Persepsi Mahasiswa Program Studi Informatika Universitas Al Azhar Indonesia Terhadap Implementasi Merdeka Belajar Kurikulum Merdeka

Denny Hermawan, Arif Supriyanto, Dewi Ananta Hakim, Amanda Chelsi Nofanti

Abstract


Banyak jalan menuju kompetensi unggul. Setiap mahasiswa memiliki potensi, cita-cita, aspirasi dan kecenderungan yang berbeda satu sama lain. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengeluarkan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) untuk memberikan kemerdekaan kepada mahasiswa dalam memilih jalan terbaik mengembangkan potensi diri melalui pembelajaran yang fleksibel. Program Studi Informatika Universitas Al Azhar Indonesia (IF UAI) menjadi salah satu program studi (prodi) yang mengambil peranan aktif dalam implementasi MBKM untuk mendukung pendidikan yang memerdekakan dan memberdayakan guna mencapai visi dan misi prodi serta tujuan pendidikan tinggi. Penelitian ini melakukan analisis deskriptif terhadap jawaban dari 21 pertanyaan survei sebanyak 198 mahasiswa aktif IF UAI yang melakukan pengisian survei daring melalui platform survey.spadadikti.id. Pertanyaan dikelompokkan menjadi 5 bagian yakni Pengetahuan Program MBKM, Kondisi Prodi sebelum adanya MBKM, Kesiapan dan minat mahasiswa untuk mengikuti Program, Manfaat program MBKM untuk peningkatan Kompetensi mahasiswa, Manfaat Program MBKM untuk memasuki pasca kampus, dan rekomendasi program. Hasil survei menggambarkan persepsi mahasiswa Program Studi Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Al Azhar Indonesia terhadap program MBKM. Sebagian besar mahasiswa memiliki perspektif yang baik mengenai program ini dan menyatakan bahwa MBKM merupakan program yang penting, dapat memberikan kompetensi tambahan serta melatih soft skill mahasiswa. Selain itu, kompetensi tambahan sangat relevan dan dibutuhkan dalam kehidupan setelah di kampus.

Kata kunci - MBKM, kompetensi, learning fleksible, passion.


Full Text:

PDF

References


Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar- Kampus Merdeka. Jakarta: Ditjen Dikti Kemdikbud RI.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, Dan Teknologi. (2021). Panduan Pelaksanaan Bantuan Pendanaan Program Penelitian Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Berbasis Hasil Penelitian Perguruan Tinggi Swasta Jakarta: Kemndikbud Ristek.

https://survey.spadadikti.id/ yang diselenggarakan oleh Kementrian Penddidikan, kebudayaan Riset dan Teknologi - Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Sugiyono, (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND, Bandung, Alfabeta.

Dawson,Catherine, (2009). Introduction to Research Methods, Begbroke: How To Books.

Faisal, Sanapiah, (2010). Format-format Penelitian Sosial. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Moh. Nazir, (2011). Metode Penelitian, Ghalia Indonesia, Jakarta

Kumar, Ranjit, (2011). Research Methodology, 3th edition, Typeset by C&M Digitals (P) Ltd, Chennai India.




DOI: http://dx.doi.org/10.36722/jaiss.v3i2.1000

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


LP2M (Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat)

Universitas AL-AZHAR INDONESIA, Lt.2 Ruang 207

Kompleks Masjid Agung Al Azhar

Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru

Jakarta Selatan 12110