajar mandiri melalui pengalaman-pengalaman menarik dan menyenangkan. Dengan demikian modul nusantara bisa mengembangkan sikap pancasilais, persatuan Indonesia, kebhinnekaan, cinta tanah air mahasiswa dimana sikap-sikap ini sangat bernilai tinggi untuk menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kata kunci: Modul Nusantara, MBKM, Empat Pilar Kebangsaan, Pancasila, Kebhinnekaan


Full Text:

PDF

References


Angelia, N. (2017). Pemahaman Penanaman Empat Pilar Kebangsaan Terhadap Siswa SMA Negeri 4 Medan. JPPUMA: Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik UMA, 15-20.

Arifin, S., & Muslim, M. (2020). Tantangan Implementasi Kebijakan ‘Merdeka Belajar, Kampus Merdeka’ Pada Perguruan Tinggi Islam Swasta Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam Al - Ilmi, 1 - 11.

Komara, E. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Abad 21. Sipatahoenan, 17 - 26.

Lia, F., Hasyim, A., & Adha, M. M. (2014). Hubungan Pemahaman Empat Pilar Kebangsaan dengan Sikap Siswa Menghadapi Arus Globalisasi. Jurnal Kultur Demokrasi.

Safrida, N. (2021). Implementasi Kampus Merdeka: Implikasi pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri di Aceh Barat. Indonesian Journal of Teaching and Teacher Education, 19 - 28.

Siregar, N., Sahirah, R., & Harahap, A. A. (2020). Konsep Kampus Merdeka Belajar Di Era Revolusi Industri 4.0. Fitrah: Journal of Islamic Education, 141 - 157.

Sudaryanto, Widayati, W., & Amalia, R. (2020). Konsep Merdeka Belajar-Kampus Merdeka Dan Aplikasinya Dalam Pendidikan Bahasa (Dan Sastra) Indonesia. Jurnal Bahasa, 78 - 93.

Sudharto. (2015). Multikulturalisme dalam Perspektif Empat Pilar Kebangsaan. CIVIS.

Sunarto, & Suhardiyanto, A. (2013). Aktualisasi Pendidikan Karakter dalam Proses Pembelajaran Mata Kuliah Umum (MKU) di Universitas Negeri Semarang. Jurnal Penelitian Pendidikan.

Sunarto, & Suhardiyanto, A. (2013). Aktualisasi Pendidikan Karakter Dalam Proses Pembelajaran Mata Kuliah Umum (MKU) Di Universitas Negeri Semarang. Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol 30 No 1.

Syahputra, E. (2018). Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Seminar Nasional SINASTEKMAPAN (pp. 1275 - 1283). Medan: Universitas Quality.

Yuniarto, T., Suyadi, & Suherman. (2020). Pembelajaran abad 21: Pengaruhnya terhadap pembentukan karakter akhlak melalui pembelajaran STAD dan PBL dalam kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 203 - 214.

Yusuf, F. A., & Suseno, B. D. (2021). Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan Pengurus Partai di Kota Serang Provinsi Banten. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 43-50.




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jaiss.v3i1.1023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


LP2M (Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat)

Universitas AL-AZHAR INDONESIA, Lt.2 Ruang 207

Kompleks Masjid Agung Al Azhar

Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru

Jakarta Selatan 12110